yoreumhanAvatar border
TS
yoreumhan
Ini Dia Bahaya Makan Ikan Mentah di Sushi!




Siapa yang doyan makan sushi?
Ayo ngacuuuung!!!!
Jujur ane demen banget Gan, apalagi kalo ada salmon atau tunanya
emoticon-Wowemoticon-Wow emoticon-Wow emoticon-Wow




Tapi.... ada tapinya nih Gan! Dibalik rasa san sensasi ikan mentah yang ada di sushi, ternyata ada bahayanya juga! Ini dia bahayanya yak langsung aja ane ceritain. Cekidot!!



Seorang laki-laki berusia 32 tahun di Portugal dilarikan ke rumah sakit setelah mengalami sakit perut, muntah dan demam. Saat menjalani pemeriksaan, ternyata diketahui terdapat seekor cacing parasit bernama Anisakis di sushi yang baru saja dimakannya.

Dikutip dari livescience, insiden tersebut tentu saja menyoroti meningkatnya jumlah infeksi dari parasit yang ditemukan pada ikan mentah. Hal ini dikarenakan, semakin meningkatnya popularitas hidangan sushi di negara-negara Barat, seperti yang dikatakan beberapa dokter, menurut sebuah laporan baru.



Dalam laporan tersebut, dokter di Portugal menjelaskan secara mendalam rasa sakit perut yang diderita laki-laki tersebut setelah memakan sushi. Dimana dugaan awal dokter, mengatakan jika Ia terkena infeksi parasit. Untuk mengetahui secara pasti, pemeriksaan lebih lanjut pun dilakukan dengan menggunakan endoskopi, tabung fleksibel dengan kamera. Kemudian dokter memeriksa saluran pencernaan laki-laki tersebut, dan dengan jelas melihat ada parasit yang menempel pada lapisan ususnya. Sesudahnya, dokter memindahkan parasit itu dan memutuskan jika benar terdapat cacing Anisakis. Adapun penyakit yang disebabkan oleh cacing ini dikenal dengan anisakiasis.



Sebelumnya, kasus anisakiasis paling banyak terlihat di Jepang. Tapi "karena perubahan kebiasaan makan, penyakit anisakiasis berkembang di negara-negara Barat, yang seharusnya dicurigai pada pasien dengan riwayat konsumsi ikan mentah atau kurang matang," kata para peneliti yang menulis dalam jurnal BMJ Case Report edisi 11 Mei. Menurut Stanford University, sumber umum dari parasit ini termasuk cod, haddock, salmon pasifik, herring, flounder, monkfish dan cumi-cumi. Karena parasit ini ditemukan pada ikan, siapapun yang makan ikan mentah atau kurang matang berisiko tertular parasit, menurut Centers for Disease Control and Prevention.



Dengan demikian, cara terbaik untuk mencegah penyakit ini adalah menghindari mengonsumsi ikan mentah atau kurang matang, kata agensi tersebut. Jadi mungkin kita bisa makan sushi yang ikannya mateng Gan! Kayak gini misalnya:



The Food and Drug Administration (FDA) merekomendasikan untuk memasak makanan laut di suhu internal 145 derajat Fahrenheit (63 derajat Celcius) untuk membunuh parasit. Sementara ikan beku pada suhu minus 4 derajat Fahrenheit (minus 20 derajat C) atau di bawah selama 7 hari, atau ikan beku bisa juga pada suhu minus 31 derajat Fahrenheit (minus 35 derajat C) sampai padatan. Selain itu, penyimpanan di minus 4 derajat Fahrenheit (minus 20 derajat C) selama 24 jam, juga cukup untuk membunuh parasit.




Nah gimana Gan kelanjutan hidup kita? Agan bakal makan sushi dengan ikan mentah lagi ngga kira kira?
emoticon-Bingungemoticon-Bingung emoticon-Bingung emoticon-Bingung



Sumur: ena ena


Spoiler for Bonus:
Diubah oleh yoreumhan 18-05-2017 04:55
0
8.8K
52
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.9KThread82.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.