Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • Health
  • 6 Tips Liburan dan Mudik Sehat untuk Agan dan Keluarga

godok.indonesiaAvatar border
TS
MOD
godok.indonesia
6 Tips Liburan dan Mudik Sehat untuk Agan dan Keluarga
6 Tips Liburan dan Mudik Sehat untuk Agan dan Keluarga

Libur panjang di akhir pekan pastinya menjadi momen yang ditunggu-tunggu oleh Agan sekeluarga. Banyak rencana menyenangkan yang dapat dicoba, mulai dari berkumpul bersama sanak saudara hingga berlibur mengunjungi tempat wisata bersama. Namun, Agan harus berusaha ekstra untuk mempersiapkan seluruh anggota keluarga sebelum pergi berlibur, terutama mengenai kesehatan mereka. Mengapa? Karena jika ada satu saja anggota keluarga yang sakit, seluruh agenda liburan bisa hancur berantakan.

Lalu, bagaimana cara menghindari hal tersebut? Tenang, ini dia beberapa tips bermanfaat yang patut dicoba agar Agan dan keluarga terhindar dari serangan penyakit selama liburan:

1. Perbaiki pola hidup harian

6 Tips Liburan dan Mudik Sehat untuk Agan dan Keluarga


Sebelum berlibur, ada baiknya Agan mulai memperbaiki pola hidup harian agar tubuh bugar serta siap melakukan perjalanan jauh saat berwisata nanti. Ada beberapa cara yang dapat dicoba, mulai dari berolahraga secara teratur, tidur tepat waktu, hingga mengonsumsi makanan kaya gizi dan nutrisi. Jika pola hidup ini dibiasakan, tentu Agan dan keluarga akan terhindar dari berbagai infeksi virus dan bakteri pemicu penyakit.

2. Rajin konsumsi sayuran hijau

6 Tips Liburan dan Mudik Sehat untuk Agan dan Keluarga


Tahukah Agan bahwa sayuran dengan kadar klorofil tinggi sengatlah baik bagi kesehatan tubuh? Sayur semisal bayam, brokoli, sawi, mentimun, dan seledri terbukti tidak hanya dapat meningkatkan sistem imun, namun juga mengoptimalkan proses detoksifikasi tubuh. Karenanya, yuk, ajak keluarga untuk rutin mengonsumsi sayuran jenis ini setidaknya 2 minggu sebelum liburan Agan dimulai!

3. Lakukan tindakan pencegah flu

6 Tips Liburan dan Mudik Sehat untuk Agan dan Keluarga


Salah satu hal yang harus Agan waspadai saat berlibur panjang adalah datangnya flu. Penyakit ini mudah sekali menyerang di kala daya tahan tubuh sedang lemah. Karenanya, ada baiknya Agan melakukan berbagai upaya pencegahan, seperti dengan rutin meminum campuran teh hangat dan jahe. Jika langkah tadi dirasa kurang, maka Agan dapat mencoba solusi lain, yaitu dengan mendapatkan vaksin flu dari rumah sakit terdekat.

4. Cuci tangan dengan sabun

6 Tips Liburan dan Mudik Sehat untuk Agan dan Keluarga


Bakteri penyebab penyakit dapat menginfeksi Agan dan keluarga di mana saja dan kapan saja. Menyeramkan, bukan? Oleh karena itu, biasakanlah untuk mencuci tangan sesudah dan sebelum makan atau setelah menggunakan toilet. Jika memang perlu, Agan juga dapat membekal cairan antiseptik agar dapat digunakan setiap saat. Mudah, bukan?

5. Gunakan masker

6 Tips Liburan dan Mudik Sehat untuk Agan dan Keluarga


Christoper Stanford, seorangassociate professor dari University of Washington, menyarankan untuk selalu menggunakan masker di tempat umum, seperti terminal dan taman kota. Hal ini penting dilakukan, karena bakteri bisa saja menular melalui mulut dan hidung. Jadi, tidak ada salahnya Agan berjaga-jaga dengan selalu memakai masker.

6. Bawalah minyak kayu putih

6 Tips Liburan dan Mudik Sehat untuk Agan dan Keluarga


Agan sebagai orang tua pasti paham dengan fakta bahwa buah hati sering merasakan pusing dan mual ketika melakukan perjalanan jauh. Untuk mengatasi hal tersebut, sangat disarankan untuk selalu membekal minyak kayu putih selama berwisata. Mengapa? Karena aromaterapi serta hangat yang dikeluarkan oleh minyak yang satu ini dapat meredakan rasa mabuk anak. Mau coba?

Itu dia beberapa tips jitu yang dapat Anda praktikkan menjelang liburan. Selamat bersenang-senang!

emoticon-Toastemoticon-Toast emoticon-Toast


sumur : Go Dok


Jangan lupa buat didownload aplikasinya juga, ya! Karena Agan bisa langsung berkonsultasi tentang kesehatan diri dan keluarga dengan dokter Go Dok, yang tidak hanya ramah, tapi juga informatif dan membantu!

:welcome :welcome

Diubah oleh godok.indonesia 08-06-2017 02:01
0
1.9K
3
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Health
HealthKASKUS Official
24.7KThread10.1KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.