Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

sherry13Avatar border
TS
sherry13
Yoga khusus buat kaskuser
Yoga khusus buat kaskuser

Bagi para kaskuser, terutama yang udah akut pastinya sering menghabiskan sebagian waktunya di depan komputer, laptop, atau gadget yang lain dalam posisi duduk atau tiduran.

Taukah anda kalau kebanyakan posisi duduk saat didepan komputer atau posisi tiduran itu mengorbankan postur tubuh anda sehingga menimbulkan gangguan berkepanjangan?

Berikut ini postur tubuh yang sering dilakukan saat sedang asik didepan kaskus:

Yoga khusus buat kaskuser

Seluruh kebiasaan tersebut pada akhirnya menjadi kebiasaan dan anda akan merasa bahwa posisi tersebut enak dan nyaman. namun jangan salah, apabila posisi tersebut dilakukan terus menerus dalam waktu yang lama akan menyebabkan beberapa gangguan seperti:

Yoga khusus buat kaskuser

  1. Punggung bungkuk (Hunchback)
    Yoga khusus buat kaskuser
    Jelas karena kebiasaan duduk terlalu lama menghadap komputer dengan posisi yang salah, biasanya karena karena kepala dijulurin terlalu mendekat kearah layar komputer.

    Tanda Khas: Sakit di bagian leher, bahu dan punggung.


  1. Bahu kedepan (Rounded Shoulder)
    Yoga khusus buat kaskuser
    Ini sering terjadi karena terlalu fokus mengetik di depan komputer dalanm waktu yang lama dengan posisinya salah.

    Tanda Khas: sakit dibagian leher, bahu, dan punggung.


  1. Bokong nungging (Anterior Pelvic Tilt)

    Yoga khusus buat kaskuser

    Umumnya ini terjadi pada orang-orang yang banyak duduk dengan posisi bagian bokong tampak nungging dan bagian perut menggembung ke depan.

    Tanda khas: sakit di bagian lower back.


  1. Kepala terjulur kedepan (Forward Head Cause)

    Yoga khusus buat kaskuser

    Kembali ini karena duduk terlalu lama di komputer guys.

    Tanda khas: Sakit dibagian Leher


Celakanya adalah karena sudah menjadi kebiasaan makanya lama2 kita tidak menyadari kesalahan tersebut sampai akhirnya muncul gejala2 seperti lower back pain, frozen shoulder, dkk.

Poin penting untuk mencegah terjadi masalah jangka panjang adalah dengan mengubah kebiasaan anda tersebut. namun tentu memerlukan waktu dan juga kesabaran extra ya guys. emoticon-Smilie

  • Ambilah sedikit waktu selingan untuk beristirahat

    Yoga khusus buat kaskuser


  • Pertahankan postur yang benar saat duduk didepan komputer

    Yoga khusus buat kaskuser

  • Tetap bernafas secara teratur

    Yoga khusus buat kaskuser



Ketekunan adalah kuncinya ya emoticon-Malu
Jika Anda bisa meluangkan 15/20 menit setiap hari, maka Anda benar-benar akan mulai melihat perbedaan cepat . Perbaikan postural dan kebiasaan secara terus menerus dan berkesinambungan maka akan semakin banyak manfaat yang akan anda peroleh.

Nah berikut ini gerakan2 yang TS ambil dari gerakan yoga yg sangat disarankan bagi para kaskuser yang giat berada di depan komputer.

  1. Peregangan Pergelangan tangan
    Lokasi : Di depan meja
    Alasan : Meluruskan spine, menarik sisi tubuh bagian kiri dan kanan, serta merelaxan pergelangan tangan
    Yoga khusus buat kaskuser
    Cara : Jalin jari jemari tangan anda, taruh punggung tangan diatas kepala lalu jauhkan dari kepala anda dengan meluruskan sikutnya.


  1. Lateral Stretch
    Lokasi : Di depan meja
    Alasan : Gerakan ini Ini dapat meningkatkan energy, karena spine selama bekerja di depan computer tidak digerakkan sama sekali. Gerakan ini membuka dada dan sisi pinggang , serta otot-otot interkostal ( antara tulang rusuk ) , yang tidak bisa bergerak begitu banyak.
    Yoga khusus buat kaskuser
    Yoga khusus buat kaskuser

Cara : Bawa tangan keatas dengan jari menghadap ke langit langit, lalu bawa badan kearah samping sebelah kiri dan kanan.

  1. Forward Bend
    Lokasi : Berdiri atau duduk di depan meja komputer
    Alasan : Gerakan ini melenturkan, dan mengembalikan elastisitas tulang punggung
    Yoga khusus buat kaskuser
    Yoga khusus buat kaskuser
    Yoga khusus buat kaskuser
    Yoga khusus buat kaskuser
    Cara : Perlahan-lahan luruskan badan dan lipat badan secara perlahan dengan punggung lurus, kemudian bawa tangan badan atas semakin ke bawan sehingga kepala berada dibawah dari jantung. Selanjutnya biarkan gravitasi yang bekerja. Bangkit kembali ruas demi ruas


  1. Twisting
    Lokasi : Duduk di kursi di depan meja
    Alasan : Membuka dada, bahu dan middle spine, sehingga membuka paru-paru untuk bernapas lebih dalam dan mengalirkan ke seluruh aliran darah dan otak.
    Yoga khusus buat kaskuser
    Cara : Berpegang pada salah satu sisi dari pegangan kursi dengan kedua tangan lalu kemudian mengambil napas , dan perlahan-lahan dan mantap memutar ke arah berlawanan sambil menghembuskan nafas. saat mengembuskan napas . Tahan gerakan memutar selama beberapa detik, kemudian perlahan-lahan kembali ke tengah. Dan lakukan sisi sebaliknya.


Tips pernafasan sederhana:

Berikan perhatian kepada nafas anda, dengan mengamati pergerakan dari tulang rusuk dan dada saat mengambil nafas dan menghembuskan nafas. Ambil nafas yang panjang dan hembuskan dengan lebih perlahan. Hal ini akan memberikan rasa relax di bahu, tulang rusuk dan perut.

Saat stress, cemas atau lelah, cobalah untuk berhenti sejenak dan mengambil 5-10 nafas yang dalam, dan sekali lagi lebih fokus pada pernafasan. Hal ini dapat menenangkan syaraf-syaraf yang tegang.

Tips Lainnya:
  1. Secara teratur mengubah postur tubuh Anda.

  1. Mencari mouse yang ergonomis untuk meringankan setiap sindrom RSI, sehingga tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk merentangkan pergelangan tangan.

  1. Berikan note kecil di dekat computer anda yang berisikan pesan untuk tetap bernafas dengan teratur, mengubah posisi duduk, terkadang berdiri, dan melakukan peregangan tubuh.

  1. Cobalah memakai kursi dengan punggung lurus dan pada ketinggian yang cocok untuk layar computer anda. Mata sejajar dengan layar computer untuk menghindari ketegangan pada kepala dan leher.


Begitulah beberapa tips agar kaskuser bisa terhindar dari masalah2 postural. Apabila kaskuser melakukannya secara teratur, niscaya postur dan kesehatan badan bisa terjada sampai tua he3.

Apabila ada pertanyaan silahkan bertanya. semoga TS bisa menjawabnya

Diubah oleh sherry13 02-06-2015 08:34
0
3.1K
12
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.4KThread84.4KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.