Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

vestyndra1Avatar border
TS
vestyndra1
Ga Semua Cewek Perokok Itu Cewek Ga Bener
sebelumnya mohon maap nih mimin momod hansip agan aganwati , kalo misal thread ini salah kamar .. jangan di banned .. kasi tau ane aja cocoknya nih thread ngamar di mana .. ane sendiri bingung klasifikasiin nyaaa ... capedeh




Sedikit Mencoba Mendobrak Mindset Masyarakat Umum yang Suka Mikir Macem2 Kalo Liat Cewek Ngerokok
Juga Sedikit Mencoba Menyuarakan Kaum Minoritas Para Cewek Perokok

thread ini murni opini ane, dari sudut pandang ane, dan apa yang ane yakini. Jangan ada rusuh di antara kita, gan. Jangan dulu menjudge, apalagi pake pendekatan agama, inget.. menilai dosa tidak nya manusia itu adalah hak veto Tuhan, bukan manusia ..

Tentang Esensi Merokok itu Sendiri

Merokok ato tidak itu adalah pilihan. Sama halnya dengan pilihan2 lainnya dalam kehidupan. Jika kamu hidup, maka kamu pasti bertemu pilihan setiap waktunya. Dan smua pilihan pasti ada untung ruginya, baik buruknya, dan positip negatipnya.

sama halnya dengan merokok

Ane setuju kalo ngerokok itu merugikan. Diri sendiri dan bisa juga orang lain. Kerugian ini juga ada porsinya. Kalo ngerokok sendirian tanpa ada orang ato anak kecil dsekitarnya ya porsinya rokok itu hanya merugikan diri si smoker itu sendiri. Udah banyak teori kesehatan yang membuktikan fakta ini. Jadi ane males bahasnya. Kita semua udah tau sama tau kan tentang efek rokok buat kesehatan si smoker aktif?

Yang mau ane ungkapkan disini itu ngerokok dari sudut pandang si perokok.

Smua smoker pasti udah tau negatifnya ngerokok. Dimana2 udah ada notice bahaya merokok, apalagi sampe di bungkus rokok itu sendiri ada tagline abadi : merokok membunuhmu
Tapi kenapa masiiih aja ada perokok di dunia ini? Skali lagi kita balik ke satu alasan klise di atas : merokok itu pilihan.

Perokok memilih untuk menyalakan rokoknya meski tau itu ga baek buat dia. Tapi ini pilihannya. Entah itu merugikan dia ato ga, dia udah menjatuhkan pilihannya. Dan selama ga ada manusia lain yang dia rugikan, apa salahnya kalau kita menghargai mereka dan pilihannya itu ?

Kadang ane mikir, mana yang katanya keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia.. rakyat inddonesia tdiri dari laki2 dan perempuan. Tapi dalam konteks merokok, keadilan itu nihil.

Ada cowok ngopi di warung kopi nyalain rokoknya. Orang2 pada cuek.
Ada cewek abis makan di warung nyalain rokok, beuuuuh pembeli laen sampe yang punya warung curi2 pandang sampe terang2an melototin si cewek.
Kadang ane sebagai cewek iri .. omongkosong sama yang namanya kesetaraan gender.

Memang sih. Kebanyakan cewek merokok itu cewek yang emang sedikit menyimpang, entah attitudenya atau profesinya. Purel, LC, pere*, dan sejenisnya mayoritas merokok. Tapi ya ga semua cewek yang ngerokok itu profesinya purel, LC, dan bisa 'dipake'. Ga semua cewek perokok itu cewek yang ga bener. Jangan dipukul rata.

Semua manusia pasti pernah ngelakuin kesalahan dan pasti ada beberapa yang pernah mengalami masa-masa yang 'salahjalan'. Ada segelintir yang 'salah jalan' itu mulai menyadari kesalahannya, dan berproses untuk merubahnya ke jalan yang baek. Dan itu semua emang butuh proses kan. Gabisa langsung instan. Begitupun dengan cewek yang ngerokok.

ane punya sedikit contoh nyata nih
Ada seorang cewek. Di usianya yang masih labil, dia masuk ke lingkaran pergaulan yang relatif 'salah' (relatif looh .. relatiiifff). Mabok ngedrugs, nge-punk, dan ngerokok.
Lalu dia sampe di satu titik dimana dia menyadari kalo dia 'salahjalan' dan dia mulai berkomitmen buat ngerubah itu semua sebelum terlambat. Berhenti mabok, berhenti ngedrugs. Dia mampu melaluinya. Alhamdulillah. Fortunately, dia belon sampe di taraf kecanduan ngedrugs dan mabok.

Tapi unfortunately, dia sudah terlanjur addict sama rokok. Addictnya ga cuma sebatas fisik, tapi juga sampai ke psikologis. Kalo ga ngerokok, dia ga cuma ngerasain gaenak, pusing, dan efek ke fisik yang lain, tapi juga bad mood, uring2an dan gelisah kalo sehariii aja ga ngerokok.

Merokok yang awalnya cuman buat gegayaan buat dia malah jadi bumerang yang bikin dia addict sama rokok.

Ketika dia bertransformasi menjadi perempuan yang lebih baik lagi, dia masih belum mampu optimal berhenti merokok. Sekali lagi, gaes.. beberapa transformasi butuh proses yang bisa jadi butuh waktu sedikit lebih lama sebelum bener2 jadi perubahan yang sempurna.

Perempuan ini masih dalam tahap berjuang untuk berhenti merokok. Tapi ya ga bisa instan. Sekejap berhasil berhenti. Udah kadung addict.

Perempuan ini bisa sedikit demi sedikit mengurangi konsumsi nikotinnya. Tapi kok masih aja merokok?? Yang penting kan kualitasnya, bukan kuantitasnya ..

Kalo ga ngerokok samasekali, bisa ngaruh ke fisik en psikologisnya. Itu alasan dia knapa masih aja merokok walaupun jumlahnya udah menurun daripada yang dia konsumsi sebelumnya.
Dari rokok juga dia bisa nemuin inspirasi dan ketenangan. Setidaknya itu bagi dia. Dia juga menyadari efek rokok buat kesehatan orang lain. Dan dia mengambil resiko pilihannya ini cukup buat dirinya sendiri dengan ga merokok di tempat umum, di sekitar anak kecil, maupun di sebelah non-perokok.

Jadi sekali lagi, kenapa kita ga menghargai pilihannya ?

Karena ada alasan kenapa dia mengambil pilihan itu.

Tanpa kita tau alasannya kita udah keburu melabeli dia dg label2 yang 'minus'' padahal dia belum tentu 'minus'.

Itu udah jadi sifat alami manusia : menjudge melalui covernya tanpa mau bersusah payah menyelami konten nya ..

Quote:





Ada beberapa komen yang aduhai sip markosip menurut emak.
Bukannya komen yang laen kaga keren lhoo .. tapi komen2 yang ini udah mewakili keragaman pendapat yang nemplok dimari .. beserta segala kontroversi nya.

Spoiler for emak angkat jempol tinggi-tinggi:


emoticon-Nyepi emoticon-2 Jempol emoticon-Nyepi emoticon-2 Jempol
Diubah oleh vestyndra1 06-06-2017 02:52
0
14.6K
107
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Heart to Heart
Heart to HeartKASKUS Official
21.8KThread27.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.