davis166Avatar border
TS
davis166
Wacana Pengurangan Pasukan Oranye, Apa Dampaknya?


Belakangan beredar kabar bahwa pada era gubernur DKI Jakarta yang akan datang, ada rencana mengenai pengurangan pasukan oranye. Wacana ini muncul karena pertimbangan pasangan gubernur-wakil gubernur terpilih DKI Anies Baswedan-Sandiaga Uno ingin masyarakat mengelola sampah secara mandiri.

Hal tersebut disampaikan oleh Asisten Pembangunan dan Lingkungan Hidup Sekda DKI Jakarta Gamal Sinurat. Gamal mengatakan pengelolaan sampah lingkungan akan dilakukan masyarakat sendiri. Katanya sih Pasukan Oranye gak perlu sebanyak sekarang.

Kira-kira kalau memang jadi dikurangi, bagaimanakah dampaknya?

1. Lapangan Pekerjaan berkurang



Pengurangan pasukan oranye tentu mengurangi jumlah pegawai di mana akan ada petugas yang di-PHK Gan. Padahal pekerjaan ini sudah menjadi salah satu pilihan pekerjaan yang diidamkan warga, karena selain mendapat gaji yang cukup juga mendapatkan perlindungan kesehatan. Tak lagi para petugas kebersihan itu merasa hidupnya luntang lantung karena pasukan oranye diberikan penghasilan tetap.

2. Sampah terabaikan



Karena kesejahteraan mereka terpenuhi, pasukan oranye juga bekerja dengan lebih semangat. Hal ini pun sudah kita rasakan bersama dampaknya, di mana mereka dengan sigap membersihkan sampah di lingkungan umum DKI Jakarta. Kalau pasukan oranye dikurangi, mungkin kecepatan pembersihan sampah akan menurun.

3. Sumbatan berakibat banjir



Beberapa kali kita melihat aksi pasukan oranye dalam bergerak cepat menangani sumbatan banjir. Belum tentu semua orang mau melakukan hal ini Gan, mereka menyelam di selokan kotor demi saluran air bisa mengalir dengan lancar. Kalau pasukan oranye dikurangi, bisa jadi sumbatan sumbatan ini tidak bisa lebih cepat tertangani.

Ane pun pernah menyaksikan langsung aksi pasukan oranye. Saat itu ane lewat di pinggir jalan rasuna said sehabis hujan dan ada genangan air setinggi mata kaki. Pasukan oranye ada di sana membersihkan genangan itu, tak lama genangan air pun surut.

Kalau udah gini, berasa banget kan jasa pasukan oranye? Makanya gan, hormati pekerjaan mereka dengan tidak buang sampah sembarangan. Maksud Anies-Sandi untuk mengurangi pasukan oranye mungkin tujuannya buat kemandirian kita, tapi ane rasa gak perlu dikurangi deh, karena kemandirian itu datangnya dari diri sendiri. Gimana menurut Agan setuju kah dengan wacana pengurangan ini?
Polling
Poll ini sudah ditutup. - 231 suara
Apakah Agan setuju dengan pengurangan pasukan oranye?
Setuju
6%
Tidak Setuju
88%
Bingung Harus Gimana
6%
0
34.5K
359
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.