• Beranda
  • ...
  • Health
  • 5 Hal Ini Dijamin Bakal Bikin Ente Rajin Sepedah-an

godok.indonesiaAvatar border
TS
MOD
godok.indonesia
5 Hal Ini Dijamin Bakal Bikin Ente Rajin Sepedah-an


Buat ente yang bekerja di ibukota, bergelut dengan kemacetan di jam-jam berangkat dan pulang kantor sudah jadi hal yang lumrah. Karenanya, banyak orang yang kemudian memilih untuk mengendarai sepeda motor sebagai solusi menghindari macet. Benarkah langkah tersebut? Tidak! Karena baik motor maupun mobil tetap menghasilkan polusi udara.

Berangkat dari isu lingkungan inilah, muncul beberapa kelompok bike to work alias mereka yang memilih untuk bersepeda ke kampus atau tempat kerja. Tertarik untuk mencoba? Agar lebih yakin, berikut beberapa manfaat bersepeda yang harus ente ketahui:

1. Menjaga kesehatan jantung



Ya! Bersepeda memang sangat erat kaitannya dengan kesehatan pembuluh jantung karena dapat menurunkan risiko penyakit jantung koroner. Sebuah studi di Purdue University, Amerika Serikat, menyimpulkan bahwa seseorang yang bersepeda setidaknya 32 kilometer setiap minggunya memiliki risiko terkena penyakit jantung yang rendah. Hebat, bukan?

2. Membuat hidup lebih bahagia



Ente sering susah tidur di malam hari, alias menderita insomnia? Jika ya, maka bersepeda bisa jadi solusi yang harus segera dicoba. Untuk langkah awal, cobalah bersepeda 20-30 menit setiap harinya karena menurut studi dari Stanford University, bersepeda terbukti dapat membuat tubuh lebih rileks di malam hari. Hasilnya, ente pun akan lebih mudah terlelap.

Selain itu, dengan bersepeda di pagi hari, ente juga bakal lebih banyak terpapar sinar matahari yang bermanfaat untuk merangsang produksi hormon serotonin. Tahu nggak kalau hormon serotonin berfungsi untuk mengontrol mood? Jadi, dengan bersepeda,ente secara nggak langsung telah membangun mood positif dalam diri.

3. Meningkatkan kualitas family time



Dengan bersepeda ke kantor, ente telah membiasakan diri untuk berolahraga setiap hari. Nah, hal inilah yang membuat ente nggak perlu lagi berolahraga lagi di akhir pekan. Jadi, waktu yang ada bisa digunakan untuk berkumpul bersama keluarga atau sanak saudara.

4. Mengurangi pengeluaran



Coba hitung! Berapa banyak uang yang harus dikeluarkan setiap bulannya untuk mengisi bahan bakar kendaraan? Tentunya tidak sedikit, sebab kini harga BBM non-subsidi ikut melambung tinggi seiring naiknya harga minyak dunia. Dengan bersepeda, ente nggak perlu lagi membeli bahan bakar setiap hari. Alhasil, uang pendapatan pun bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan pokok yang lain. Tertarik?

5. Ramah lingkungan



Terakhir, alasan mengapa ente harus mulai rajin ‘menggowes’ adalah untuk menjaga kelestarian lingkungan. Meskipun terlihat sepele, namun langkah ini terbukti dapat mengurangi tingkat polusi. Pada tahun 2009 lalu saja, Badan Pengendalian Lingkungan Daerah DKI Jakarta melaporkan bahwa kegiatan Car Free Day di akhir pekan berhasil mengurangi polusi udara sekitar 75%.

Itu tadi beberapa manfaat bersepeda yang terbukti bukan hanya baik bagi ente doang, tapi juga untuk lingkungan sekitar. Selamat bersepeda!



emoticon-Toastemoticon-Toast emoticon-Toast


Nah,jika Anda butuh informasi kesehatan lainnya, yuk langsung cek TKP! emoticon-Ngacir2

Jangan lupa buat didownload aplikasinya juga, ya! Karena Anda bisa langsung berkonsultasi tentang kesehatan diri dan keluarga dengan dokter Go Dok, yang tidak hanya ramah, tapi juga informatif dan membantu!

:welcome :welcome


Spoiler for Artikel maknyusss:
Diubah oleh godok.indonesia 31-05-2017 09:43
0
31.3K
246
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Health
HealthKASKUS Official
24.6KThread10KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.