- Beranda
- Young on Top KASKUS Community (YOTKC)
Berkembang dalam Keterbatasan dengan Growth Hacking
...
![yotkc](https://s.kaskus.id/user/avatar/2013/04/04/avatar5339926_5.gif)
![Avatar border](https://s.kaskus.id/images/avatarborder/1.gif)
TS
yotkc
Berkembang dalam Keterbatasan dengan Growth Hacking
ORIGINAL POST BY YOUNG ON TOP - youngontop.com
----------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Mengembangkan jumlah pengguna atau pemasukan dengan pesat dalam waktu yang singkat adalah tantangan yang sering kali dihadapi oleh beragam startup saat ini. Tidak jarang, startup memasang target yang cukup tinggi dan harus dicapai dalam waktu singkat. Tapi, bagaimana caranya? Untuk itulah growth hacking diperlukan.
“Growth hacking adalah bagaimana melakukan akuisisi user dengan efektif dan efesien dalam berbagai keterbatasan, termasuk keterbatasan dana.
Ada beberapa hal yang perlu diketahui mengenai growth hacking yaitu:
Inovasi dalam keterbatasan
![Berkembang dalam Keterbatasan dengan Growth Hacking](https://s.kaskus.id/images/2017/05/31/5339926_20170531020112.jpg)
Selain pemasaran, hal-hal teknis lain seperti membangun engagement, membuat aplikasi berjalan dengan baik, juga termasuk bagian growth hacking.
Startup biasanya memiliki berbagai keterbatasan dalam segi dana, waktu, maupun sumber daya manusia. Memikirkan pemasaran dan hal teknis bisa menjadi cukup berat. Tidak jarang, hal tersebut membuat startup takut berkompetisi, apalagi dengan startup lain yang sudah lebih besar.
Padahal keterbatasan justru menjadi salah satu faktor pendorong terciptanya inovasi.
Setiap startup yang mengaplikasikan growth hacking memiliki pola yang berhasil. Perhatikan apa yang mereka lakukan, pelajari dan aplikasikan apakah motode tersebut cocok untuk startup agan.
Jangan ketinggalan zaman
![Berkembang dalam Keterbatasan dengan Growth Hacking](https://s.kaskus.id/images/2017/05/31/5339926_20170531022830.jpg)
Kalau strategi, cara dan tool yang agan gunakan masih sama saja dengan lima tahun yang lalu, mungkin sudah saatnya kamu perlu mengevaluasi proses tersebut.
Ciptakan pasar terbatas
![Berkembang dalam Keterbatasan dengan Growth Hacking](https://s.kaskus.id/images/2017/05/31/5339926_20170531023502.jpg)
Uber pada mulanya hanya fokus melayani area San Fransisco. Facebook memulai jaringannya hanya terbatas untuk mahasiswa Harvard saja, baru kemudian mulai merambah ke kampus-kampus lainnya.
Keduanya sama-sama mulai dari area yang terbatas. Ternyata, dengan cara tersebut, mereka bisa mendapatkan aktivitas dan volume pasar yang sangat besar.
Dengan membatasi jangkauan pasar, agan juga bisa melakukan riset dan mempelajari bagaimana respons orang terhadap produk atau layanan yang agan tawarkan. Secara tidak langsung, agan juga membangun loyalitas pengguna terhadap produk kamu.
“Tidak perlu satu juta orang yang hanya menyukai (produk) agan. Tapi, agan buat ratusan orang benar-benar mencintai produk agan dan bersedia memberikan masukan positif tentang produk agan.
Buat produk menjual dirinya sendiri
![Berkembang dalam Keterbatasan dengan Growth Hacking](https://s.kaskus.id/images/2017/05/31/5339926_20170531024635.jpg)
Growth hacking tidak selamanya tentang distribusi pasar atau produk. Tapi, bagaimana caranya membuat sebuah produk dapat mendistribusikan dirinya sendiri.
Dropbox dalam layanannya menawarkan kuota penyimpanan ekstra apabila kita mengajak orang lain untuk menggunakan Dropbox. Pengguna baru juga bisa mendapatkan kuota penyimpanan ekstra tersebut secara gratis.
Cara tersebut ternyata cukup sederhana tapi efektif. Dalam kurun waktu lima belas bulan, Dropbox yang awalnya hanya memiliki 100.000 pengguna mengalami peningkatan sebesar empat puluh kali lipat, menjadi sekitar 4 juta pengguna.
Contoh lainnya, Kitabisa.com layanan penggalang dana dan donasi secara online mengajak visitor website untuk share link kampanye di kitabisa.com ke facebook mereka karena berdasarkan data 70% pendonor berasal dari link yang anda sebar di media social.
![Berkembang dalam Keterbatasan dengan Growth Hacking](https://s.kaskus.id/images/2017/05/31/5339926_20170531013725.png)
Mau belajar lebih mengenai Growth Hack Marketing?
Yuk daftar Connext Online Mentoring bersama Vikra Ijas (CMO Kitabisa.com)
Hanya Rp 60,000 untuk 48 Kelas Online selama 1 Tahun
![Berkembang dalam Keterbatasan dengan Growth Hacking](https://s.kaskus.id/images/2017/05/31/5339926_20170531030902.jpg)
BONUS: 16 Video Connext Mentoring Sebelumnya
![Berkembang dalam Keterbatasan dengan Growth Hacking](https://s.kaskus.id/images/2017/05/31/5339926_20170531031205.png)
![Berkembang dalam Keterbatasan dengan Growth Hacking](https://s.kaskus.id/images/2017/05/31/5339926_20170531031205.png)
Diubah oleh yotkc 06-04-2020 04:00
0
22.6K
84
![Guest](https://s.kaskus.id/user/avatar/default.png)
![Avatar border](https://s.kaskus.id/images/avatarborder/1.gif)
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
![Young on Top KASKUS Community (YOTKC)](https://s.kaskus.id/r200x200/ficon/image-544.png)
Young on Top KASKUS Community (YOTKC)![KASKUS Official KASKUS Official](https://s.kaskus.id/kaskus-next/next-assets/images/icon-official-badge.svg)
1.7KThread•854Anggota
Urutkan
Terlama
![Guest](https://s.kaskus.id/user/avatar/default.png)
![Avatar border](https://s.kaskus.id/images/avatarborder/1.gif)
Komentar yang asik ya