Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

e.r.e.dAvatar border
TS
e.r.e.d
Suka Duka Ngontrak, Mahasiswa Baru dan Bangkotan Masuk
CURAHAN HATI MAHASISWA KONTRAKAN


Spoiler for Dikontrakan:


Selamat buat adek-adek yang telah lolos SNMPTN dan SBMPTN, sebentar lagi kalian akan masuk ke jenjang pendidikan yang sama sekali baru dengan yang kalian dapatkan di SMA. Khususnya yang akan merantau di kota orang ane akan sedikit share tentang pengalaman ane ngontrak selama 2 tahun. Asem pait manis asin udah ane rasain selama ngontrak. Dan ini beberapa poin yang bisa jadi buat pertimbangan buat milih rumah kontrakan kelak.


1. TEMAN
Spoiler for TEMAN:

Biasanya kalo tahun pertama langsung mau ngontrak agak susah. Buat ngontrak paling ngga butuh minimal 3 orang. Dan saat ini yang bisa ente ajak Cuma teman satu SMA yang sama sama lolos. Ente belum bisa ngajak temen jurusan yang sama sekali belum kenal. Kecuali ente bodo amat ngontrak ama siapa aja.

Problem saat milih teman ngontrak itu cocok cocok an. Ngga jarang banyak yang crash, ada yang ngga cocok sama sifatnya, ngga cocok sama tingkahnya, ngga cocok sama selera humornya. Makanya ini poin paling krusial dari semua pertimbangan kalo ente mau ngontrak, karena ente satu tahun bakal ketemu sama orang itu itu mulu. Dulu ane tahun pertama ngontrak 8 orang. Sekarang tinggal 6 orang. 2 orang keluar karena selera humor yang beda, jadi jatohnya baper gitu wakakaka.

TAPI kalo ente bisa tetep bisa “asik” dan “bergaul” walaupun dia gak seru, garing, baper, radikal, idealis, maniak, yang beraneka macem kelakuannya, maka selamat, ente adalah manusia superior yang kelak dapat mempersatukan seluruh warga Indonesia yg plural ini heuheu.


2. KEBERSIHAN
Spoiler for KEBERSIHAN:

Ente harus paham kalo ente ngerantau, ente udah ngga ama emak ente lagi yang tiap hari bersihin rumah, ente harus ngebersihin rumah kontrakan sama temen temen ente bareng bareng. Dan biasanya kalo yang ngontrak cowo, kebersihan itu mitos.

Normalnya setelah rumah kontrakan dihuni, akan dibuat jadwal piket harian/mingguan. TAPI ente akan sadar bahwa piket itu cuman WACANA. Yang udah disepakati nyapu tiap hari, ngepel dan nguras bak mandi tiap minggu. Paling mentok cuman bertahan sebulan. Habis itu rumah balik lagi kaya TAI. Apalagi dapur yang biasanya paling parah, bagi ente yang udah pernah ngontrak tau lah gimana bentukan dapur kontrakan cowo wakaka.

Kalo temen ngontrak ente ada tipe orang yang suka bersih bersih mungkin agak beruntung. Namun pada akhirnya kecenderungan itu bergerak kearah negatif. 1 atau 2 orang yang bersih, ujung ujung nya males juga kalo temennya pada "kemproh". yang terjadi adalah si bersih hanya akan membersihkan kamarnya aja. Sedangkan ruang tamu sama dapur tetep, KAYA TAI muahahaha.


3. IURAN
Spoiler for IURAN:

Saat ente udah nentuin kalo ente bakal ngontrak, ente sebenarnya sedang membangun negara tingkat mikro, lengkap dengan segala struktur organisasi tingkat mini, ngga luput dengan keuangan. Ente iuran untuk mencukupi kebutuhan bersama seperti, air minum galon, listrik, wifi, dan peralatan dapur maupun kebersihan.

Yang kampret adalah susahnya buat bayar iuran kas tepat waktu. Mau dibilangan seminggu sebelumnya tetep aja molor bayar ampe bulan depan. Ini yang kasian yang dengan sukarela mau jadi bendahara kontrakan. ujung ujungnya dia nombok juga buat keperluan yang katanya "bersama".

Belum lagi masalah muncul saat air galon habis, wifi sama listrik hampir habis, disitu semua sifat asli manusia muncul (red:menghindari masalah), ada yang ngilang, ada yg pura pura bego, pura pura nginep di kosan temen ga pulang pulang, ada pula yang malah beli air minum botolan buat dia sendiri yang harusnya jatah dia buat beli galon buat bersama. Manusia manusia ini adalah ras yang perlu dibumi hanguskan demi kemaslahatan umat heuheu.

4. BARANG PRIBADI
Spoiler for ALAT MANDI:

Kontrakan di penjuru dunia manapun berlaku hukum rimba tak tertulis yang berbunyi, “barang yang berada selain di dalam kamar adalah barang milik bersama”, maka ngga heran kalo ente taruh alat mandi ente di kamar mandi, besoknya bakalan tinggal setengah padahal ente beli baru kmaren. Hari ini ente taruh mie goreng di dapur, besoknya tiba tiba ilang secara ghoib.

Hukum ini tetap berlaku meskipun ente udah buat peraturan sekalipun. Adalah bijak menyimpan barang yang berpotensi disalahgunakan tangan tangan laknat di dalem kamar sendiri atau di lemari. Daripada ente emosi sendiri koar koar siapa yang ngambil makanan/sabun/shampoo ente tapi gaada yang ngaku wkakaka.


PENUTUP

Itu sedikit poin penting dari banyak poin yang timbul saat ngontrak. Yang lebih berpengalaman bisa banget nambahin pengalamannya di bawah. walau bagaimana pun hal positif dari mengontrak adalah dapat melatih tentang kebersamaan(kalo akur), keberagaman(kalo ayem), dan kebhinnekaan(kalo ngga crash wakaka).
Barang kali buat Calon mahasiswa baru (generasi micin) yang kepengen buat ngontrak dapat dipertimbangkan hal hal diatas sekedar buat pandangan tentang dunia perkontrakan.

Spoiler for Sumur:
Diubah oleh e.r.e.d 18-06-2017 12:59
tien212700
tien212700 memberi reputasi
1
6.4K
34
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.