Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

tribunnews.comAvatar border
TS
MOD
tribunnews.com
Lion Air Siapkan Sanksi untuk Pilot yang Bawa Keluarga ke Kokpit
Lion Air Siapkan Sanksi untuk Pilot yang Bawa Keluarga ke Kokpit


TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Manajemen Maskapai Lion Air mengambil langkah cepat dengan memberikan sanksi kepada pilot Lion Air yang membawa anggota keluarga ke dalam kokpit pesawat, dengan nomor penerbangan JT015, rute Denpasar menuju Jakarta, Selasa (23/5/2017) lalu.

Kejadian tersebut pertama kali diketahui oleh salah satu penumpang pesawat yaitu, Citra Rienanti. Citra mengunggah kejadian tersebut ke akun laman media sosialnya, Facebook dengan nama akun Citra Rienanti.

Baca: Lion Air Siap investigasi Insiden Pilot Bawa Keluarga ke Kokpit

Public Relations Manager Lion Air, Andy M Saladin, mengatakan Lion Air langsung melakukan investigasi begitu mendengar adanya kabar yang sempat viral di media sosial tersebut. Hasilnya, Pilot yang bersangkutan akan dikenakan sanksi.

"Sanksi dapat berupa penurunan bar dari Capt menjadi First Officer atau tidak diberikan terbang atau grounded dalam jangka waktu tertentu," kata Andy.

Andy mengatakan, untuk mencegah hal serupa, Lion juga tidak henti-hentinya melakukan sosialisasi kepada para Pilot Lion mengenai peraturan perusahaan dan juga mengenai keselamatan dan kenyamanan penerbangan untuk menghindari terulangnya kejadian seperti ini lagi.

"Kami juga akan segera berkoordinasi dengan Kementerian Perhubungan untuk melaporkan sanksi yang diberikan," ujarnya.

Andy juga mengatakan Lion Air telah menghubungi penumpang yang bersangkutan dan telah meminta maaf atas ketidaknyamanan yang dialami sekaligus berterima kasih atas laporan yang diberikan.

Seperti diketahui, Peraturan Keselamatan Penerbangan Sipil Indonesia memperbolehkan selain kru pesawat untuk menempati jumpseat jika ada tiga izin yaitu, Ditjen Perhubungan Udara Kemenhub, dari Company (perusahaan maskapai), dan Pilot in Command (pilot yang bertugas).

Setelah kejadian 911, peraturan keamanan bertambah ketat. Untuk beberapa negara atau perusahaan maskapai, flight deck harus terkunci dari boarding sampai penumpang seluruhnya deplaned.

Seperti diberitakan sebelumnya, Citra Rienanti, salah seorang penumpang Lion Air menyebut keluarga kapten pilot dibolehkan masuk ke dalam kokpit.

Hal ini menjadi kekhawatiran, karena dapat membahayakan keselamatan penumpang yang berada dalam perjalanan itu. Citra menceritakan pengalamannya tersebut melalui akun Facebook-nya.

Sumber : http://www.tribunnews.com/bisnis/201...arga-ke-kokpit

---

Baca Juga :

- Lion Air Siap investigasi Insiden Pilot Bawa Keluarga ke Kokpit

- Lion Air Layani Penerbangan Medan-Malaysia

- Kemenhub Akan Tetap Jaga Taksi Reguler Tetap Hidup

0
893
1
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Tribunnews.com
Tribunnews.comKASKUS Official
192.3KThread2KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.