Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

uciiinAvatar border
TS
uciiin
Mengenal Kanker Serviks, Penyakit Pembunuh Jupe


emoticon-Hot Newsemoticon-Hot Newsemoticon-Hot Newsemoticon-Hot Newsemoticon-Hot Newsemoticon-Hot News
Belakangan ini mulai marak terdengar berita-berita mengenai kanker serviks(cervical cancer). Kanker merupakan salah satu jenis penyakit yang sudah taka sing lagi di telinga. Berbagai jenis kasus baru ditemukan, namun jenis kasus kanker yang paling tinggi di kalangan peempuan adalah kanker serviks. Jenis kanker ini merupakan jenis kanker nomor dua yang paling sering menyerang wanita di seluruh dunia dan juga merupakan kanker kdua yang paling beresiko menyebabkan kematian. Kanker serviks adalah penyakit kanker yang terjadi pada daerah leher rahim. Yaitu daerah pada organ reproduksi wanita yang merupakan pintu masuk ke arah rahim. Letaknya antara rahim (uterus) dengan liang senggama wanita (vagina). Kanker ini 99,7% disebabkan oleh human papilloma virus (HPV) onkogenik, yang menyerang leher rahim. Berawal terjadi pada leher rahim, apabila telah memasuki tahap lanjut, kanker ini bisa menyebar ke organ-organ lain di seluruh tubuh penderita.




Bahaya kanker serviks ini, Badan Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan, saat ini penyakit kanker serviks menempati peringkat teratas di antara berbagai jenis kanker yang menyebabkan kematian pada perempuan di dunia. Di Indonesia, setiap tahun terdeteksi lebih dari 15.000 kasus kanker serviks. Sekitar 8000 kasus di antaranya berakhir dengan kematian. Menurut WHO, Indonesia merupakan negara dengan jumlah penderita kanker serviks yang tertinggi di dunia. Penyebab kanker serviks ini, Pertama, kanker serviks disebabkan oleh virus HPV (Human Papilloma Virus). Virus ini memiliki lebih dari 100 tipe, di mana sebagian besar di antaranya tidak berbahaya dan akan lenyap dengan sendirinya. Jenis virus HPV yang menyebabkan kanker serviks dan paling fatal.Akibatnya adalah virus HPV tipe 16 dan 18. Kedua, selain disebabkan oleh virus HPV, sel-sel abnormal pada leher rahim juga bisa tumbuh akibat paparan radiasi atau pencemaran bahan kimia yang terjadi dalam jangka waktu cukup lama.

Penularan virus HPV bisa terjadi melalui hubungan seksual, terutama yang dilakukan dengan berganti-ganti pasangan. Penularan virus ini dapat terjadi baik dengan cara transmisi melalui organ genital ke organ genital, oral ke genital, maupun secara manual ke genital. penggunaan kondom saat melakukan hubungan intim tidak terlalu berpengaruh mencegah penularan virus HPV. Sebab, tak hanya menular melalui cairan, virus ini bisa berpindah melalui sentuhan kulit. Pada tahap awal, penyakit ini tidak menimbulkan gejala yang mudah diamati. Gejala fisik serangan penyakit ini pada umumnya hanya dirasakan oleh penderita kanker stadium lanjut. Untuk itu pencegahan dan vaksinasi perlu dilakukan.




Gejala kanker serviks tingkat lanjut :

munculnya rasa sakit dan perdarahan saat berhubungan intim (contact bleeding).
keputihan yang berlebihan dan tidak normal.
perdarahan di luar siklus menstruasi.
penurunan berat badan drastis.
Apabila kanker sudah menyebar ke panggul, maka pasien akan menderita keluhan nyeri punggung
juga hambatan dalam berkemih, serta pembesaran ginjal.

·Masa preinvasif (pertumbuhan sel-sel abnormal sebelum menjadi keganasan) penyakit ini terbilang cukup lama, sehingga penderita yang berhasil mendeteksinya sejak dini dapat melakukan berbagai langkah untuk mengatasinya.

·Infeksi menetap akan menyebabkan pertumbuhan sel abnormal yang akhirnya dapat mengarah pada perkembangan kanker. Perkembangan ini memakan waktu antara 5-20 tahun, mulai dari tahap infeksi, lesi pra-kanker hingga positif menjadi kanker serviks.

Lama pertumbuhan kanker, masa pre invasive (pertumbuhan sel-sel abnormal sebelum menjadi keganasan), sehingga penderita yang berhasil mencegah sejak dini dapat melakukan berbagai langkah untuk mengatasinya. Invasive menetap akan mejadikan sebagai perkembangan kanker, perkembangan ini akan memakan waktu 20-25 tahun. Untuk cara mendeteksinya, yang pertama, vaksinasi, merupakan mpemeriksaan yang standar, tetapi bukanlah satu-satunya cara, ada juga menggunakan asam asetat (cuka) yang relatiof lebih mudah dan murah. Bahakan sekarang ini ada yang namanya teknologi hybrid capture II system.

Cara mendeteksinya:

Vaksinasi adalah pemeriksaan yang standar, tetapi bukanlah satu-satunya cara, ada juga menggunakan asam asetat (cuka) relative lebih mudah dan murah, sekarang itu teknologi hybrid capture II system.

Dalam pencegahan kanker, meski menempati peringkat peringkat teratas untuk yang mematikan dari beberapa jenis kanker yang ada, namun merupakan jenis kanker yang telah diketahui penyebabnya. Dengan upaya pencegahan seperti berikut :

-Tidak berhubungan intim denagn ganti-ganti pasangan.

-Jika pasanagn yang sudah aktif (resmi menikah) diupayakan tes pap smear setiap 2 tahun sekali.

-Denagn vaksinasi HPV.

-Memelihara kesehatan tubuh.

Pentingnya vaksinasi :

Pada pertengahan tahun 2006, telah ada vaksinasi HPV tipe 16 dan 18, guna membentengi juga melindungi wanita dari tipe tersebut yang menyebabkan kutil kelamin. Perlu ditekankan, umur 9-26 tahun (yang belum aktif secara seksual), vaksin dapat diberikan dalam jangka waktu tertentu, resiki terkena kanker bias turun hingga 75%.

dr. Maya Tika Sari, mengatakan, dari dulu kasus kanker itu sudah banyak hanya saja tidak terekspose saja. Terutama kanker serviks yang penyakitnya tidak bergejala atau gejala tidak kelihatan.Kanker sudah stadium 4 saja belum tentu terdeteksi.

Penyebabnya seperti keturunan, berpengaruh pola keturunan dan menimbulkan resiko, kemudian pola hidup dan makanan berpengawet, pola pasangan yang sering berganti-ganti pasangan. Kanker serviks itu merupakan penyakit yang ungkapnya malu.

Bantu Share gan agar banyak ya lebih waspada lagi kedepan nya emoticon-Sundulemoticon-Sundulemoticon-Sundulemoticon-Sundul
jangan lupa bantu emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star
Diubah oleh uciiin 10-06-2017 07:32
0
5.2K
34
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.1KThread83.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.