BeritagarIDAvatar border
TS
MOD
BeritagarID
Cermatilah makanan dan minuman Ramadan

CERMAT | Jangan asal tertarik lalu langsung beli. Makanan dan minuman yang dijual belum tentu layak konsumsi.
Tentang dagangan takjil untuk berbuka puasa, Wali Kota Palu, Sulawesi Tengah, Hidayat, berkata, "Jangan ditentukan harinya, sehingga tidak ada celah bagi pedagang untuk bermain..."

Lanjutan kalimat Pak Wali, "... atau menyediakan makanan dan minuman yang betul-betul bersih pada saat nanti datang diperiksa." Ia berbicara tentang kelayakan hidangan untuk dikonsumsi (Republika.co.id,29/5/2017)

Kelayakan konsumsi makanan dan minuman harus berlaku segala waktu. Jika menyangkut penganan puasa, yang tak semuanya merupakan produk pabrik terdaftar, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) pun harus tegas.

Di Sumatra Selatan, Gubernur Alex Noerdin meminta BPOM mengawasi bahan pangan oplosan. Misalnya bawang goreng asal Tiongkok yang dicampuri kulit ubi kayu. Begitu pula merica dicampuri beras aking (Sripoku.com, 29/5/2017).

Dalam siaran pers BPOM yang Redaksi terima pekan lalu, terceritakan bahwa BPOM sudah mengantisipasi kelayakan makanan sejak sebelum Ramadan.

Di sejumlah daerah, BPOM mengingatkan konsumen agar lebih cermat. Misalnya, di Jawa Tengah, Kepala Bidang Pemeriksaan dan Penyidikan BPOM Semarang, Zeta Rina, mengingatkan, "Keutuhan kemasan mutlak diperhatikan. Jangan membeli produk yang penyok, berkarat, atau bekas gigitan tikus." (Tribunjateng.com, 28/5/2017)

Selain hidangan Ramadan, kosmestik tetap diawasi BPOM. Memang di Tanjungbalai Karimun, Riau, muncul keluhan dari pedagang yang terazia. Mereka merasa petugas tak adil.

Ajo, seorang pedagang kosmetik, mengatakan, "Yang dirazia cuma pedagang kecil ini saja. Pedagang besar tidak. Bahkan ada toko di kawasan Balai (Tanjungbalai) yang terang-terangan memajang kosmetik-kosmetik yang kemarin BPOM sita dari kami..." (Batam.Tribunnews.com, 28/5/2017)



Sumber : https://beritagar.id/artikel/infogra...inuman-ramadan

---

Baca juga dari kategori INFOGRAFIK :

- Lansia hidup dari anak dan menantu

- Mudik gratis untuk motor, penunggangnya belum tentu

- Penggerebekan pesta lalu pemaparan tangkapan telanjang

anasabila
tien212700
tien212700 dan anasabila memberi reputasi
2
22.4K
107
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Beritagar.id
Beritagar.idKASKUS Official
13.4KThread730Anggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.