Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

babebowAvatar border
TS
babebow
4 Masjid di Jakarta yang Dibangun Ahok
 



Masjid merupakan tempat ibadah ummat Muslim. Mumpung lagi bulan Ramadhan, ane ingin membahas empat masjid di Jakarta yang dibangun oleh mantan Gubernur DKI Jakarta, Ahok (Basuki Tjahaja Purnama) selama masih dalam masa jabatan. Siapa tahu bisa jadi referensi kamu untuk beribadah atau sekadar ngabuburit.




1. MASJID RAYA KH HASYIM ASYARI


foto oleh: https://news.detik.com

Ide pembangunan Masjid Raya KH Hasyim Asyari sudah ada sejak Jokowi masih menjadi Gubernur DKI Jakarta dan Ahok menjadi Wakil Gubernur pada tahun 2012 kemarin. Hingga akhirnya pada 15 April 2017 kemarin, Jokowi pun meresmikan pendirian Masjid Raya KH Hasyim Asyari. Awalnya, masjid ini masih bernama Masjid Raya Daan Mogot, soalnya lokasinya memang nggak jauh dari jalan Raya Daan Mogot, tepatnya di jalan Nurul Huda No. 31, Cengkareng Timur, Jakarta Barat.

Masjid yang dibangun di atas lahan seluas 2,4 hektar dengan luas bangunan sebesar 16.985,43 meter persegi ini berlokasi tak jauh dari Jalan Raya Daan Mogot. Dengan luas lahan dan bangunan tersebut, masjid ini bisa menampung sekitar 12.500 ummat. Soal arsitektur, Masjid Raya KH Hasyim Asyari sengaja didesain dengan karakteristik budaya Betawi yang merupakan ciri khas budaya Jakarta.



2. MASJID FATAHILLAH


foto oleh: http://www.cnnindonesia.com/

Masjid Fatahillah berlokasi di Balai Kota, Gambir, Jakarta Pusat. Masjid tersebut dibangun karena Ahok sadar bahwa di Balai Kota tidak ada masjid. Dengan adanya masjid diharapkan agar para PNS tetap beribadah dan ingat kepada Tuhan, sehingga bisa bekerja dengan jujur. Masjid tersebut diresmikan tanggal 29 Januari 2016 oleh Presiden Jokowi.

Bangunan Masjid Fatahillah didominasi warna putih, sehingga membuatnya tampak megah dan agung. Masjid ini terdiri dari dua lantai dengan lantai satu seluas 410 meter persegi dan lantai dua seluas 594 meter persegi. Dengan luas tersebut, Masjid Fatahillah bisa menampung 1.513 ummat.



3. MASJID AL-HIJRAH RUSUN MARUNDA


foto oleh: https://news.detik.com

Pada 17 Januari 2016, Ahok yang ketika itu masih menjadi gubernur meresmikan Masjid Al-Hijrah Rusun Marunda beserta musholanya. Peresmian tersebut ditandai dengan penandatangan prasasti oleh Ahok. Bangunan Masjid Al Hijrah Rusun Marunda terlihat sangat luas dan memiliki dua lantai.

Sayangnya, ketika itu Ahok merasa kurang puas dengan hasil bangunan masjid. Karena, bangunannya bergelombang. Hal ini disebabkan proses penyemenan yang kurang baik. Untuk melengkapi fasilitas masjid, Ahok pun menyarankan agar masjid dipasang AC. Bahkan, ia juga nggak keberatan untuk membiayai pemasangan standing AC.



4. MASJID APUNG MBAH PRIOK


foto oleh: http://news.liputan6.com

Masjid Apung Mbah Priok memang belum selesai dibangun, namun pada bulan Maret 2017 kemarin, sudah dibeberkan mengenai rancangan masjid yang dibangun di kompleks Makam Mbah Priok (Koja, Tanjung Priok). Habib Abdullah bin Abdurahman Alaydrus atau Habib Sting selaku pewaris dan penjaga makam keramat mengungkapkan bahwa masjid akan dibangun di sisi barat makam. Masjid ini juga akan dijadikan cagar budaya.

Nantinya, pintu masuk masjid akan dibuat dari dua arah. Pintu pertama dari sisi barat makan dan satunya lagi dari pintu depan komplek makam. Karena berkonsep masjid apung, jadi masjid hanya dibuat satu lantai, tidak bertingkat. Tujuan dibangunnya Masjid Apung Mbah Priok adalah Habib Sting bisa menjadi berkah dan menolong orang banyak yang membutuhkan. Nggak sabar menunggu masjid diresmikan, ya gan emoticon-Smilie



Semoga masjidnya bermanfaat dan menjadi berkah untuk kita memperbanyak ibadah dibulan Ramadan yang penuh berkah ini. Amin
emoticon-Maaf Agan


Jumpa lagi di thread lainnya
Boleh dong Gan emoticon-Cendol (S)



Sumber
Diubah oleh babebow 08-06-2017 15:00
0
4.1K
35
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.2KThread83.6KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.