Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

iambacknowAvatar border
TS
iambacknow
4 Juta Kendaraan Diperkirakan Masuk DIY Selama Lebaran
4 Juta Kendaraan Diperkirakan Masuk DIY Selama Lebaran

"Jumlah pemudik tahun ini diperkirakan naik 6 persen dibandingkan tahun lalu," kata Pelaksana Tugas (PLT) Kepada Dinas Perhubungan DIY Gatot Saptadi, di Yogyakarta, Senin (12/6).

Dia mengatakan, sebanyak 4.196.151 kendaraan akan masuk ke DIY dengan konsentrasi pada hari H-1 dan H+2 di sekitar Gunungkidul, Bantul, Sleman dan Kulonprogo. Namun mulai H+3 kendaraan pribadi akan memadati Kota Yogyakarta. Peningkatan mobil pribadi saat Lebaran diprediksi mencapai 74.018 unit dan sepeda motor meningkat sebanyak 26.156 unit. "Penggunaan mobil pribadi naik 5 persen dan sepeda motor naik 1 persen dibanding tahun lalu," katanya,

Begitu halnya penumpang dengan transportasi umum, juga akan meningkat. Penumpang angkutan darat diprediksi naik 1 persen dibandingkan tahun lalu. "Untuk angkutan bus, terjadi peningkatan 10.350 penumpang, pengguna kereta api naik sebanyak 6.208 penumpang," kata dia.

Sementara keinginan mudik Lebaran dengan kendaraan roda dua belum bisa dikikis 100 persen. Padahal menurut Dirlantas Polda DIY, Kombes Pol Latif Usman, korban kecelakaan meninggal selama arus mudik 2016 mencapai sembilan orang dan semuanya pengguna kendaraan roda dua. “Kami tidak bisa melarang masyarakat mudik dengan motor, tetapi untuk mencegah kecelakaan dan target zero accident, kami membuat 33 posko mudik dan dua pos cek point atau pos pemeriksaan di Kecamatan Tempel, Sleman dan di Kecamatan Temon Kulonprogo," kata dia.

Dia mengatakan, pengendara yang tidak sesuai aturan, tidak akan ditilang. Namun akan diberikan tanda janur kuning pada kendaraannya, dan tetap dipantau pada pos yang dilaluinya. Jika janur dilepas pengendara, akan dihentikan di pos berikutnya. “Janur kuning itu tanda bahwa pengguna sepeda motor itu harus diwaspadai, itu sebagai tanda peringatan bahaya. Pengendara yang ada disampingnya juga harus waspada," katanya.

Kegiatan janur kuning dimulai pada 21 Juni 2017 hingga operasi selesai. Pada akhir operasi akan dievaluasi dengan menghitung jumlah batang lidi dari janur yang terkumpul.

Adapun untuk melaksanakan Operasi Ramadniya 2017, Polda DIY akan menerjunkan 2.700 dari Polri, ditambah TNI daan Dishub DIY sekitar 1.500 orang dengan total jumlah personel mencapai 4.000 personel.

Sumber: Suara Pembaruan

4 Juta Kendaraan Diperkirakan Masuk DIY Selama Lebaran | BeritaSatu.com
http://www.beritasatu.com/nasional/436275-4-juta-kendaraan-diperkirakan-masuk-diy-selama-lebaran.html

kue bensin yg menggiurkan emoticon-Wow
0
1.2K
15
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672.3KThread41.9KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.