Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

vaklentineAvatar border
TS
vaklentine
Bagaimana Membuktikan Kehalalan "Mie Samyang"
Bagaimana Membuktikan Kehalalan "Mie Samyang"


Sebagaimana orang China dan Jepang, orang Korsel sangat doyan makanan yang terbuat dari mie. Buldalk bokkeummyeonn buatan Samyang Foods inc. hanyalah salah satunya. Bila di-scan akan muncul status kehalalannya.
Sebenarnya, sangat mudah untuk mengetahui apakah makanan dari negeri kimchi itu halal atau tidak. Unduh saja aplikasi 'Halal Korea' yang di dalamnya terdapat fitur "scan". Buka fitur tesebut, lalu dekatkan dengan barcode pada produk yang ada. Hasilnya, ada tiga jenis: halal berwarna hijau, terkontaminasi hal haram, dan 'tidak ada data'.
Jadi, produk makanan di Korsel iri selalu saja dikaji (ulang) faktor kehalalannya. Bagi produk yang belum diuji, maka akan muncul kata "no data". Dengan demikian sangat mudah untuk tahu halal, haram, atau abu-abu (syubhat).

Bagaimana Membuktikan Kehalalan "Mie Samyang"

Masalahnya, suatu produk makanan bisa beganti-ganti status kehalalannya. Sangat tergantung pada hasil uji yang dilakukan. Kadang, suatu produk hari ini halal, tapi tahun depan haram. Bisa jadi pada riset pertama tidak ditemukan unsur babi, misalnya, atau pada produk kedua memang memuat unsur babi.

Selain itu, produk dengan merek yang sama bisa saja dibuat ada yang halal dan ada yang terkontaminasi zat haram. Jadi, seperti dibuat semacam "special edition".

Bagaimana Membuktikan Kehalalan "Mie Samyang"

Buldalk bokkeummyeonn atau ayam pedas yang di dalam berita kumparan ini tertera tulisan "halal", misalnya, di toko umum Korsel label tersebut tidak ada. Dan benar saja, ketika discan muncul adanya elemen babi. Artinya tidak halal. Menurut beberapa WNI yang sudah lama tinggal di Korsel, terdapat Buldalk bokkeummyeonn yang memang berabel halal tapi hanya dijual di toko muslim.

Pemerintah Korea saat ini sedang gencar-gencarnya memproduksi makanan halal dengan maksud agar lebih menarik turis muslim dari negata berpenduduk muslim. Tahun lalu, WNI yang berkunjung ke Korea naik kisaran 50 pesen.


Berdasarkan pengalaman pribadi, Pemerintah Korea sangat cermat dalam hal-hal detail dan sensitif. Mereka tidak mau terjebak pada dialektika yang merugikan apalagi secara ekonomi. Aplikasi 'Halal Korea' memberikan panduan tentang halal tidaknya sebuah produk.

https://m.kumparan.com/deanda-dewind...alal-dan-haram


Kalau ada seller nakal yg coba2 klaim produk impor koreanya halal, langsung cek make apps ini gan. Di korea sendiri, perlindungan konsumen itu jadi urusan serius.
emoticon-Recommended Seller

0
4.2K
26
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672KThread41.8KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.