Kaskus

Entertainment

Pengaturan

Mode Malambeta
Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • "Menara Pandang Tele" Cara Asik Menatap Danau Toba Dari Ketinggian

ryan.manullangAvatar border
TS
ryan.manullang
"Menara Pandang Tele" Cara Asik Menatap Danau Toba Dari Ketinggian
"Menara Pandang Tele" Cara Asik Menatap Danau Toba Dari Ketinggian


Bangunan ini terletak tepat dijalan lintas menuju kota Pangururan Kab. Samosir yang berada di Pulau Samosir. Bangunan ini berada ditepi jurang yang mengarah langsung ke danau Toba.
Menara Pandang ini dibangun pada akhir tahun 1980 oleh PemKab Dairi untuk mendongkrak minat masyarakat untuk berwisata ke danau Toba. Hingga akhir tahun 90an menara ini masih dalam wilayah Kab. Dairi kemudian akibat pemekaran wilayah menjadi milik Pemkab Toba Samosir hingga akhirnya menjadi bagian administrasi Pemkab Samosir di awal 2000an.

Bangunan ini berkarakteristik menyerupai mencusuar namun berbentuk kubus serta memiliki 3 lantai dan lantai ke 3 sebagai puncak tempat memandang luasnya danau Toba.
Tinggi bangunan ini berkisar 20 meter cukup tinggi untuk menikmati suatu pemandangan yang luas.
Menara pandang tele ini tepat terletak di tikungan tajam menuju kota Pangururan dari arah Kab. Dairi. Saat melakukan perjalanan menuju kota Pangururan tempat ini merupakan tempat yang sangat pas untuk melepas sejenak lelah berkendara karena di titik ini ada juga warung sederhana nan unik yang menyediakan minuman dan makanan ringan.

"Menara Pandang Tele" Cara Asik Menatap Danau Toba Dari Ketinggian
View tikungan tajam, serta fasilitas sekitar menara pandang Tele

Dari pusat kota Medan, SUMUT berjarak sekitar 180 km atau kira-kira 6 jam perjalanan dengan kendaraan bermotor. Menara Pandang Tele ini merupakan pintu destinasi untuk menikmati wisata-wisata di danau Toba seperti pantai-pantai sepanjang pulau Samosir, gunung Pusuk Buhit dan budaya-budaya khas masyarakat danau Toba.

Saat paling nikmat mengunjungi menara pandang Tele ini adalah saat terbit dan terbenamnya matahari karena menyajikan pemandangan danau toba yang sangat sendu dan romantis, sangat cocok untuk kawula dan pasangan muda. emoticon-Big Grin

"Menara Pandang Tele" Cara Asik Menatap Danau Toba Dari Ketinggian
View sunset dari menara pandang Tele

Saat ini menara ini sudah banyak mengalami perbaikan yang signifikan seperti perbaikan gedung dan penambahan fasilitas untuk beristirahat cukup nikmat untuk menikmati danau Toba dari kejauhan. Cukup membayar 5 ribu rupiah untuk setiap orang bila ingin menaiki menara pandang Tele ini.

Tertarik.??emoticon-Big Grinemoticon-Big Grinemoticon-Big Grin
Diubah oleh ryan.manullang 11-06-2017 21:12
0
5.9K
18
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
KASKUS Official
924.3KThread87.9KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.