Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
286
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/524ccc13fdca17534c000005/felix-siauw-on-copyright-pembajakan-dianggap-halal-gan
Misi nih mimin, momod, sesepuh. ane edit judul trit ini karena dianggap menjatuhkan kredibilitas si ustadz. Jadi, ane tekankan sekali lagi bahwa fokus pembahasan kita adalah tentang piracy-nya, bukan oknum yang menelurkan fatwanya. Padahal di kaskus raya juga pernah ada trit yang mbahas tentang pembajakan dan software krack2an.... Berikut tulisan beliau... Ane harap kita tetap bisa berargumen seca
Lapor Hansip
03-10-2013 08:44

Penjelasan tentang Copyright, Meluruskan Anggapan Halalnya Menggunakan Barang Bajakan

Quote:Misi nih mimin, momod, sesepuh. ane edit judul trit ini karena dianggap menjatuhkan kredibilitas si ustadz. Jadi, ane tekankan sekali lagi bahwa fokus pembahasan kita adalah tentang piracy-nya, bukan oknum yang menelurkan fatwanya. Padahal di kaskus raya juga pernah ada trit yang mbahas tentang pembajakan dan software krack2an.... Berikut tulisan beliau...


Quote:Ane harap kita tetap bisa berargumen secara bijak agar beroleh manfaat yang diinginkan. Ane minta maaf kalo ada kata-kata yang kurang berkenan dan maaf gabisa tiap hari mantengin trit.


Felix Siauw on Copyright (Pembajakan Dianggap Halal Gan)

Quote:Beberapa waktu ini saya diberi pertanyaan, bagaimana pandangan Islam terhadap hak cipta atau hak kekayaan inteletktual (copyrights dan intellectual property). Karena berkaitan dengan dunia ilmu,banyak akhirnya yang harus memanfaatkan barang-barang bajakan (piracy) seperti CD, DVD, buku dan media lainnya. Nah, saya dengan ilmu saya yang sedikit, kita akan coba bedah.

Sebagai dasar, kita harus mengetahui bahwa segala ilmu di dunia ini adalah milik Allah, karena dari Allah-lah segala ilmu dan Allah pula yang mengajari manusia segala bentuk ilmu. Sedangkan manusia hanya menguak (discovering) saja, bukan menciptakannya (creating). Allah menegaskan dalam kitab-Nya.

Bacalah, dan Tuhanmulah Yang Maha Pemurah, Yang mengajar (manusia) dengan perantaraan kalam. Dia mengajarkan kepada manusia apa yang tidak diketahuinya. (TQS Al-Alaq [96]: 3-5)

Dan Dia mengajarkan kepada Adam nama-nama (benda-benda) seluruhnya… (TQS Al-Baqarah [2]: 31)

Allah menciptakan segala sesuatu dan Dia memelihara segala sesuatu. (TQS Az-Zumar [39]: 62)

Jadi, tidak haq dalam Islam, seseorang yang menganggap suatu ide, pengetahuan atau ilmu adalah miliknya sehingga setiap orang harus meminta izin atau memberikan kompensasi atas hal itu. Karena hakikatnya ilmu itu telah ada sebelumnya, dan dia hanya menguaknya (discovering) saja.

Jadi, sebuah ilmu tidak bisa digolongkan sebagai hak milik atau harta pribadi, sehingga boleh diperjualbelikan dan dijadikan sebagai alat untuk mengambil kompensasi. Karena ia adalah milik semua kaum Mukmin.

Hikmah laksana hak milik seorang mukmin yang hilang. Di manapun ia menjumpainya, di sana ia mengambilnya (HR. Al-Askari dari Anas ra)

Lagipula, tanpa kita sadari, hak kekayaan intelektual sesungguhnya adalah alat penjajah untuk mencegah ummat Islam lebih maju darinya. Bayangkan, bagaimana mungkin kita bisa berada di depan bila kita ditahan untuk maju kedepan?

Berbeda hukumnya dengan mengklaim karya orang lain sebagai miliknya, atau merubah karya orang lain tetapi tetap dinisbatkan pada pemilik karya. Maka ini adalah haram, karena termasuk penipuan.

Misal, menjiplak buku karya orang lain dan menisbatkan pada namanya, atau mengubah isi buku orang lain tetapi tetap dinisbatkan pada nama orang itu. Ini berarti penipuan dan fitnah, dan tentu saja hal semacam ini tidak diperkenankan dalam Islam berdasar dalil-dalil umum tentang haramnya penipuan.

Maka di dalam Islam, merk (brand) dagang diperbolehkan, dan akan diatur supaya satu merk hanya diberikan pada satu penanggung jawab, untuk memudahkan bila ada yang ingin meminta pertanggungjawaban terhadap produk atau karya tersebut.

Barang siapa telah lebih dahulu mendapatkan sesuatu yang mubah (halal) maka dialah yang lebih berhak atasnya (HR Baihaqi dan Daruquthni)

Jadi, Islam sangatlah menghormati intelektualitas, bahkan menyuruh agar kaum Muslim berlomba-lomba untuk melakukan intellectual discovery via pendidikan, pembelajaran dan penelitian. Dan kejayaan Islam dari abad 8 – 15 sudah menunjukkan hal itu. Dan penghargaan terhadap ilmuwan dan cendekiawan pun sangat istimewa dibandingkan peradaban lain pada zamannya, belum lagi penghargaan dari Allah.

niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat (TQS Al-Mujaadilah [58]: 11)

Barangsiapa berjalan untuk menuntut ilmu maka Allah akan memudahkan baginya jalan ke surga (HR. Muslim)

Kesimpulannya

Halal hukumnya memanfaatkan barang-barang bajakan seperti CD, DVD, buku ataupun media lainnya, karena hak cipta hanyalah milik Allah (All rights reserved only by Allah), dan semua ilmu berasal dari-Nya dan Allah telah mewajibkan kita mencari dan menuntut ilmu.
Haram hukumnya menjiplak (copycat) dengan merubah isi atau mengklaim karya itu miliknya sendiri atau milik selain yang berkarya. Tidak diperkenankan pula memakai merk (brand) yang sama yang telah digunakan oleh saudara kita yang lain.
Haram menganggap ilmu sebagai milik pribadi dan meminta kompensasi darinya. Tapi halal menjual atau meminta kompensasi atas produk hasil intelektual (buku dan CD misalnya). Artinya yang dijual bukan ilmu, tapi produknya.

Sebagai pertimbangan terakhir, bila karya itu adalah karya seorang Muslim yang telah mencurahkan usaha yang tidak sedikit, tentu secara etika tidak pantas kita membajaknya. Dan selagi kita masih memiliki kemampuan, maka belilah produk-produk asli, bukan yang bajakan. Karena tentunya ia akan membantu orang yang berkarya. Juga membantu agar dia bisa terus berkarya untuk ummat.

follow me @felixsiauw
please share, because sharing do not need permission emoticon-Big Grin


Quote:Geleng-geleng kepala ane, yang dibold yang ane komenin.
Lagipula, tanpa kita sadari, hak kekayaan intelektual sesungguhnya adalah alat penjajah untuk mencegah ummat Islam lebih maju darinya.
"Ini adalah pemikiran sederhana yang ga mau ngerogoh kocek dalam buat beli cd, dvd, ato software asli. Ga ada sangkut pautnya antara hak kekayaan intelektual dengan kemajuan umat, asal eksistensi ilmu itu sendiri tidak disembunyikan."

Halal hukumnya memanfaatkan barang-barang bajakan seperti CD, DVD, buku ataupun media lainnya, karena hak cipta hanyalah milik Allah (All rights reserved only by Allah), dan semua ilmu berasal dari-Nya dan Allah telah mewajibkan kita mencari dan menuntut ilmu.
"Permasalahannya bukan haknya siapa dan dimiliki siapa. Akan tetapi, dalam menggali ilmu itu butuh proses usaha dengan waktu, tenaga, dan biaya. Setelah penemuan ilmu itu lengkap (ane kasih contoh misal komputer aja dah, biar ga absurd), diaplikasikan menjadi sesuatu yang memiliki wujud dan dipublikasikan. Nah, kalo dengan pemikiran si ustadz itu yang secara tiba2 datang, ngeliat, trus mbuat barang yang sama, dan dipublikasikan... secara tidak langsung akan mengambil/mencuri hasil usaha yang sudah dilakukan oleh penemu awal tadi. Jadi, yang dicuri itu bukan ilmunya, tapi hasil usahanya gan....."

Haram menganggap ilmu sebagai milik pribadi dan meminta kompensasi darinya.
"Maksud dari haramnya gimana coba? 'Ilmu ini milikku, bukan milikmu,' getoo? Trus kompensasi yang dimaksud apa HAKI sendiri? Hello, yang dilindungi di sini bukan ilmunya pak ustadz, tapi hasil usaha atas penggalian ilmu itu sendiri. Jadi wajar saja kalo penemu meminta hasil temuannya diakui dan dilindungi oleh hukum.."
Plusssss...
Dalil-dalil yang dicantumkan oleh ust felix itu justru lebih mengacu tentang urgensi ilmu. Bahkan dalil Barang siapa telah lebih dahulu mendapatkan sesuatu yang mubah (halal) maka dialah yang lebih berhak atasnya (HR Baihaqi dan Daruquthni) bertujuan untuk melindungi pemilik/penemu barang tersebut, bukan justru melemahkan sehingga beli barang bajakan pun boleh, asal atas nama penemunya...


Pesan Ane


Fatwa Larangan Menggunakan Sofware Bajakan 1


Fatwa Larangan Menggunakan Software Bajakan 2


sumbernya gans

Quote:nerima emoticon-Blue Guy Cendol (L), ga nerima emoticon-Blue Guy Bata (L)
Diubah oleh pendaki.gunung
0
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 15 dari 15
Felix Siauw on Copyright (Pembajakan Dianggap Halal Gan)
25-05-2017 07:25

Ane setuju sama pendapat ustad felix, dan ane ngehargain pendapat ts

Inti dari pendapat ane sih gini, selama produk yang dibeli ane bebas mau di modifikasi kek apapun, soalnya itu hak ane. Klo misalkan produk yang ane beli isi kontennya ane rubah, dan nama penemu ane rubah jadi nama ane terus ane jual kembali, itu salah.
0 0
0
Felix Siauw on Copyright (Pembajakan Dianggap Halal Gan)
25-05-2017 07:53
Quote:Original Posted By msaktina
Inti dari pendapat ane sih gini, selama produk yang dibeli ane bebas mau di modifikasi kek apapun, soalnya itu hak ane. Klo misalkan produk yang ane beli isi kontennya ane rubah, dan nama penemu ane rubah jadi nama ane terus ane jual kembali, itu salah.


Ini pemikiran tablo. Dalam software tidak seperti itu. Ada yg namanya license agreement (perjanjian lisensi) makanya klo pakai software itu dibaca EULA nya (disini isi perjanjiannya) meskipun kita beli lisensi ori, kita gak bisa bebas memodifikasi atau merubah kontennya. Karena kurang lebihnya isinya begini (saya berjanji untuk patuh terhadap semua peraturan yg diberikan).
0 0
0
Felix Siauw on Copyright (Pembajakan Dianggap Halal Gan)
25-05-2017 08:02
Ada seorang petani yg dengan susah payah merawat padinya selama seratus hari..Keluar tenaga untuk membajak..Keluar biaya untuk membeli pupuk segala macem..Tetapi ketika masanya panen si petani melongo karena padinya habis di panen warga sekitar..Karena mereka beranggapan bahwa bumi dan segala isinya adalah kepunyaan Allah dan petani tidak berhak mengklaimnya...
-aneh-
0 0
0
Felix Siauw on Copyright (Pembajakan Dianggap Halal Gan)
25-05-2017 08:16
Quote:Original Posted By nyangkuth
Ini pemikiran tablo. Dalam software tidak seperti itu. Ada yg namanya license agreement (perjanjian lisensi) makanya klo pakai software itu dibaca EULA nya (disini isi perjanjiannya) meskipun kita beli lisensi ori, kita gak bisa bebas memodifikasi atau merubah kontennya. Karena kurang lebihnya isinya begini (saya berjanji untuk patuh terhadap semua peraturan yg diberikan).


Iya gan bener emang harus di baca dulu kok perjanjiannya. Semua software yang ane beli isi perjanjian gini semua, asalkan softwarenya ga di publish, sebarluaskan, copy, atau di sewakan ga masalah. Klo untuk di modif mah fine2 aja, asal sebatas penggunaan pribadi.
0 0
0
Felix Siauw on Copyright (Pembajakan Dianggap Halal Gan)
25-05-2017 08:41
Quote:Original Posted By msaktina


Iya gan bener emang harus di baca dulu kok perjanjiannya. Semua software yang ane beli isi perjanjian gini semua, asalkan softwarenya ga di publish, sebarluaskan, copy, atau di sewakan ga masalah. Klo untuk di modif mah fine2 aja, asal sebatas penggunaan pribadi.


Modifikasi itu gak boleh. dilarang. Install software pihak ketiga pun gak boleh karena termasuk memodifikasi. baca lagi eula windows 10 di klausa 2c. Solusi satu-satunya hanyalah pakai ubuntu atau distro GNU Linux Lainnya. Dan free software yg berada dibawah lisensi gnu gpl, cc-sa dan lainnya yg bisa dilihat di fsf.org

Dan kalau ente bilang hanya untuk pemakaian pribadi itu boleh. Anda salah gan. Agama islam adalah agama yg menjunjung tinggi hak-hak orang lain. Meskipun yg dizholimi itu non muslim.

Saran ane ente baca seluruh isi perjanjiannya. Karena sangat mustahil untuk ditaat sekuat apapun komitmen orang tersebut buat mematuhinya
Diubah oleh nyangkuth
0 0
0
Felix Siauw on Copyright (Pembajakan Dianggap Halal Gan)
30-05-2018 00:50
hak ilmu pengetahuan atau keharaman membajak itu nggak ada dalilnya,itu bid'ah.
ini cuma masalah adab,analoginya seperti ini,tetangga kita jualan mi ayam,apakah haram kita jualan mi ayam juga dipinggirnya? tentu tidak,tapi kita tetep tidak boleh berdagang juga dipinggirnya harus jauh setidaknya 1km dari jauhnya dari pedagang mi ayam tersebut.nah software juga begitu,kalo ada film,software video atau apapun jangan langsung dibajak.harus nunggu versi berikutnya keluar,misal ada windows xp dan windows 7,windows 8 dan windows 10.ambil yang paling jadul windows xp,maksimal windows 7lah.
0 0
0
Felix Siauw on Copyright (Pembajakan Dianggap Halal Gan)
30-05-2018 01:39
Quote:Original Posted By executable
ane sih sependapat sama Felix Siauw,

dulu ane juga seperti ente, rakus dengan ilmu, trus di keep sendiri. buat produk sendiri, dan mikir gimana caranya supaya orang lain gak bisa buat seperti yang ane bikin. muncul lah paten.

ane pikir orang yang melakukan penelitian trus mematenkan penemuannya supaya orang lain gak bisa buat namanya rakus.

contohnya misal sebuah pabrikan mobil menemukan suatu konstruksi mesin yang beremisi rendah/nol. kemudian dia mematenkan supaya orang lain tidak bisa membuat produk serupa. al hasil mobil yang dijual dipasaran tidak ada yang beremisi serendah pabrikan itu. dengan demikian dampaknya adalah kerusakan lingkungan. Oke, mungkin ada cara lain yaitu membayar royalti kepada pemilik paten, tapi implikasinya harga jual produk kompetitor menjadi lebih mahal.

contoh konkretnya sekarang liat dlm bidang software. contoh yang paling kentara adalah si rakus bill gates (dan steve job) vs linus torvald. di satu sisi Microsoft dan Apple yang bersifat close source (copyright) mengeruk keuntungan sebesar-besarnya dari setiap produk yang di pasarkan. di sisi yang lain yayasan software bebas (free software foundation) merilis produk bersama resepnya (maksudnya: source-nya) dan dibagikan secara gratis(copyleft). Dan hasilnya, lebih cepat berkembang yang open/bebas di copy. hasilnya mungkin sudah ente rasakan, salah satunya HP android (yang harganya terjangkau).

lantas bagaimana nasib linus torvald yang tidak mengambil keuntungan dari karyanya. Sampai saat ini, (mungkin) dia tidak pernah tidak bisa makan, rezeki itu gak akan kemana, selama orang itu masih hidup rezeki akan selalu mengikuti.

contoh konkret lainnya adalah kenapa Indonesia gak punya mobnas?, salah satunya karena paten.

saran saya, coba resapi saja dulu apa yang ust. Felix Siauw pikirkan. gak usah buru-buru tulis yang kayak gini.


bikin gih software trus dibajak apa reaksi lo? cocot aja digedein
0 0
0
Felix Siauw on Copyright (Pembajakan Dianggap Halal Gan)
09-09-2018 11:50
Buakkakaka. Kapan majunya indonesia kalo bajakan masih masif emoticon-Ngakak
0 0
0
Felix Siauw on Copyright (Pembajakan Dianggap Halal Gan)
21-06-2020 23:18
kalau ilmuan ilmuan muslim kaya penemu algoritma Al-Khawarizmi ngga mempublikasikan hasil temuannya secara free semua software munkin ga ada , dasar program adalah algoritma,kalau ngga di temuin anka 0 juga bolean true false ngga tercipta toh para ilmuan muslim cari ilmu riset untuk kemajuan umat , point nya mereka ngga memperjual belikan ilmu tersebut ,hasil temuan yang mereka rela ngorbanin waktu tenaga , bahkan uang mereka , ane ga setuju pndpt TS
Diubah oleh farhan123123
0 0
0
Halaman 15 dari 15
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia