Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

nevertalkAvatar border
TS
nevertalk
Viral, Pria yang Matanya Kena Bara Rokok Saat Bermotor
Viral, Pria yang Matanya Kena Bara Rokok Saat Bermotor

Merokok saja sudah berbahaya untuk kesehatan, apalagi bila dilakukan sambil berkendara di atas sepeda motor. Terpaan angin yang kencang dapat meniup bara dan abu rokok ke arah belakang sehingga berisiko mengenai pengguna jalan lainnya. Bila seseorang sedang sial maka nasibnya bisa sama seperti yang dialami oleh Rendhy Maulana. Dalam halaman Facebook-nya Rendhy bercerita bahwa mata sebelah kanannya mengalami iritasi parah hingga kesulitan melihat akibat kena bara rokok yang tertiup angin di jalan.

"Terimakasih buat pengendara motor yg hobi ngerokok sambil bawa motor. bara api rokok lo bikin orang bahaya," tulis Rendhy menyindir dalam sebuah postingan yang sudah dibagikan lebih dari tiga ribu kali ini.

Kepada detikHealth Rendhy sendiri bercerita kejadian yang menimpanya terjadi pada hari Rabu (10/5) lalu. Ketika itu ia sedang dalam perjalanan pulang mengendarai sepeda motor di daerah Kampung Melayu, Jakarta Selatan. Lalu tanpa ada peringatan tiba-tiba saja Rendhy mengaku mata sebelah kirinya terasa sangat perih. Ia berusaha mengendalikan laju sepeda motornya dan segera menepi.

Viral, Pria yang Matanya Kena Bara Rokok Saat Bermotor
"Saya enggak tahu depan saya ada yang lagi ngerokok, nggak merhatiin tangannya juga. Langsung minggirin motor pas mata perih terus cuci mata, kebetulan di tas bawa air," ungkap Rendhy.

Rasa perih tak kunjung hilang dan ketika berusaha dibuka mata sebelah kanan Rendy tak bisa melihat sempurna. Akhirnya ia pun memutuskan untuk pelan-pelan membawa sepeda motornya pulang lalu langsung mencari pertolongan dokter mata. Pemeriksaan dokter menemukan ada bekas abu rokok pada mata Rendhy. Matanya mengalami iritasi parah namun masih bisa pulih.

"Kata dokter dipakai perban biar nggak ada debu yang masuk. Iritasi aja sih," kata Rendhy.
"Sekarang sudah saya buka (perbannya -red) walau masih blur. Buram kaya mata kalau dijerengkan dengan sengaja kan berbayang," lanjutnya.

Dalam halaman Facebook Rendhy berpesan agar seluruh pengguna jalan lebih berhati-hati, terutama untuk para perokok. Berkaca pada kasusnya beruntung tidak terjadi insiden lebih serius seperti kecelakaan atau bahkan kerusakan mata yang permanen.

"Buat perokok ya lebih baik berhenti dulu kalau mau ngerokok. Walau nggak ada peraturan ngerokok sambil berkendara itu dilarang ada baiknya juga menghargai pengendara yang lain," pungkas Rendhy.

Risiko Jika Mata Kena Bara Api Rokok: Infeksi Kornea Hingga Buta
"Efek mata terkena bara api rokok dapat menimbulkan kerusakan kornea mata yang disebut sebagai trauma thermis. Kondisi ini bisa berupa derajat yang ringan berupa pandangan mata kabur dan merah, hingga derajat berat berupa kebutaan," tutur dr Surya.

Derajat kerusakan pada kornea bergantung pada kedalaman luka pada kornea tersebut. Sebab seperti diketahui selain dari efek panas bara api, juga perlu diperhatikan efek kecepatan dari bara api tersebut, terutama jika dari pengendara yang naik sepeda motor.

Selain pada bola mata secara langsung, dr Surya menjelaskan bahwa efek dari paparan bara rokok juga bisa melukai kulit kelopak mata. Efek yang muncul yakni luka bakar.

Pertolongan Pertama Jika Mata Kena Bara Api Rokok di Jalan
Jumlah pemotor yang berkendara sambil merokok di jalanan kini semakin banyak. Jika mata Anda tiba-tiba kena bara api rokok tersebut, apa tindakan pertama yang sebaiknya dilakukan?

-Bukan mengucek atau menyentuh mata langsung dengan mata, bahwa langkah awal adalah menyiram dan membilasnya dengan menggunakan air matang dan bersih.

-Lakukan penyiraman beberapa kali alias berulang-ulang. Jika masih perih, apalagi diikuti dengan keluhan lain misalnya pandangan mata menjadi lebih kabur, maka sebaiknya segera periksakan diri ke dokter spesialis mata,

- Biasanya keluhan awal dirasakan ketika mata terkena bara api rokok adalah rasa sakit, silau dan keluar air mata terus-menerus. Lebih lanjut, bisa juga muncul keluhan lain berupa kemerahan dan kelopak mata menjadi bengkak. Namun ketika rasa perih tersebut tak kunjung membaik dan justru pandangan mata menjadi semakin kabur, sebaiknya hindari memberikan obat tetes mata sembarangan ya. Anda lebih dianjurkan untuk berkonsultasi ke dokter untuk diperiksa dan diberikan pengobatan lebih lanjut.

-Efek dari paparan bara api rokok bisa membahayakan mata, bergantung pada seberapa luas dan dalam kerusakan akibat bara api yang mengenai kornea mata. Efek mata terkena bara api rokok dapat menimbulkan kerusakan kornea mata yang disebut sebagai trauma thermis. Kondisi ini bisa berupa derajat yang ringan berupa pandangan mata kabur dan merah, hingga derajat berat berupa kebutaan.

SEBAIKNYA JGN DIBELAKANG PENGENDARA YG MEROKOK, LANGSUNG TANCAP GAS KE KANAN/ KALO BISA TEGUR SEGERA emoticon-cystg
0
7.2K
35
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.4KThread84.4KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.