Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

luketrinandaAvatar border
TS
luketrinanda
5 Gunung Ini Cocok Untuk Kamu Sebagai Pendaki Pemula!
5 Gunung Ini Cocok Untuk Kamu Sebagai Pendaki Pemula!

Walaupun melelahkan, mendaki gunung adalah aktivitas wajib yang harus kamu lakukan di sepanjang umur kamu. Apalagi di umur yang masih muda, paling tidak kamu harus rasakan pengalaman mendaki gunung sekali seumur hidup kamu. Tapi, terkadang rasa ragu dan takut untuk memulai mendaki gunung sering muncul di dalam diri kita. Untuk itu tidak perlu khawatir, kamu tidak perlu mendaki gunung tertinggi untuk memulainya. Yuk, mulai mendaki gunung yang landai. Berikut 5 gunung yang cocok untuk kamu sebagai pendaki pemula!

Gunung Nglanggeran, Yogyakarta

Jika dibandingkan dengan gunung yang lain, Gunung Nglanggeran memiliki ketinggian yang cukup landai yakni sekitar 700 mdpl. Artinya, kamu tidak perlu takut untuk menaklukan gunung yang ramah ini. Lokasinya pun tidak begitu jauh dari kota Yogyakarta, tepatnya di daerah Gunungkidul, kamu hanya perlu waktu satu jam untuk mencapai Gunung Nglanggeran ini.

Untuk mendaki Gunung Nglanggeran, kamu hanya perlu menjaga kondisi fisik kamu secara baik agar mencapai puncaknya. Tenang, untuk mencapai puncak kamu hanya perlu waktu satu jam perjalanan dan kamu akan menikmati keindahan lautan awan di atas langit. Apalagi di malam hari, kamu akan dimanjakan dengan taburan bintang di atas langit malam. Siap mencobanya?

Gunung Papandayan, Garut

Destinasi gunung yang pas buat kamu yang berlokasi di Jakarta, Jawa Barat, dan sekitarnya adalah Gunung Papandayan. Selain karena dekat, gunung ini juga cocok untuk kamu sebagai pendaki pemula karena medannya yang cukup landai. Untuk mencapai puncaknya yang memiliki ketinggian sekitar 2665 mdpl, di perjalanan menuju puncaknya kamu akan dihadapkan dengan jalur yang penuh dengan kawah-kawah indah. Selain itu, gunung ini juga menyuguhkan beberapa pemandangan yang eksotis seperti, indahnya padang edelweiss dan mistisnya hutan mati. Walaupun cocok untuk pendaki pemula, tapi kamu harus tetap mempersiapkan diri ya untuk mendaki Gunung Papandayan! Jangan menganggap remeh dan siapkan fisik serta mental kamu. Dan jangan lupa siapkan perbekalan dan kamera aksi kamu untuk mengabadikan momen terbaik kamu ya!


Gunung Gede, Bogor

Opsi lain untuk kamu yang ingin memulai mendaki gunung adalah Gunung Gede yang merupakan destinasi wisata Taman Nasional Gunung Pangrango, Bogor, Jawa Barat. Dengan medan pendakian yang tergolong landai, gunung ini memiliki beberapa objek yang indah seperti, telaga air panas, air terjun, dan juga padang edelweiss di alun-alun Suryakencana. Untuk mencapai puncak, diperlukan waktu sekitar 5 jam. Artinya,fisik dan mental kamu harus dijaga dengan baik agar mencapai puncak Gunung Gede. Selain itu, persediaan perbekalan seperti air minum, makanan, dan jaket harus dibawa agar perjalanan kamu selalu aman. Hati-hati karena suhu udara di Gunung Gede di malam hari sangat dingin yang dapat membuat kamu hipotermia. Selalu hati-hati dan gunakan perlengkapan mendaki kamu sebaik mungkin. Dan jangan lupa jangan buang sampah sembarangan ya!


Gunung Prau, Dieng

Julukannya Tanah Para Dewa, begitu kata orang-orang disana. Gunung Prau yang terletak di Wonosobo ini memiliki puncak yang sangat luas dan menjadi area favorit berkemah para pendaki. Kenapa kebanyakan pendaki menyukai puncak Gunung Prau? Tentu saja karena Golden Sunrise-nya yang sangat menakjubkan. Medan pendakiannya pun tidak begitu sulit, namun juga harus hati-hati. Artinya, kamu perlu menyiapkan kondisi fisik yang prima dan mental yang kuat untuk menaklukan Gunung Prau. Tertarik mencobanya?


Gunung Kelimutu, Flores

Dijamin kalau kamu mencoba mendaki Gunung Kelimutu di Flores, Nusa Tenggara Timur, kamu akan menikmati keindahan yang luar biasa. Selain keindahannya yang menakjubkan, Gunung Kelimutu pun tergolong mudah untuk ditaklukan oleh para pendaki pemula. Untuk mencapai puncak, kamu hanya perlu waktu satu jam dan selanjutnya kamu akan dimanjakan dengan keindahan Danau Kelimutu. Jangan menyerah karena jaraknya yang jauh dari Jakarta, karena kamu akan merasakan keindahan alam yang luar biasa di Gunung Kelimutu. Selamat mencoba!


Nah, itu dia 5 gunung yang cocok untuk kamu sebagai pendaki pemula! Jangan takut atau ragu sebelum mencoba ya, karena kamu akan merasakan sensasi keindahan alam ketika mendaki gunung. Dan pastinya, kamu akan merasa ketagihan untuk mencoba gunung-gunung indah lainnya! Jangan lupa siapkan fisik, mental, perlengkapan, dan kamera aksi kamu untuk mengabadikan momen terbaikmu! Selamat mendaki!

Sumur: Gunung yang Cocok untuk Pemula
Diubah oleh luketrinanda 01-02-2017 03:02
0
3.3K
27
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.3KThread84KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.