Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Mau Pinjam Buku di Perpustakaan Ini? Bayarnya Cukup Pakai Sampah Gan!

EdnaAvatar border
TS
Edna
Mau Pinjam Buku di Perpustakaan Ini? Bayarnya Cukup Pakai Sampah Gan!

Gambar via tribunnews.com

Ketika merapat ke sebuah perpustakaan biasanya kita temukan pemandangan mainsteam yang biasa kita lihat ketika meminjam buku, mulai dari menyerahkan kartu anggota sampai dengan memberikan kartu identitas sebagai jaminan. Pemandangan anti mainstream bakal agan temui di salah satu perpustakaan yang terletak di Desa Kalisidi, Kecamatan Ungaran Barat, Kabupaten Semarang. Perpustakaan ini menjadi salah satu perpustakaan yang jadi perbincangan di sosmed dan banyak dikupas oleh beberapa portal berita akan keunikan yang yang bisa menggugah dan menginspirasi kita semua.

Pinjam Buku Bayarnya Cuma Pake Sampah?
Perpustakaan yang terletak di Kabupaten Semarang ini berdiri di atas ruangan seluas 10 meter persegi bertuliskan Perpustakaan Desa Kalisidi. Sekilas, mungkin perpustakaan ini terlihat biasa-biasa aja gan! Tapi ketika merapat dan mantengin lebih dekat, agan bakal ngelihat betapa uniknya perpustakaan ini dibanding perpustakaan lainnya. Di sini, Perpustakaan ini memungut bayaran bagi setiap warga/anggotanya yang mau meminjam buku. Bayarnya bukan pake duit yah gan, tetapi bayarnya pakai sampah plastik plastik bekas air minum kemasan, barulah warga diperbolehkan meminjam buku dari perpustakaan :emoticon2thumbup.

Gambar via tribunnews.com

Gambar via kompas.com

Menurut Farah Awwalia Cendana selaku Kepala Desa Kalisidi, “Perpustakaan desa ini sudah ada sejak tahun 2009 lalu, kemudian mati suri. Tahun 2012, kami mendapat bantuan buku dari Pemerintah Provinsi dan akhirnya kami berusaha untuk mengaktifkan kembali perpustakaan ini". Salah satunya dengan mengajak para pelajar sekitar untuk kembali mengaktifkan perpustakaan dan meningkatkan minat baca warga.

Punya 3.000 Koleksi Buku

Gambar Via Tribunejateng.com
Jangan Salah gan, meskipun terlihat kecil bangunannya tetapi ternyata perpustakaan ini punya memiliki koleksi 3.000-an buku, para pelajar atau warga sekitar bisa meminjam buku cuma dengan membawa sampah plastik. Buat agan yang pingin merapat ke TKP, perpustakaan ini buka setiap hari dari jam 13.00 – 15.00 WIB. Meskipun memiliki koleksi buku yang kebanyakan hibah dari pihak lain, sudah tentu perpustakaan sederhana ini jadi jendela ilmu pengetahuan bagi anak-anak dan warga sekitarnya.

Tertarik Untuk Nambahin Koleksi Buku Perpustakaan di Indonesia?

Inilah salah satu cara untuk mendukung dengan memperbanyak koleksi buku perpustakaan-perpustakaan di Indonesia, yaitu dengan ikutan berdonasi melalui Gerakan #BukuUntukIndonesia. Gerakan yang dipersembahkan oleh BCA ini, akan membagikan ribuan buku gratis ke sejumlah perpustakaan sekolah negeri yang membutuhkan di wilayah Indonesia.
Transaksi donasi yang bekerjasama dengan Blibli.com, akan memudahkan Agan memberikan donasi. Agan bisa berpartisipasi dengan pilihan paket donasi mulai dari Rp 100.000 – Rp 1.000.000,-. Bagi Agan yang sudah berdonasi, bakalan dapetin kaus apresiasi BCA yang bakal dikirim ke alamat agan masing-masing.
Yuk Gan, dukung gerakan #BukuUntukIndonesia! Dengan makin banyak buku bisa jadi jendela ilmu pengetahuan dan meningkatkan minat baca anak-anak Indonesia. Atau agan bisa share artikel ini agar teman-teman agan bisa ikutan jadi bagian #BukuUntukIndonesia.

Sumber : kompas.com | tribunnews.com
Diubah oleh Kaskus Sport 14-06-2017 10:04
0
18.1K
135
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.1KThread83.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.