Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • Medcom.id
  • Survei: Ada Publik yang Pilih Ahok atau Rizieq Shihab Jadi Presiden

metrotvnews.comAvatar border
TS
MOD
metrotvnews.com
Survei: Ada Publik yang Pilih Ahok atau Rizieq Shihab Jadi Presiden
Survei: Ada Publik yang Pilih Ahok atau Rizieq Shihab Jadi Presiden

Metrotvnews.com, Jakarta: Survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) mencatat, nama Basuki 'Ahok' Tjahaja Purnama (Ahok) dan Rizieq Shihab secara secara spontan dipilih untuk menjadi Presiden RI pada pilpres 2019 mendatang. Data tersebut dikumpulkan dari 1.350 responden yang tersebar di 34 provinsi di Indonesia.


Peneliti SMRC Djayadi Hanan mengatakan, sebanyak 24 responden muncul dengan sendirinya atau spontan (top of mind) menyebut kedua sosok tersebut. Ahok mendapatkan pringkat kelima yaitu dengan persentase 0,9 persen. Ahok berada di bawah Joko Widodo sebesar 34,1 persen, Prabowo Subianto 17,2 persen, Susilo Bambang Yudhoyono 1,9 persen dan Hary Tanoesoedibjo 1,1 persen.


Sementara Rizieq Shihab mendapatkan pringkat ke-16 dengan persentase 0,1 persen. Persentase Rizieq sama dengan sejumlah tokoh lainnya. Yaitu Tri Rismaharini, Muhaimin Iskandar, Ganjar Pranowo, dan Sri Mulyani Indrawati. Kemudian Untung Pramono, Romahurmuziy, Soekarwo, Soeharto (alm), dan Ahmad Heryawan.


Djayadi mengungkapkan, responden cenderung lebih positif melihat sosok Jokowi ketimbang Prabowo secara elektoral. Perbedaan presentasi antara Jokowi dan Prabowo cukup signifikan dengan selisihnya 16,9 persen.


'Tren kekuatan antara keduanya, kurang lebih stabil dalam 6 hingga 9 bulan terakhir. Baik sebelum dan sesudah Pilkada DKI Jakarta pada April 2017,' ujar dia.


Menurut Djayadi, gap antara Jokowi dan Prabowo serupa dengan gap SBY dengan penantang utamanya Megawati pada Pilpres 2009 lalu, yakni sebesar 16,1 persen.


Survei ini memiliki margin of error lebih kurang 2,5 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. Hasil survei ini juga telah melewati tahap quality control. Sebanyak 20 persen responden dari total sampel kembali didatangi oleh supervisor. Hasilnya tidak ditemukan kesalahan berarti.


Djayadi menambahkan, pada Pilkada DKI 2017 banyak muncul spekulasi terjadi perubahan politik nasional di tingkat massa. Bahkan Pilkada ini dipercaya berdampak pada Pilpres 2019. Namun dalam temuan survei, ternyata spekulasi itu tidak terbukti.

Sumber : http://news.metrotvnews.com/politik/...-jadi-presiden

---

Kumpulan Berita Terkait :

- Survei: Ada Publik yang Pilih Ahok atau Rizieq Shihab Jadi Presiden Kepuasan Kinerja Pemerintah Dinilai Kurang, Sekda Kota Bandung: Ini Pecut

- Survei: Ada Publik yang Pilih Ahok atau Rizieq Shihab Jadi Presiden Pemkab tak 'Puaskan Publik', Wakil Bupati: Masyarakat masih Enjoy

- Survei: Ada Publik yang Pilih Ahok atau Rizieq Shihab Jadi Presiden Kinerja Pemkot Sukabumi 'Lebih Memuaskan' Ketimbang Bandung

anasabila
anasabila memberi reputasi
1
1K
1
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Medcom.id
Medcom.idKASKUS Official
23KThread601Anggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.