Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

BeritagarIDAvatar border
TS
MOD
BeritagarID
Daftar buku favorit yang terinspirasi dari kisah nyata

Ilustrasi buku favorit yang berdasarkan kisah nyata
© Shutterstock


Di tengah banyaknya buku fiksi yang beredar, bahkan hingga diangkat ke layar lebar, buku yang ditulis berdasarkan kisah nyata masih memiliki tempat tersendiri di hati pembaca.

Buku merupakan media yang tepat untuk menyampaikan kisah nyata kepada banyak orang. Dengan cerita yang nyata dan membumi, buku yang ditulis berdasarkan kisah nyata memiliki daya tarik yang kuat karena dapat memberikan inspirasi bagi para pembacanya.

Bagi Anda yang tertarik membaca buku yang terinspirasi dari kisah nyata, berikut ini daftar buku terlaris yang direkomendasikan.

Laskar Pelangi
Laskar pelangi merupakan buku bertema pendidikan yang berhasil menjadi salah satu buku terlaris di Indonesia dan sudah diterjemahkan di 20 negara. Buku ini ditulis oleh Andrea Hirata berdasarkan kisah masa kecilnya di Belitong.

Laskar pelangi mengisahkan 10 anak yang bersekolah di SD Muhammadiyah Gantong, Belitong. Bagunan sekolah itu nyaris rubuh, dindingnya miring bersanggah balok kayu, dan atapnya bocor saat hujan.

Dengan segala keterbatasan tersebut, anak-anak Laskar Pelangi tetap semangat menempuh pendidikan demi mencapai cita-cita mereka. Lucu, haru, dan menginspirasi menjadi gambaran kisah Laskar Pelangi.

The Naked Traveler
Bagi para traveler buku ini merupakan bacaan wajib. Buku yang dikemas dengan tulisan yang ringan dan santai ini menceritakan pengalaman Trinity, sang penulis, menjadi backpaker yang melancong ke berbagai tempat di dalam dan luar negeri.

Dari buku ini, para pembaca akan mendapatkan berbagai macam informasi, seperti kebudayaan unik di berbagai daerah, tempat-tempat menarik yang harus dikunjungi atau dihindari, dan kiat merencanakan perjalanan liburan. Membaca buku ini akan menambah kecintaan kita terhadap negeri sendiri.

5cm
Novel 5cm ditulis oleh Donny Dhirgantoro dan sudah diangkat ke layar lebar pada tahun 2012. Buku ini terinspirasi dari kisah nyata di mana setiap tanggal 17 Agustus di sebagian besar puncak gunung di Indonesia sering diadakan upacara bendera untuk memperingati hari kemerdekaan.

Novel ini menceritakan persahabatan Arial, Riani, Zafran, Ian, dan Genta yang sudah berlangsung selama 7 tahun. Karena rasa jenuh, mereka memutuskan untuk tidak bertemu dan berkomunikasi selama tiga bulan. Perpisahan tersebut dijadikan ajang berbenah diri dan fokus untuk menggapai impian mereka masing-masing, meski kerinduan selalu menghampiri diri mereka.

Akhirnya setelah tiga bulan menjalani kehidupan masing-masing, mereka akhirnya berkumpul kembali dan merayakannya dengan melakukan perjalanan menuju puncak Gunung Mahameru. Perjalanan mereka mengajarkan arti persahabatan, impian, tekad, cinta, dan harapan kepada para pembaca.

9 Summers 10 Autums
Buku ini terinspirasi dari kisah nyata kehidupan sang penulis, Iwan Setyawan. Berawal dari kisah kehidupan masa kecil di kaki Gunung Panderman, kota Batu, Malang. Iwan hidup dengan keterbatasan ekonomi bersama orang tua dan empat saudara perempuannya di rumah berukuran 6 x 7 meter.

Pendidikanlah yang akhirnya membentangkan jalan keluar dari penderitaan. Dengan kegigihannya, anak Kota Apel dapat bekerja di The Big Apple, New York. Sepuluh tahun mengembara di sana membuatnya berhasil mengangkat harkat keluarga sampai meraih posisi Direktur di salah satu perusahaan ternama dunia. Kisah perjalanan hidup Iwan Setyawan dalam buku ini telah menginspirasi tentang pentingnya pendidikan sebagai bekal untuk meraih cita-cita.

Akan tetapi pada kenyataannya, saat ini, masih banyak anak-anak Indonesia yang harus mengubur cita-citanya karena tidak mendapatkan pendidikan yang layak. Ayo, bantu mereka mewujudkan mimpi dengan mengikuti gerakan #BukuUntukIndonesia pada tautan ini. Program donasi #BukuUntukIndonesia bertujuan mencerdaskan generasi muda dengan cara mendistribusikan buku ke daerah-daerah yang memiliki keterbatasan akses terhadap buku, sebut saja Manokwari, Rappocini di Makassar, dan Manggalo di Padang.

Dengan didistribusikannya buku lewat gerakan #BukuUntukIndonesia ke perpustakaan-perpustakaan sekolah dasar tentu diharapkan ke depan akan banyak muncul "Iwan Setyawan" dan "Andrea Hirata" baru yang juga akan menginspirasi anak-anak di daerah untuk maju mengejar mimpi mereka. Donasi buku dari Anda akan sangat membantu mereka untuk menggapai dan merealisasikan mimpi.

Quote:
anasabila
anasabila memberi reputasi
1
15.2K
112
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Beritagar.id
Beritagar.idKASKUS Official
13.4KThread733Anggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.