Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

p0congkaskusAvatar border
TS
p0congkaskus
6 Rahasia Facebook yang Tidak Anda Ketahui
6 Rahasia Facebook yang Tidak Anda Ketahui



RILIS.ID, Jakarta— Facebook menjadi sosial media terbesar saat ini. Bagaimana tidak, Mark Zuckerberg terus menambah fitur Facebook untuk kenyamanan para penggunanya. Namun, pernahkah Anda berpikir semakin canggih fiturnya semakin pula Facebook mengetahui apa pun mengenai Anda? Berikut 6 rahasia Facebook yang tidak Anda ketahui.

Mengenali Wajah

Kemampuan tag yang dimiliki Facebook bisa men-tag foto, otomatis Facebook bisa mengenali wajah penggunanya dengan menggunakan algoritma khusus. Dengan algoritma tersebut, Facebook membaca dan menyimpan informasi terkait dengan pola wajah alias facial pattern Anda.

Selalu Mengetahui Lokasi Anda

Aplikasi Facebook Messenger ternyata punya programer yang berhasil melacak posisi kita dengan sistem yang dinamakan Marauder's Map. Program itu mirip seperti peta milik Harry Potter di kastil Hogwarts.

Pengguna Facebook Merasa Lebih Buruk

Penelitian yang dilakukan oleh Universitas Yale, Amerika Serikat, orang yang menggunakan medsos berlebihan akan merasakan dampak buruk. Di antaranya seperti menurunnya hubungan tatap muka, peningkatan perilaku berdiam diri dan tergerusnya rasa percaya diri karena perbandingan sosial di lini masa.

Memperkuat Pandangan Pribadi

Permasalahan manusia di zaman modern sebenarnya ialah mereka terbelenggu dengan hal yang disukai. Hal inilah yang dimanfaatkan Facebook agar kita betah berlama-lama di lini masa. Karenanya, mereka selalu menyaring dan menyajikan informasi-informasi apa saja yang disukai oleh setiap pengguna. Hal ini tentunya akan menyempitkan sudut pandang para pengguna. Contohnya soal kecenderungan selera musik, informasi politik, atau hal-hal ideologis lainnya.

Kesepian

Ahli kejiwaan klinis Dr. Sudeepta Varma dari New York University mengatakan pengguna Facebook bisa mengetahui apa yang sedang dilakukan orang lain atau temannya saat itu. Di lain sisi, hal itu dapat membuat orang merasa tersisihkan dari dinamika aktivitas para teman-temannya. Tak heran jika pengguna malah menarik diri dari lingkaran sosial dan merasa semakin kesepian.

Sensor Politik

Meskipun Facebook menyatakan dukungan untuk masyarakat yang bebas dan terbuka, namun mereka melakukan hal sebaliknya. Mereka bahkan telah melakukan sensor terkait suasana politik di beberapa negara. Misalnya pemberangusan laman yang mengumumkan protes di Rusia setelah mendapat perintah dari otoritas di sana. Serta memilah unggahan pengguna di Tiongkok.

sumber : http://rilis.id/6-rahasia-facebook-y...a-ketahui.html
0
2.6K
20
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.1KThread83.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.