Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

dragon901Avatar border
TS
dragon901
Keren! Besok Malam, Fenomena Minimoon Akan Terlihat
Keren! Besok Malam, Fenomena Minimoon Akan Terlihat


Warga Indonesia besok akan kedatangan fenomena langit, yaitu bulan bulan kerdil atau minimoon. Fenomena langit ini merupakan kebalikan dari fenomena supermoon.

Situs astronomi Earthsky mencatat, pada tanggal 9 Juni besok bulan berada pada jarak 406.401 kilometer. Keadaan saat ini menempatkan bulan berada lebih jauh 50.000 kilometer lebih jauh pada saat fenomena supermoon 25 Mei lalu.

Keren! Besok Malam, Fenomena Minimoon Akan Terlihat


Saat keadaan ini, bulan akan terlihat tujuh persen lebih kecil dibandingkan bulan purnama biasanya. Sementara, bila dibandingkan penampakan bulan saat supermoon, ia jauh lebih kecil 14 persen dibandingkan supermoon.

Pancaran sinarnya juga akan jauh lebih redup walaupun tidak terlalu disadari. Pancarannya cahayanya kan berkurang 15 persen akibat jarak yang lebih jauh.

Fenomena ini terjadi karena orbit bulan mengelilingi bumi berbentuk elips. Dengan orbit tersebut bulan terkadang akan berada jarak yang sangat dekat atau laebih jauh. Ini akan berpengaruh pada ukuran piringannya.

Fenomena ini dapat disaksikan pada pukul 20.10 WIB. Bersamaan dengan kejadian ini Saturnus akan menampakkan bentuknya, namun penampakannya hanya dapat dilihat melalui teleskop karena cahanya yang terlalu redup.


Diubah oleh Kaskus Support 03 13-06-2017 05:38
0
3.4K
30
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.4KThread84.4KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.