Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
59
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/593ff39d9a0951db658b4568/ciri-ciri-ulama-yang-lurus
Allah swt berfirman قال الله تعالى : إنما يخشى الله من عباده العلماء.” Hanya saja yang punya rasa takut kepada Allah swt diantara hamba-hambanya adalah para ulama” Ulama yang disebut dalam ayat tersebut adalah ulama akhirat yang lurus dan punya rasa takut kepada Allah SWT,serta mengajarkan manusia untuk takut kepada Allah SWT. Syaikh Nawawi al-Jawi, dalam
Lapor Hansip
13-06-2017 21:15

CIRI-CIRI ULAMA’ YANG LURUS.

CIRI-CIRI ULAMA’ YANG LURUS.


Allah swt berfirman قال الله تعالى : إنما يخشى الله من عباده العلماء.” Hanya saja yang punya rasa takut kepada Allah swt diantara hamba-hambanya adalah para ulama”

Ulama yang disebut dalam ayat tersebut adalah ulama akhirat yang lurus dan punya rasa takut kepada Allah SWT,serta mengajarkan manusia untuk takut kepada Allah SWT.

Syaikh Nawawi al-Jawi, dalam kitab Maraqil Ubudiyah hal 12-13, menyampaikan ciri-ciri ulama akhirat.

yaitu: 1-Tidak memanfaatkan ilmu untuk kepentingan duniawi.


2-Tujuannya dalam mencari dan memperdalam ilmu hanya untuk mendapatkan kebahagiaan akhirat.
Perhatiannya selalu tertuju kepada ilmu yang berhubungan dengan hati, dan ia selalu mengatur hatinya untuk melawan hawa nafsu.

3-Dia menuntut ilmu karena ingin mengetahui, meneladani, dan meniru Sang Pembawa Syariat, yaitu Nabi Muhammad SAW dalam semua perbuatan dan perkataannya.

Sedangkan ciri ulama yang tidak menjadikan ilmunya sebagai alat untuk mencari kekayaan dunia adalah:

1-Terdepan dalam melaksanakan perintah Allah SWT dan menjauhi larangannya-Nya, sebelum memerintah dan menasehati orang lain.

2-Senantiasa menghindari makanan yang lezat, rumah yang mewah, dan pakaian yang bagus.

3-Senang menyendiri, tidak suka bergaul dengan pejabat kecuali untuk menasehatinya atau mendesaknya agar mengembalikan hak orang lain kepada pemiliknya atau untuk membimbingnya menuju jalan yang diridhoi Allah SWT.

4-Tidak tergesa-gesa dalam berfatwa.Ia selalu mengarahkan orang yang meminta fatwa agar bertanya kepada orang yang lebih alim darinya.

Mudah-mudahan bermanfaat.


Wallahu a’lam.

http://forsansalaf.com/2017/01/24/ci...ma-yang-lurus/

Semoga bermanfaat tuk agan2 yg muslim
CIRI-CIRI ULAMA’ YANG LURUS.
0
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 2 dari 3
CIRI-CIRI ULAMA’ YANG LURUS.
13-06-2017 23:12
Quote:Original Posted By o.best
bapak ane selalu mengajarkan
"jika engkau ingin berguru, maka bergurulah pada guru yang mengajarkan mu al-quran serta hadist, jika keluar dari itu maka tinggalkanlah"
jd ane sllu ngikutn kta bapak ane gan...
petunjuk sebaik-baiknya petunjuk hanya ada di dalam -al-quran dan hadist, biasanya kalau kita berbicara suka ada bumbu penyedapnya dan itulah yg ga dibolehn sma bokap ane, cukup al-quran dan hadist saja


setuju gan slama tdk menyimpang dri 2 hal tersebut mestinya sih baik2 saja cuman bnyak skrg kaum muslimin menjadi pemuja ulama padahal itu tdk di anjurkan klo mencintai bolehlah tpi klo memuja kewajiban kita hanya jadi pemuja Allah,makanya di riwayatkan mengapa baginda rasul tdk ingin wajahnya di lukiskan atau di gambarkan karna beliau khawatir umatnya malah memuja beliau di banding sang pencipta yaitu Allah S.W.T emoticon-Malu
0 0
0
CIRI-CIRI ULAMA’ YANG LURUS.
13-06-2017 23:15
Quote:Original Posted By vizum78
setuju gan slama tdk menyimpang dri 2 hal tersebut mestinya sih baik2 saja cuman bnyak skrg kaum muslimin menjadi pemuja ulama padahal itu tdk di anjurkan klo mencintai bolehlah tpi klo memuja kewajiban kita hanya jadi pemuja Allah,makanya di riwayatkan mengapa baginda rasul tdk ingin wajahnya di lukiskan atau di gambarkan karna beliau khawatir umatnya malah memuja beliau di banding sang pencipta yaitu Allah S.W.T emoticon-Malu


soalnya ane sllu prcya al-quran petunjuk kehidupan, dan dari itulah ane sllu dpt menyelesaikan bnyak problema hidup....

dan ingat juga gan, kalau baca al-quran setiap 1 ayat baca artinya juga biar lebh paham.
Tnpa meminta ke seorang guru pun kita sudah paham isi al-quran
0 0
0
CIRI-CIRI ULAMA’ YANG LURUS.
13-06-2017 23:18
Quote:Original Posted By o.best
soalnya ane sllu prcya al-quran petunjuk kehidupan, dan dari itulah ane sllu dpt menyelesaikan bnyak problema hidup....

dan ingat juga gan, kalau baca al-quran setiap 1 ayat baca artinya juga biar lebh paham.
Tnpa meminta ke seorang guru pun kita sudah paham isi al-quran


mantaps ganemoticon-Shakehand2
0 0
0
CIRI-CIRI ULAMA’ YANG LURUS.
13-06-2017 23:23


Quote:Original Posted By tonarigumi
Nih ulama yang lurus :
1. Tidak fanatik taklid buta
2. Menyebarkan sunnah rasul
3. Taat pada pemerintah Indonesia
4. Mengeluarkan pendapat sesuai dengan Alquran dan Hadits
5. Beliau2 ini adalah lulusan universitas Madinah yg notabene kota Nabi Muhammad shalallahualahiwasallam

Ustad Khalid dan ustadz syafiq bersama bapak Kapolri Badrodin Haiti berdkwah bersama di Masjid Istiqlal sewaktu beliau masih menjabat

CIRI-CIRI ULAMA’ YANG LURUS.


CIRI-CIRI ULAMA’ YANG LURUS.

Ane jg promosi gan, tp.promosi ustadz yg menyebarkan sunnah Nabi Muhammad shalallahualahiwasallam, bisa dilihat sendiri ceramah mereka di youtube atau hadir ke majelisnya langsung, ane hanya menyampaikan saja tdk ada paksaan, mudah2an kita semua diberi hidayah agar bisa memahami dan mengamalkan agama ini dgn benar.. emoticon-Smilie

Wah, ane suka tongkrongin kajian mereka gan
Dulu membenci tanpa kenal sekarang ane mulai dikit dikit berhijrah..
Doa ane, semoga makin banyak ustad sunnah ya gan di Indonesia. Moga Dapat suami kenal dan menjalankan sunnah hahhaha
0 0
0
CIRI-CIRI ULAMA’ YANG LURUS.
13-06-2017 23:23


Quote:Original Posted By vizum78
Quote:Original Posted By o.best
bapak ane selalu mengajarkan
"jika engkau ingin berguru, maka bergurulah pada guru yang mengajarkan mu al-quran serta hadist, jika keluar dari itu maka tinggalkanlah"
jd ane sllu ngikutn kta bapak ane gan...
petunjuk sebaik-baiknya petunjuk hanya ada di dalam -al-quran dan hadist, biasanya kalau kita berbicara suka ada bumbu penyedapnya dan itulah yg ga dibolehn sma bokap ane, cukup al-quran dan hadist saja


setuju gan slama tdk menyimpang dri 2 hal tersebut mestinya sih baik2 saja cuman bnyak skrg kaum muslimin menjadi pemuja ulama padahal itu tdk di anjurkan klo mencintai bolehlah tpi klo memuja kewajiban kita hanya jadi pemuja Allah,makanya di riwayatkan mengapa baginda rasul tdk ingin wajahnya di lukiskan atau di gambarkan karna beliau khawatir umatnya malah memuja beliau di banding sang pencipta yaitu Allah S.W.T emoticon-Malu

Mantap jiwa gan, ane setuju
0 0
0
CIRI-CIRI ULAMA’ YANG LURUS.
13-06-2017 23:44
dr. Zakir naik..
0 0
0
CIRI-CIRI ULAMA’ YANG LURUS.
13-06-2017 23:47
Quote:Original Posted By tonarigumi
Nih ulama yang lurus :
1. Tidak fanatik taklid buta
2. Menyebarkan sunnah rasul
3. Taat pada pemerintah Indonesia
4. Mengeluarkan pendapat sesuai dengan Alquran dan Hadits
5. Beliau2 ini adalah lulusan universitas Madinah yg notabene kota Nabi Muhammad shalallahualahiwasallam

Ustad Khalid dan ustadz syafiq bersama bapak Kapolri Badrodin Haiti berdkwah bersama di Masjid Istiqlal sewaktu beliau masih menjabat

CIRI-CIRI ULAMA’ YANG LURUS.


CIRI-CIRI ULAMA’ YANG LURUS.

Ane jg promosi gan, tp.promosi ustadz yg menyebarkan sunnah Nabi Muhammad shalallahualahiwasallam, bisa dilihat sendiri ceramah mereka di youtube atau hadir ke majelisnya langsung, ane hanya menyampaikan saja tdk ada paksaan, mudah2an kita semua diberi hidayah agar bisa memahami dan mengamalkan agama ini dgn benar.. emoticon-Smilie


Widih Ustadz Khalid sama Ustadz Syafiq emoticon-thumbsup
0 0
0
CIRI-CIRI ULAMA’ YANG LURUS.
14-06-2017 00:12
leh uga
ulama ane di kampung gan
ga neko2 jauh dr media
sholatnya hampir jamaah 5 waktu
klo ashar maghrib ngajar quran dan kitab
ngmng ga pernah ngegas.... slow dan sopan
murah senyum... panutan
CIRI-CIRI ULAMA’ YANG LURUS. CIRI-CIRI ULAMA’ YANG LURUS.
0 0
0
CIRI-CIRI ULAMA’ YANG LURUS.
14-06-2017 00:29
Quote:Original Posted By kruingputih2
Nih orangnya

CIRI-CIRI ULAMA’ YANG LURUS.


emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga


ya udah sih.....





















































pulang ooiii pulaaaaannnggg. emoticon-Wkwkwkemoticon-Wkwkwkemoticon-Wkwkwk
0 0
0
CIRI-CIRI ULAMA’ YANG LURUS.
14-06-2017 00:46
Quote:Original Posted By putrie.tidoer
leh uga
ulama ane di kampung gan
ga neko2 jauh dr media
sholatnya hampir jamaah 5 waktu
klo ashar maghrib ngajar quran dan kitab
ngmng ga pernah ngegas.... slow dan sopan
murah senyum... panutan
CIRI-CIRI ULAMA’ YANG LURUS. CIRI-CIRI ULAMA’ YANG LURUS.


ane dri kecil nggak pernah denger gan tausiah di mesjid dgn kata2 yg kasar klo bersemangat iya karna suaranya gede bgt ttp berasa damai yg denger gan tpi memasuki 2 taon blakangan ini mulai terasa perubahannya gan di setiap jumatan ada aja khutbah bahas politik dan berkata sedikit kasar menyerang pihak lain....emoticon-Cape d...
Diubah oleh vizum78
0 0
0
CIRI-CIRI ULAMA’ YANG LURUS.
14-06-2017 00:50
Quote:Original Posted By bon123456789
ya udah sih.....





















































pulang ooiii pulaaaaannnggg. emoticon-Wkwkwkemoticon-Wkwkwkemoticon-Wkwkwk


asli ane heran gan liat nih orang gan kog bisa yaa ada seorang yg blajar agamanya kemana2 tpi bacotnya kasar bgt n lebih heran lagi bnyak yg memujanyaemoticon-Cape d...
0 0
0
CIRI-CIRI ULAMA’ YANG LURUS.
14-06-2017 01:01
senang menyendiri? ga suka pake pakaian bagus dan menghindari makanan lezat?
bisa tolong jelasin apa alasannya dan sumbernya?
0 0
0
CIRI-CIRI ULAMA’ YANG LURUS.
14-06-2017 01:26
Quote:Original Posted By vizum78


asli ane heran gan liat nih orang gan kog bisa yaa ada seorang yg blajar agamanya kemana2 tpi bacotnya kasar bgt n lebih heran lagi bnyak yg memujanyaemoticon-Cape d...


wkekekeke, no comment dah gan,

btw kalo bener kasusnya itu, Nauzubillah deh gan buat itu orang
0 0
0
CIRI-CIRI ULAMA’ YANG LURUS.
14-06-2017 01:31
Quote:Original Posted By jjjanna



Wah, ane suka tongkrongin kajian mereka gan
Dulu membenci tanpa kenal sekarang ane mulai dikit dikit berhijrah..
Doa ane, semoga makin banyak ustad sunnah ya gan di Indonesia. <B>Moga Dapat suami kenal dan menjalankan sunnah hahah</B>


Ehem ehem ehem emoticon-Cool
Diubah oleh Mr.ghohan
0 0
0
CIRI-CIRI ULAMA’ YANG LURUS.
14-06-2017 02:11
ulama ane tetep mbah modin gan emoticon-Cool
0 0
0
CIRI-CIRI ULAMA’ YANG LURUS.
14-06-2017 02:52
Quote:Original Posted By vizum78


asli ane heran gan liat nih orang gan kog bisa yaa ada seorang yg blajar agamanya kemana2 tpi bacotnya kasar bgt n lebih heran lagi bnyak yg memujanyaemoticon-Cape d...


ulama bohongan yang menyesatkan gan emoticon-Traveller

0 0
0
CIRI-CIRI ULAMA’ YANG LURUS.
14-06-2017 03:35
Quote:Original Posted By streamous
ulama bohongan yang menyesatkan gan emoticon-Traveller


klo soal itu ane mah kagak brani gan tpi bacotnya itu kasar bgt eh entalah tuh orang blajar drimana hingga bisa sekasar itu menghardik orang lain emoticon-Bingung
0 0
0
CIRI-CIRI ULAMA’ YANG LURUS.
14-06-2017 03:37
Quote:Original Posted By kruingputih2
Nih orangnya

CIRI-CIRI ULAMA’ YANG LURUS.


emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga


wew... emoticon-Roll Eyes (Sarcastic)
0 0
0
CIRI-CIRI ULAMA’ YANG LURUS.
14-06-2017 03:37
Quote:Original Posted By mastakawaja
senang menyendiri? ga suka pake pakaian bagus dan menghindari makanan lezat?
bisa tolong jelasin apa alasannya dan sumbernya?


yaa silahkan cari sendiri gan toh ane udah kasi sumurnya....
CIRI-CIRI ULAMA’ YANG LURUS.
0 0
0
CIRI-CIRI ULAMA’ YANG LURUS.
14-06-2017 03:39
ulama nu tuh banyak yg lurus
0 0
0
Halaman 2 dari 3
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia