Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • Health
  • Susah Menjaga Hati? Konsumsi Dulu 5 Bahan Pangan Ini, Gan!

godok.indonesiaAvatar border
TS
MOD
godok.indonesia
Susah Menjaga Hati? Konsumsi Dulu 5 Bahan Pangan Ini, Gan!
Susah Menjaga Hati? Konsumsi Dulu 5 Bahan Pangan Ini, Gan!

Seperti yang telah kita ketahui, hati merupakan salah satu organ tubuh penting dalam tubuh manusia. Layaknya jantung dan paru-paru, hati juga menjalankan beberapa fungsi vital yang tidak dapat dipandang sebelah mata, mulai dari menyaring racun yang masuk ke dalam tubuh, memproduksi beberapa jenis enzim, hingga membantu proses pencernaan makanan dengan menyingkirkan materi asing dan berbahaya yang terdapat pada bahan pangan. Lebih lanjut, Hermeet Suri, seorang ahli gizi dari Ontario, menyatakan bahwa peran dan fungsi hati erat kaitannya dengan kesehatan tubuh secara umum. Hal ini dikarenakan hati merupakan penghasil getah empedu yang berfungsi untuk menjaga sistem pencernaan makanan, menyimpan zat besi dan vitamin, serta mengontrol kadar lemak, glukosa, dan amino dalam darah.

Karena peran dan fungsi penting tadi lah, sudah sewajarnya Agan dan Sista mulai memberikan perhatian ekstra terhadap kesehatan hati. Tanpa disadari, banyak sekali hal yang dapat memicu kemunduran kesehatan organ ini, mulai dari konsumsi berlebih sodium, kadar fruktosa dalam tubuh yang terlalu tinggi, hingga kebiasaan mengonsumsi bahan pangan kaya lemak trans, seperti biskuit, keripik, berondong jagung, dan kudapan sejenis lainnya.

Lalu, adakah cara mudah dan praktis untuk memastikan bahwa kesehatan hati selalu terjaga? Tenang, Agan dan Sista sekalia tidak perlu risau! Berikut, beberapa bahan alami yang dapat dikonsumsi untuk membuat hati tetap happy.


1. Bawang putih

Susah Menjaga Hati? Konsumsi Dulu 5 Bahan Pangan Ini, Gan!

Si umbi lapis yang satu ini ternyata mengandung allicindan selenium, dua senyawa penting yang berperan untuk mengaktifkan enzim pendetoks racun yang terdapat di hati. Untuk mendapatkan manfaat optimal, kamu dapat pula membiasakan konsumsi 1 buah bawang putih mentah setiap harinya. Mudah, bukan?


2. Sayuran hijau
Susah Menjaga Hati? Konsumsi Dulu 5 Bahan Pangan Ini, Gan!

Sayuran, khususnya yang kaya akan klorofil, seperti kol, sawi hijau, kubis, bayam, dan selada terbukti mengandung antioksidan dan belerang alami yang berperan sebagai agen detoksifikasi racun. Hasilnya, kerja organ hati akan menjadi lebih ringan sehingga risiko timbulnya gangguan pun menjadi semakin kecil.


3. Lemon dan jeruk nipis

Susah Menjaga Hati? Konsumsi Dulu 5 Bahan Pangan Ini, Gan!

Tahukah kamu, bahwa kandungan vitamin C yang tinggi pada lemon dan jeruk nipis ternyata berkhasiat untuk menghancurkan zat asing dan beracun yang masuk ke dalam tubuh melalui air? Selain itu, senyawa yang ada pada 2 bahan alami tadi turut memicu produksi enzim hati yang bersifat anti-karsinogen. Jadi, selain menjaga kesehatan hati, kamu juga telah meminimalisir kemungkinan munculnya sel kanker di tubuh.

4. Alpukat

Susah Menjaga Hati? Konsumsi Dulu 5 Bahan Pangan Ini, Gan!

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa konsumsi rutin 1-2 buah alpukat segar setiap minggu dapat memperbaiki fungsi hati yang rusak. Lho, kok bisa? Hal ini dikarenakan senyawa glutathione dan antioksidan yang terdapat pada buah alpukat ternyata mampu memperlancar proses detoksifikasi racun dari dalam tubuh. Jadi, daripada memakasakan organ hati untuk bekerja keras membuang racun, ada baiknya kamu dan keluarga mulai memasukkan alpukat ke dalam daftar makanan mingguan. Mudah, bukan?

5. Kunyit

Susah Menjaga Hati? Konsumsi Dulu 5 Bahan Pangan Ini, Gan!

Meskipun ukurannya kecil, kunyit ternyata memiliki manfaat besar dalam menjaga kesehatan organ hati. Kandungan kurkumin pada bahan penyedap yang satu ini mampu mereduksi peradangan dan inflamasi hati, mempercepat proses pencernaan lemak, hingga merangsang produksi getah empedu.

Selain dengan mengonsumsi bahan-bahan di atas secara rutin, kamu juga dapat menjaga kesehatan organ hati dengan cara meminimalisir konsumsi makanan instan yang tinggi kalori serta membiasakan meminum air putih dalam jumlah yang cukup setiap harinya. Karena, bukankah mencegah itu lebih baik daripada mengobati?

Nah, jikalau Agan dan Sista butuh informasi kesehatan lain yaang terpercaya, langsung aja cek di SUMUR!emoticon-Ngacir2

Spoiler for BOCORAN TKP!!:


Jangan lupa buat didownload aplikasinya juga, ya, gan! Ente soalnya bisa langsung berkonsultasi tentang kesehatan diri dan keluarga dengan dokter Go Dok, yang nggak cuman ramah, tapi juga informatif dan membantu!

emoticon-Om Telolet Om!emoticon-Om Telolet Om!
0
1.6K
10
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Health
HealthKASKUS Official
24.7KThread10.1KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.