fulbrightAvatar border
TS
fulbright
Demo 5G Telkomsel Tembus 70 Gbps
Jakarta - Telkomsel melakukan live demo teknologi 5G pertama di Indonesia. Hasilnya, live demo yang dilakukan bersama Huawei ini tembus 70 Gbps.

"Di sini Telkomsel ingin menunjukkan bahwa Telkomsel selalu terdepan dalam bidang teknologi mobile. Ini live demo yang betul-betul 5G karena berdasarkan standar 5G adalah kecepatan mobile di atas 20 Gbps dan kami mencapai 70 Gbps," klaim Vice President Next Generation Network Telkomsel, Ivan C. Permana di Telkomsel Smart Office, Jakarta, Senin (29/5/2017).

Dengan menggelar demo ini, Telkomsel menyatakan jadi operator pertama di Indonesia yang menerapkan true eMBB pada teknologi 5G berkecepatan 70 Gbps melebihi spesifikasi teknis kecepatan minimal teknologi 5G berdasarkan IMT-2020, yang sebesar 20 Gbps. Fitur teknologi 5G ini dipercaya mampu menghasilkan layanan wireless sekelas serat optik untuk berbagai layanan baru.

Standarisasi teknologi 5G didesain melayani tiga karakteristik ekstrem layanan seluler, yaitu Enhanced Mobile Broadband (eMBB), Massive Machine Type Communications (mMTC), dan Ultra-reliable and Low Latency Communications (uRLLC). Sementara live demo kali ini berfokus pada karakteristik eMBB dengan menggunakan spektrum frekuensi 70 GHz.

Tiga karakteristik ekstrem layanan seluler mampu menyediakan beragam layanan yang jadi kebutuhan masa depan. Contoh layanan dari karakteristik eMBB antara lain connected cloud computing, collaborative interactive education, immersive virtual reality, collaborative immerse gaming, dan always connected augmented reality.

Kemudian Smart city, smart utilities, smart agriculture, smart energy, fleet management, dan bike sharing adalah contoh layanan yang diwadahi mMTC. Sementara contoh layanan yang dihasilkan uRLLC di antaranya autonomous driving, connected vehicles (V2X), drone delivery, dan industrial robotic automation (industry 4.0).

Sebelumnya Telkomsel bersama Huawei melakukan uji coba teknologi 3rd Generation Partnership Project (3GPP), Massive Internet of Things (IoT), dan teknologi Frequency Division Duplexing (FDD) Massive Multiple-Input and Multiple-Output (MIMO).

Uji coba tersebut dikatakan Telkomsel adalah upaya mengakselerasi terbentuknya ekosistem IoT, sekaligus menandai dimulainya persiapan menuju penerapan 5G di Indonesia.

"Telkomsel selalu berkomitmen jadi yang terdepan dalam teknologi dan inovasi untuk dapat selalu menyediakan layanan terbaik bagi pelanggan dan membawa manfaat besar bagi bangsa Indonesia," tuturnya.

https://m.detik.com/inet/telecommunication/d-3514470/demo-5g-telkomsel-tembus-70-gbps

telkomsel selalu terdepan emoticon-Kiss
0
22.4K
300
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670KThread40.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.