Jadi begini ceritanya para agan dan aganwati yg lagi ngabuburit dimari,
Baru aja tadi ane ngobrol2 nanya kabar kenalan driver ojek online ane. Niat mau tau gimana kabarnya, doski malah ngasih info penting kayak gini gan
cekidot yak:
Quote:
HATI-HATI! Modus penipuan melalui SMS & telepon dengan alasan salah memasukan no HP utk log in ke aplikasi GO-JEK
Jadi, hari senin 19 Juni 2017 yg lalu tiba-tiba ada SMS masuk dari GO-JEK ke HP saya yg berisi info nomer kode Verifikasi. Saat menerima SMS ini, saya merasa aneh karena posisinya saya sedang login di aplikasi GO-JEK dan kode verifikasi ini setau saya hanya dikirimkan ketika kita berusaha untuk login ke dalam akun kita.
Saat saya masih bingung dengan SMS itu, tiba-tiba ada telepon masuk ke ke HP saya. Orang ini mengaku dari GO-JEK dan bilang BAHWA DIA SALAH MASUKIN NOMOR HANDPHONE DI APLIKASI GO-JEK nya dan orang ini meminta kode SMS yg masuk ke nomor saya. Alasannya, karena nomor saya dan nomor si penelepon ini hanya beda 2 digit di belakang. Karena saya bingung dan curiga, saya tidak langsung memberikan kode verifikasi yang diminta oleh si penelpon. Saya justru merasa ini kesempatan saya untuk bertanya banyak dengan penelpon ini.
Penipu:Mbak, saya dari GO-JEK nih. Jadi gini saya tadi salah memasukkan nomor hp di GO-JEK saya. Nomor saya belakangnya 60, tapi tadi gak sengaja kepencetnya 90. Nah, sekarang saya butuh kode verifikasi yang terikirim ke nomor mbak supaya bisa masuk ke aplikasi saya. Tolong ya mbak
Saya: ooh gitu. Tadi ada SMS masuk sih ke HP saya tapi ada tulisan di SMS nya kalau nomornya itu gak boleh dikasih ke orang lain sih.
Penipu: Iya bener mbak. Nomor itu gak boleh dikasih ke orang lain. Tapi saya kan orang GO-JEK juga nih jadi aman kalau mbak kasih tau ke saya kode verifikasinya. Soalnya kalau mbak gak kasih ke saya kodenya, akun mbak akan diblokir
Saya: Lho, kenapa diblokir? Kan yang salah masukin nomor HP itu Anda, kenapa jadi saya yang diblokir? Lagian ya, kalau emang salah masukin nomor HP kenapa gak diulang aja dan masukin nomor HP yang benar? Kan kode verifikasi itu unik dikirimkan ke setiap nomor yang terdaftar. Kalau mau nipu pinteran dikit dong. Enak aja minta-minta kode verifikasi akun saya, kalo udah saya kasih mau diambil gitu GO-PAY saya?...
Di saat saya lagi asik-asiknya memarahi si penelpon, eh teleponnya ditutup sama si penipu ini. Duh bener-bener deh menjelang lebaran gini modus penipuan tuh macem-macem. Dari mulai minta transfer ke ATM sampe minta kode verifikasi GO-JEK buat ambil GO-PAY nya.
Saran saya kepada seluruh pengguna GO-JEK yang mungkin membaca pesan ini, ada 2 hal yang perlu diingat:
1. Kode verifikasi yang kita terima dari GO-JEK itu bersifat pribadi dan gak boleh dibagikan ke orang lain (ini sudah ada info di SMS kode verifikasinya juga sih)
2. Kalau ada yang menelpon dan modus bilang salah memasukkan nomor, cukup bilang gini aja “mas/mbak, kalau salah masukin nomor HP ya silakan masukkan kembali dengan nomor HP yang benar agar kode verifikasinya masuk ke nomor tersebut”
3. Setau saya, gak pernah ada perusahaan yang meminta pelanggannya untuk memberikan kode verifikasi. Karena kode verifikasi ini ya memang hanya untuk kita bukan untuk keperluan orang lain.
Semoga cerita ini bermanfaat
Quote:
Dan semoga sharing saya di atas dapet cendol gratis gan