• Beranda
  • ...
  • Movies
  • 7 Film Ini Memuat Kritikan Terhadap Era Globalisasi

yukepodotcomAvatar border
TS
yukepodotcom
7 Film Ini Memuat Kritikan Terhadap Era Globalisasi
WELCOME TO YUKEPO OFFICIAL THREAD
emoticon-Toastemoticon-Toast emoticon-Toast



Film memang seringkali memuat berbagai kritikan terhadap situasi tertentu yang melingkupi kehidupan manusia. Berhubung pada umumnya film dibuat untuk dilempar kepada masyarakat sebagai konsumen, situasi sosial pun seringkali menjadi sasaran kritik dari para sineas yang mawas terhadap perubahan-perubahan yang terjadi di masyarakat.

Pesatnya perkembangan teknologi, berimbas juga kepada meluasnya jaringan komunikasi di berbagai belahan dunia. Perkembangan komunikasi ini lah yang pada akhirnya memungkinkan adanya persebaran nilai-nilai dalam ruang lingkup global. Bahkan, sebelum adanya perkembangan teknologi seperti misalnya telepon, adanya kolonialisasi pun memungkinkan persebaran ini untuk terjadi dan tidak dapat dipungkiri lagi, terutama bagi negara-negara berkembang yang sempat atau masih menjadi jajahan negara-negara kolonial.

Meskipun kemungkinannya yang akan menjadi pihak yang (katakanlah) “terseok-seok” oleh globalisasi adalah negara-negara dunia ketiga, pada kenyataannya negara dunia pertama pun masih merasakan dampak keterasingan dari globalisasi yang di satu sisi memiliki kemampuan untuk mencerabuti para masyarakatnya dari sejarah yang membentuk identitas mereka.

Film-film di bawah ini menjadi bukti bahwa ada usaha untuk mencermati globalisasi ini dari berbagai perspektif. Daripada nunggu lebih lama, langsung aja yuk, kita kepoin daftar judul film di bawah ini!

Spoiler for Cyberbully (2015):


Spoiler for Paris, I Love You (2006):


Spoiler for The True Cost (2015):


Spoiler for Cloud Atlas (2012):


Spoiler for Fast Food Nation (2006):


Spoiler for Trash (2014):


Spoiler for Toni Erdmann (2016):


Film memang merupakan salah satu produk yang sangat populer di kalangan masyarakat. Hal itu wajar saja jika kita mengingat bahwa peradaban saat ini adalah peradaban nirteks yang cenderung lebih mengapresiasi produk visual ketimbang tulisan. Dalam rangka globalisasi, film-film di atas merupakan film yang dengan sangat cermat dapat menyoroti bagaimana globalisasi itu mempengaruhi kehidupan masyarakat dan individu yang terlibat di dalamnya.

Sumber: YuKepo

Rate, Comment and Cendol are Appreciated
emoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Indonesia
0
50.3K
237
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Movies
Movies
19.9KThread17.7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.