Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

neothinkpadAvatar border
TS
neothinkpad
LBH Jakarta Kecam Penggerebekan Pesta Gay di Kelapa Gading
LGBT Punya Hak Dilindungi Sebagai WNI

Jakarta - Belakangan ini isu lesbian, gay, biseksual dan transgender (LGBT) menjadi perbincangan publik.  Menko Polhukam Luhut Pandjaitan menyatakan LGBT merupakan WNI yang punya hak dilindungi. "Perlindungan LGBT apa pun dia,  apa pun kerjanya, dia WNI, punya hak dilindungi," ujar Luhut menjawab pertanyaan wartawan dalam acara Coffee Morning di kantor Kemenko Polhukam, Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Jumat (12/2/2016).Luhut mempersilakan psikolog dan tokoh agama turun tangan mengatasi LGBT. Yang jelas dia tidak setuju penanganan LBGT dilakukan dengan kekerasan."Saya tidak ada setuju dengan usir, bunuh atau apa, saya ingin kita sebagai bangsa memiliki martabat. (Menjadi LGBT) Itu bukan maunya dia," tutur Luhut.Isu LGBT mulai mencuat menyusul polemik penggunaan logo UI oleh sebuah support group, disusul ikon-ikon/stiker LGBT di media sosial. Banyak pro kontra bermunculan.
(nwy/nrl)
Luhut: LGBT Punya Hak Dilindungi Sebagai WNI
https://m.detik.com/news/berita/3140431/luhut-lgbt-punya-hak-dilindungi-sebagai-wni

LBH Jakarta Kecam Penggerebekan Pesta Gay di Kelapa Gading

Ilustrasi gay / homoseksual. REUTERS/Gleb Garanich

TEMPO.CO, Jakarta - Koalisi Advokasi untuk Tindak Kekerasan terhadap Kelompok Minoritas Identitas dan Seksual mengecam penangkapan ratusan pengunjung serta staf Atlantis Gym dan Sauna atas dugaan prostitusi gay.
"Penangkapan ini adalah preseden buruk bagi kelompok minoritas gender dan seksual lain," ucap Pratiwi Febry, pengacara publik Lembaga Bantuan Hukum Jakarta, dalam keterangan tertulisnya, Senin, 22 Mei 2017.
Pratiwi mengatakan polisi melakukan penangkapan atas dugaan prostitusi gay. Tapi ia menilai tidak ada kebijakan yang mengatur dan melarang tentang prostitusi gay. Korban, ujar dia, juga diperlakukan sewenang-wenang.
Baca: Diduga Pesta Seks Sejenis di Kelapa Gading, 141 Orang Ditangkap 

"Korban digerebek, ditangkap, serta digiring menuju Polres Jakarta Utara dengan ditelanjangi dan dimasukkan ke dalam bus angkutan kota," tuturnya.
Pratiwi menyatakan para korban juga tetap diperlakukan sewenang-wenang oleh polisi meski telah didampingi kuasa hukum dari Koalisi Advokasi untuk Tindak Kekerasan terhadap Kelompok Minoritas. Polisi memotret para korban dalam kondisi tak berbusana dan menyebarkan foto itu hingga menjadi viral.
"Itu adalah tindakan sewenang-wenang dan menurunkan derajat kemanusiaan para korban," katanya.
Menurut Pratiwi, penangkapan di ranah paling privat itu bisa saja menjadi acuan bagi tindakan kekerasan lain yang bersifat publik. Karena itu, pihaknya meminta tiga hal kepada kepolisian.
Pertama, koalisi meminta polisi tidak menyebarkan data pribadi korban karena merupakan bentuk ancaman keamanan bagi korban dan pelanggaran hak privasi setiap warga negara. Kedua, polisi diminta tidak menyebarluaskan foto dan informasi lain yang dapat menurunkan derajat kemanusiaan korban.
Baca: Pesta Gay di Kelapa Gading Diduga Dilakukan Sejak 3 Tahun Lalu
"Ketiga, memberikan hak praduga tak bersalah kepada korban dan, bila dinyatakan tidak bersalah, korban harus segera dibebaskan serta dipulihkan nama baiknya," ucapnya.
Kepolisian Resor Metro Jakarta Utara sebelumnya melakukan penggerebekan di tempat latihan kebugaran di Kelapa Gading, Jakarta Utara, pada Ahad malam, 21 Mei 2017. Dari penggerebekan itu, polisi menciduk 141 orang yang diduga melakukan pesta seks sesama jenis.
FRISKI RIANA




LBH Jakarta Kecam Penggerebekan Pesta Gay di Kelapa Gading
https://m.tempo.co/read/news/2017/05/22/064877501/lbh-jakarta-kecam-penggerebekan-pesta-gay-di-kelapa-gading



dilindungi negara gan!
termasuk hewan melata langka!
tempatnya di hutan lindung
0
13.8K
27
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672KThread41.7KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.