Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • Health
  • Masih Muda, Kok Udah Botak? Mungkin Ini Penyebabnya

godok.indonesiaAvatar border
TS
MOD
godok.indonesia
Masih Muda, Kok Udah Botak? Mungkin Ini Penyebabnya
Masih Muda, Kok Udah Botak? Mungkin Ini Penyebabnya

Banyak perubahan yang tidak dapat dihindari seiring bertambahnya usia, salah satunya adalah kebotakan. Namun kabar buruknya, kebotakan dapat terjadi di rentang usia manapun. Tidak peduli Agan masih remaja atau sudah tua, rambut akan menipis dan rontok karena beberapa alasan, seperti:

1. Hormon dan gen

Masih Muda, Kok Udah Botak? Mungkin Ini Penyebabnya


Dilansir dari jurnal Science Translational Medicine,hormon testosteron pada pria dan faktor turunan mampu membuat folikel rambut mengerut dan mengecil. Lebih lanjut, Prof. George Cotsarelis, ilmuwan dari University of Pennsylvania, menyatakan bahwa meningkatnya kadar enzim prostaglandin D synthase turut memicu kebotakan pada pria. Enzim ini banyak ditemukan di folikel rambut yang mulai menipis,

2. Stres

Masih Muda, Kok Udah Botak? Mungkin Ini Penyebabnya


Stress ternyata dapat memicu peningkatan produksi hormon testosteron pada pria. Hasilnya? Folikel rambut akan melemah karena terhambatnya sirkulasi darah sehingga rambut akan mulai rontok dan menipis.

3. Pola hidup tidak sehat

Masih Muda, Kok Udah Botak? Mungkin Ini Penyebabnya


Tahukah Agan, bahwa produksi protein keratin yang sangat penting untuk pertumbuhan dan kesehatan rambut sangat dipengaruhi oleh asupan makanan sehari-hari? Kurangnya asupan protein membuat tubuh menggunakan protein yang tersedia untuk keperluan lain, termasuk keratin. Hasilnya, kesehatan rambut dan kulit kepala menurun karena kurang tersedianya protein keratin yang dibutuhkan. Solusinya, cukup perbanyak konsumsi makanan tertentu seperti telur dan daging ikan untuk menjaga kadar protein dalam tubuh.

4. Kehamilan

Masih Muda, Kok Udah Botak? Mungkin Ini Penyebabnya


Pada wanita, kebotakan dapat dipicu oleh kehamilan. Perubahan hormon masa kehamilan dan setelah melahirkan dapat membuat rambut rontok. Tapi tidak usah khawatir, karena kebotakan tidak bersifat permanen. Rambut akan kembali tumbuh setelah hormon dalam tubuh kembali normal.

5. Penggunaan bahan kimia

Masih Muda, Kok Udah Botak? Mungkin Ini Penyebabnya


Menata rambut memang tidak bisa dihindari, terutama bagi Sista yang sangat peduli terhadap penampilan. Namun penggunaan berlebih beberapa zat asing cat rambut dan bahan kimia untuk rebounding dapat menyebabkan rambut rontok dan menipis sehingga memicu kebotakan. Baiknya, hindari paparan zat asing terlalu sering pada kulit kepala karena dapat menyebabkan rambut tidak tumbuh kembali.

Karena kebotakan dapat menimpa siapa saja, ada baiknya lakukan langkah-langkah pencegahan seperti menerapkan pola hidup sehat, rajin mengonsumsi makanan sehat dan bergizi tinggi, serta rajin berolahraga. Selain itu, hindari meminum minuman beralkohol dan stres berkepanjangan karena dapat memperburuk kesehatan rambut serta kulit kepala.

emoticon-Toastemoticon-Toast emoticon-Toast


sumur : Go Dok


Jangan lupa buat didownload aplikasinya juga, ya! Karena Agan bisa langsung berkonsultasi tentang kesehatan diri dan keluarga dengan dokter Go Dok, yang tidak hanya ramah, tapi juga informatif dan membantu!

:welcome :welcome

Diubah oleh godok.indonesia 09-06-2017 06:45
0
2.6K
4
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Health
HealthKASKUS Official
24.7KThread10.1KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.