Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

peace.tv.Avatar border
TS
peace.tv.
Ingin Kuasai Marawi, Kelompok Maute Berencana Habisi Umat Non-muslim di Mindanao
Ingin Kuasai Marawi, Kelompok Maute Berencana Habisi Umat Non-muslim di Mindanao
Kendaraan tempur ringan marinir Filipina berpatroli di jalanan kota Marawi yang lengang. Di belakangnya asap hitam mengepul dari sebuah bangunan yang mungkin terkena tembakan roket.

TRIBUNNEWS.COM, MARAWI - Dalam upayanya menguasai Marawi, kelompok Maute dikatakan berencana untuk menghabisi umat non-muslim di Mindanao, Filipina.

Kepala Angkatan Bersenjata Filipina (AFP) Eduardo Año mengatakan tiga pemimpin tinggi Maute ingin menguasai Marawi untuk mendirikan khilafah.

Mereka adalah dua pendiri kelompok tersebut, Omar dan Abdullah Maute, serta Isnilon Hapilon.

Eduardo Año menyebut rencana itu merupakan "grand plan" kelompok Maute, yang meniru "grand plan" ISIS saat menyerbu Mosul, Irak.

"Hari pertama Ramadan, (militan Maute) berencana untuk menguasai seluruh Marawi dan mengklaimnya sebagai negara khilafah," jelas Eduardo Año, Minggu (11/6/2017).

"Seperti yang terjadi di Mosul, ketika Pemimpin ISIS Abu Bakr Al-Baghdadi merebut Mosul pada Juni 2014. Itu juga terjadi pada hari pertama Ramadan," lanjutnya.

Setelah menduduki Marawi, kata Eduardo Año, militan Maute akan berharap warga Marawi akan mendukung mereka untuk mendirikan khilafah.

"Lalu, mereka akan menghabisi umat non-muslim sebanyak mungkin di sana, untuk membuktikan pad dunia bahwa mereka bisa mendirikan khilafah di Asia," ucap Eduardo Año lagi.


Eduardo Año mengatakan semua rencana tersebut untungnya jadi terhalang karena adanya penggerebekan rumah persembunyian Isnilon Hapilon.

Upaya Maute untuk menguasai Marawi juga dihalangi militer Filipina dengan konflik senjata yang sejauh ini dikatakan telah menewaskan 191 teroris militan Maute.

"AFP sudah berhasil mengurangi cukup banyak jumlah teroris yang ada. Sejauh ini sudah 191 orang yang dikonfirmasi tewas," kata Kepala Humas AFP Kolonel Edgard Arevalo.

Sedangkan, diketahui sebanyak 58 anggota militer pemerintah tewas. (Manila Times/Rappler)
http://m.tribunnews.com/internasiona...im-di-mindanao
Diubah oleh peace.tv. 12-06-2017 13:37
sebelahblog
anasabila
anasabila dan sebelahblog memberi reputasi
2
6K
50
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita Luar Negeri
Berita Luar NegeriKASKUS Official
79.3KThread11.2KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.