Dream – Selama bulan puasa biasanya perusahaan menunda proses penerimaan kerja. Para pencari kerja pun harus bersabar minimal sebulan sampai menunggu informasi lowongan pekerjaan diumumkan.
Di saat sepi lowongan kerja, bukan berarti para pencari kerja berdiam diri. Mereka masih aktif berselancar dunia maya untuk mencoba mencari tips lolos diterima di perusahaan yang dicari.
Pertanyaannya, informasi apa yang biasanya mereka cari?
Survei jobplanet.com yang mengupas tentang aktivitas para pencari kerja selama bulan Ramadan dan Idul Fitri 2017 menemukan faktanya..
Dilansir dari keterangan tertulis Jobplanet yang diterima Dream, Rabu 21 Juni 2017, riset sejak 1 April-15 Juni 2017 menemukan informasi tentang hal-hal yang dicari pencari kerja mulai dari jenis industri yang paling banyak membuka lowongan pekerjaan, industri paling diminati, serta tenaga kerja paling banyak dicari.
“Umumnya mereka berharap bisa memulai karier di tempat baru setelah hari raya, tanpa kehilangan haknya untuk mendapatkan THR (tunjangan hari raya) dari perusahaan tempat mereka bekerja,” kata Chief Product Officer Jobplanet di Indonesia, Kemas Antonius, di Jakarta.
Kemas mengatakan dalam periode tersebut, kebanyakan aktivitas yang dilakukan oleh pengguna Jobplanet adalah mengakses laman-laman yang berisi kisi-kisi wawancara kerja di berbagai perusahaan,” kata dia
Jumlah kunjungan terbanyak di situs Jobplanet.com menyasar laman-laman berisi
informasi wawancara kerja, yakni sebanyak 58 persendari total kunjungan. Menyusul informasi soal
gaji (26 persen),
review perusahaan (9 persen) dan
laman informasi lowongan kerja (7 persen).
“Hal ini menunjukkan bahwa review perusahaan tidak menjadi perhatian utama para pencari kerja dalam dua bulan terakhir ini. Menjelang Ramadan dan Idul Fitri tahun ini, mereka lebih tertarik mempelajari kisi-kisi wawancara kerja di berbagai perusahaan serta mencari tahu rata-rata gaji untuk posisi yang mereka harapkan,” kata Kemas.
Menurut Kemas, tingginya minat pencari kerja pada laman-laman berisi kisi-kisi wawancara kerja menunjukkan banyak pengguna dan pencari kerja di situs Jobplanet tengah mempersiapkan diri untuk menghadapi wawancara kerja menjelang bulan Ramadan dan Idul Fitri tahun ini.