Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

yeniara46Avatar border
TS
yeniara46
Penyebab Kegagalan Pemeliharaan Ayam Broiler
Salam broiler.

halo sahabat broiler apa kabar? smoga kita selalu diberi kesehatan dan selalu dalam lindunganNya.
Pagi ini saya ingin menuliskan beberapa faktor kegagalan dalam pemeliharaan ayam broiler, dengan mengetahui faktor-faktor kegagalan, semoga kita bisa meminimalisirkanya.



Berikut beberapa faktor yang dapat meyebabkan kegagalan dalam beternak ayam broiler :

1. Pemanas

Banyak para peternak yang meremehkan fungsi atau keberadaan pemanas buatan, banyak para peternak yang memperpendek pemakaian pemanas tanpa memperhatikan suhu sekitar dengan alasan harga gas mahal yang nantinya akan menyebabkan biaya pemeliharaan makin besar, karena ini karena itu, mungkin memang benar tetapi sebagai peternak kita harus bisa mensiasatinya, kita harus bisa mencari jalan lain untuk menggunakan pemanas yang lebih bersahabat di kantong para peternak, salah satu contoh menggunakan serbuk kayu, tapi kita juga harus siap dengan tenaga yang lebih jika menggunakan pemanas dengan menggunakan serbuk kayu. Padahal kebutuhan pemanas untuk ayam broiler tidak bisa di tolerir, karena menurut pengalaman pribadi saya, pemanas adalah pondasi awal pemeliharaan ayam broiler. ibarat rumah, jangan berharap rumah akan kokoh kalau pondasinya saja tidak kuat.

Baca Juga untuk membaca Perkembangan Ditentukan Persiapan Awal

2. ABK/pekerja kandang

ABK/pekerja kandang ternyata juga sangat berpengaruh untuk gagal/suksenya dalam budidaya ayam broiler, bisa jadi peernak yang selalu rugi di sebsbka karena ABK,kenapa? mungkin saja diluar sepengetahuan kita abk, pakan ayam dijual oleh abk, hal ini pernah terjadi di peternakan teman saya.Solusinya kita juga harus tetap waspada kepada anak kandang. akan tetapi kita juga harus tahu kenapa ABK sampai melakukan itu, apakah jangan-jangan kita juga terlalu cerewet kepada anak kandang, atau kita juga kurang memperhatikan kebutuhan abk, kita juga harus mengintropeksi diri kita sendiri. kalau kita merasa sudah mencukupi kebutuhan abk, biar bagaimanapun abkjuga yang membantu merawat ayam kita, kita juga harus bertanggung jawab untuk mencukupi kebutuahan abk dan abk masih melakukan hal itu, mungkin kita harus mencari gantinya.Solusi lain adalah dengan memasang cctv, agar kita memantau aktivitas abk di dalam kandang, hal ini untuk mengurangi kecurangan yang dilakukan oleh anak kandang.

3. Salah ikut perusahaan inti kemitraan

Kalau perusaan inti yang kita ikuti salah, yang akan kita dapatkan adalah doc yang jelek/grade polos, pakan yang tidak berkualitas, waktu panen yang lambat, jika menmukan hal yang seperti itu, maka kita yang akan rugi. solusinya adalah datanglah ke kantornya, apakah punya kantor atau cuma perusahaan abal-abal, carilah perusahaan yang baik, yang menyediakan sapronak dengan kualitas yang baik.

4. Managemen Pemeliharaan

Tidak cermat dalam managemen pemeliharaan ayam broiler, menyebabkan kematian yang tinggi, penurunan prokduktivitas ayam, penurunan kualitas, tidak mampu mengantisipasi perubahan cuaca.

Baca Juga Berhasil Atau Gagal Pemeliharaan Broiler Anda ?

5. Ketidakmampuan Untuk Mencegah, Mendeteksi dan Mengotrol Penyakit

Sering kali saya katakan, lebih baik mencegah dari pada mengobati, seorang peternak ataupun anak kandang harus tahu bagaimana cara mencegah penyakit yang sering menyerang peternakan ayam broiler, serta bagaimana cara untuk menyembuhkanya. Jika peternak ataupn anak kandang tidak tahu apa-apa tentang langkah-langkah preventif, maka PPL atau konsultan lapangan harus dilibatkan untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.

6. Sedekah

Didalam harta kita ada hak orang lain, ingat-ingat apakah selama kita beternak ayam broiler kita pernah bersedekah kepda sesama? saat pemeliharaan ayam kita mendapatkan keuntunganpun kita lupa, apalagi waktu rugi. Buktikan sendiri keajaiban bersedekah, dan saya tunggu komentar keajaiban bersedekah anda dikolom comentar.

mungkin cuma itu yang bisa saya tulis untuk pagi ini, saya tunggu kritik dan sarannya, kalau da yan kurang mungkin bisa melengkapinya di kolom comentar. Terima kasih sudah mampir .

untuk baca artikel lainya kunjungi di http://www.catatanbroiler.us
0
14K
10
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Hewan Peliharaan
Hewan PeliharaanKASKUS Official
6.9KThread2.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.