Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

sean001Avatar border
TS
sean001
5 Pangkalan Udara Tni Au Terbaik Di Indonesia

Pangkalan Udara Militer (sering disingkat sebagai Lanud ) adalah kawasan di daratan dan/atau di perairan dengan batas-batas tertentu dalam wilayah suatu negara yang digunakan untuk kegiatan lepas landas dan pendaratan pesawat udara guna keperluan pertahanan negara oleh angkatan bersenjatanya khususnya oleh Angkatan Udara. Berikut ini adalah 5 pangkalan udara terbaik di Indonesia:

5. Lanud Abdul Rachman Saleh - Malang



Bandar Udara Abdul Rachman Saleh adalah bandar udara yang terletak di
Pakis , Kabupaten Malang , Jawa Timur, atau 17 km arah timur dari pusat Kota Malang. Lanud Abdulrahman Saleh merupakan tempat pesawat Hercules C-130 dan Super Tucano sebagai pengganti OV-10 Bronco yang telah di musiumkan. Selain itu Wing 2 Korps Pasukan Khas juga bermarkas di sini.
Bandara Abdulrahman Saleh memiliki dua landasan pacu yang pertama untuk pesawat-pesawat kecil seperti
Hercules C-130 dengan panjang 1.500 m, dan yang kedua untuk jenis pesawat besar seperti Boeing 737 dengan panjang 2.300 m.

4. Lanud Sultan Hasanuddin - Makassar



Skadron Udara 11 (atau Skadud 11 ) adalah sebuah skadron udara dan salah satu unsur pelaksana operasional Wing Udara 5 , Lanud Sultan Hasanuddin dan bagian integral dari kekuatan udara yang dimiliki TNI Angkatan Udara, mempunyai peran yang sangat penting dalam rangka mendukung terselenggaranya tugas operasi udara yang dilaksanakan TNI Angkatan Udara. Skadron Udara 11 pernah mengoperasikan Pesawat tempur jenis
DH-15 J Vampire , A-4 Skyhawk , TA-4H dan TA-4J (Versi Latih) , dan saat ini mengoperasikan Pesawat tempur
Sukhoi jenis SU-27SK , dan SU-30MK/MK2.

3. Lanud Iswahyudi - Magetan



Pangkalan Udara Iswahyudi (atau
Lanud Iswahyudi ) adalah Pangkalan Udara Militer yang terletak di
kecamatan Maospati, Kabupaten Magetan , Provinsi Jawa Timur . Meskipun demikian, Pangkalan Udara Iswahyudi dikenal masyarakat Indonesia sebagai bandara di Madiun, karena semua aset dikelola oleh Pemerintah Kota Madiun. Lanud ini digunakan oleh Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (TNI-AU). Secara nasional, ini adalah lapangan terbang paling penting bagi TNI Angkatan Udara selain Lanud Halim Perdanakusumah . Saat ini Lanud Iswahyudi diperkuat dengan personel organik sebanyak 3000 personel. Nama pangkalan udara ini diambil dari salah seorang pahlawan TNI-AU, Marsekal Muda (Anumerta ) Iswahjoedi.

2. Lanud Halim Perdana Kusuma - Jakarta



Bandar Udara Internasional Halim Perdanakusuma adalah sebuah bandar udara di
Jakarta, Indonesia . Bandar udara ini juga digunakan sebagai markas
Komando Operasi Angkatan Udara I (Koops AU I) TNI-AU . Sebelumnya bandar udara ini bernama Lapangan Terbang Cililitan. Bandara Halim Perdanakusuma beroperasi sementara menjadi bandara komersial mulai tanggal 10 Januari 2014 untuk mengalihkan penerbangan dari Bandar Udara Internasional Soekarno–Hatta yang dinilai telah penuh sesak.

1. Lanud Adisutjipto - Yogyakarta



Bandar Udara Adisutjipto dulu dinamakan Maguwo, sesuai dengan nama desa tempatnya berada
Maguwoharjo . Pangkalan udara Maguwo dibangun sejak tahun 1940 lalu dipergunakan oleh Militaire Luchtvaart pada tahun 1942.
Pada tahun 1942 kota Jogjakarta diduduki oleh Tentara Jepang dan pangkalan udara Maguwo di ambil alih Tentara Jepang dari Pemerintah Hindia Belanda . Bulan November 1945 lapangan terbang beserta fasilitasnya dapat di kuasai oleh Badan Keamanan Rakyat (BKR) Jogjakarta Timur yang di pimpin oleh Bapak Umar Slamet. Pada Tahun 1945 Pangkalan Udara Maguwo di ambil alih oleh Pemerintah Republik Indonesia dan dijadikan Pangkalan Angkatan Udara untuk mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia. Lapangan terbang ini digunakan untuk operasional pesawat-pesawat AURI, serta untuk latihan terbang bagi Kadet sekolah penerbang di Maguwo yang di pimpin oleh Agustinus Adisutjipto.
Diubah oleh sean001 18-06-2017 15:17
tien212700
tien212700 memberi reputasi
1
24.6K
22
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.2KThread83.6KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.