Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

iambacknowAvatar border
TS
iambacknow
Jokowi Kesal Proyek Kereta Cepat JKT-BDG Lambat, Ini Kata Menhub
Jokowi Kesal Proyek Kereta Cepat JKT-BDG Lambat, Ini Kata Menhub

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) kesal karena pembangunan fisik proyek kereta cepat Jakarta-Bandung (JKT-BDG) belum dimulai pasca groundbreaking Juni 2016. Rasa kesal ini disampaikan Jokowi saat acara evaluasi Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LKPP)2016 di Istana Bogor, Selasa (23/5/2017).Terkait hal ini, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, pemerintah ingin semua pembangunan infrastruktur dipercepat, termasuk proyek kereta cepat Jakarta-Bandung.Proyek kereta cepat Jakarta-Bandung sejauh ini sudah menyelesaikan pembebasan lahan di sejumlah lokasi. Pinjaman dari China juga sudah dicairkan untuk tahap pertama.
"Semua kegiatan-kegiatan pembangunan infrastruktur diharapkan dipercepat. Kereta cepat kemarin di China sudah tanda tangan, ada suatu percepatan. Itu salah satu harapan Pak Presiden dan kita laksanakan," kata Budi saat ditemui di Pelabuhan Merak, Jakarta, Sabtu (27/5/2017).Ada dua faktor yang membuat proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung (JKT-BDG) berjalan lambat. Pertama, soal pembebasan lahan. Biasanya pembebasan lahan digarap pemerintah, sedangkan investor yang menggarap konstruksi fisik. Model seperti ini juga menjadi kelaziman internasional.Tapi, karena proyek kereta cepat tak ada campur tangan pemerintah alias business to business, maka pembebasan lahan menjadi tanggung jawab pihak kontraktor. Alhasil, mau tidak mau, harus menunggu kontraktor menyelesaikan pembebasan tanah.

Kedua, kondisi tanah di kawasan Cisomang rentan bergeser. Oleh sebab itu, harus hati-hati dalam menggarap lahan kereta cepat di kawasan itu. (mca/hns)
Jokowi Kesal Proyek Kereta Cepat JKT-BDG Lambat, Ini Kata Menhub
https://m.detik.com/finance/berita-ekonomi-bisnis/3513025/jokowi-kesal-proyek-kereta-cepat-jkt-bdg-lambat-ini-kata-menhub


yg melawak siapa nih?
pemerintah campur tangan urusan swasta?
emoticon-Wkwkwk

lgian ini project apa betul bisa make money?
moda saingannya bejibun!

0
13.6K
117
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.2KThread41.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.