davis166Avatar border
TS
davis166
Mencicipi Soto Lamongan Pertama di Bogor


Siapa yang nggak suka soto? Soto di Indonesia emang banyak banget macamnya. Adanya soto Betawi, soto Padang, soto Lamongan dan banyak lagi.
emoticon-Toast

Soto Lamongan ini khas dari Lamongan, Jawa Timur. Yang ngebedain dari soto khas daerah lainnya adalah soto ini menggunakan taburan koya. Buat agan yang belum tau koya, koya itu adalah taburan yang terbuat dari kerupuk udang, udang dan bawang goreng yang dihaluskan. Ciri khasnya lagi, warna kuahnya kuning karena banyak ditambah aneka rempah di dalamnya dan rasanya gurih, segar serta sedikit asam.



Warung Soto Lamongan udah banyak banget di seluruh Jabodetabek. Tapi buat agan yang tinggal di Bogor, ada soto Lamongan pertama yang udah ada sejak tahun 1999. Namanya Soto Lamongan Goyang Lidah, yang berada di Jalan Sudirman, tenda panjangnya ada di antara halaman Bogor Permai dan Ruko Jenderal Sudirman.

Cerita awalnya...

Menurut penjual, perjuangannya dulu bersama sang bapak untuk mengenalkan soto lamongan di Bogor agak sulit. Banyak yang belum kenal soto Lamongan dan bahkan nggak tau Lamongan itu dimana. Dari yang awalnya mendapat laba kotor Rp 90ribu per hari di tahun pertama jualan, lama-lama usahanya membuahkan hasil.



Ayam suwir yang digunakan untuk isian soto Lamongan berbeda dengan ayam biasanya. Warung ini menggunakan daging ayam merah dan ayam bangkok yang teksturnya mirip kayak ayam kampung. Bedanya lagi, soto Lamongan di sini justru nggak pakai koya. Menurutnya, adanya koya justru mengganggu rasa aslinya. Tapi penggantinya dia menggunakan bumbu racikan sendiri, yakni gilingan udang segar dan mentega saat memasak bumbu.



Dalam sehari, soto Lamongan Goyang Lidah yang sudah punya beberapa cabang ini bisa menghabiskan sekitar 20-25 ayam. Saking rasanya yang enak, warung ini pun nggak pernah sepi pembeli.

Jadi, buat warga Bogor yang masih bingung mau buka puasa pake apa, bisa banget nih coba Soto Lamongan Goyang Lidah!
emoticon-Malu

Sumur
0
29.1K
222
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Cooking & Resto Guide
Cooking & Resto GuideKASKUS Official
8.8KThread12.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.