nadyahpAvatar border
TS
nadyahp
Stuntman, Aktor Penting yang Tak Dikenal

Tahun kemarin dan tahun ini seolah menjadi surga bagi kita pecinta film superhero, gimana enggak Gan? Kita disuguhi aksi dan cerita yang sungguh menarik dari film-film seperti Batman vs Superman, Captain America: Civil War, Power Rangers, FF8 dan masih banyak lagi. Tapi tahukah Agan? Dibalik scene film yang berisi banyak aksi keren berbahaya seperti meloncat dari ketinggian, berkelahi dengan binatang buas, atau kebut-kebutan di jalan ramai dan peran dari para aktor bertaruh nyawa untuk melakukan adegan penuh resiko itu. Jika salah perhitungan, bisa terjadi kecelakaan yang menewaskan sang aktor.

Aktor yang TS maksud adalah para Stuntman.

emoticon-Cool


Begitulah ribetnya membuat film aksi/superhero, harus menyertakan Stuntman untuk melakukan adegan berbahaya demi memuaskan penonton saat tak semuanya bintang film tenar mau dan bisa melakukannya. Disaat seperti inilah para Stuntman bekerja, menggantikan bintang film sesungguhnya yang “takut” melakukan adegan berbahaya.
Meski terlihat tak adil, namun dalam industri film menggunakan jasa Stuntman lumrah dilakukan. Pasalnya, bintang film utama merupakan aset berharga, mengingat jika terdapat luka hingga cidera serius akan mengurangi daya tarik penonton untuk membeli karcis bioskop. Coba andai aktor sekelas Vin Diesel atau Dwayne johnsonmeninggal saat main film, pasti dunia geger seperti peristiwa Paul Walker, pasti industri film rugi kehilangan aktor yang dicintai pemirsa.

Makanya, para bintang tenar itu dijauhkan dari resiko. Jika ada adegan berbahaya, Stuntman yang digunakan.


Namun sekali lagi, mirisnya nasib Stuntman berkebalikan dengan bintang film jika menyinggung dalam sisi menikmati ketenaran. Stuntman justru jarang dikenal karena wajahnya tak pernah terlihat di layar. Bahkan, seringkali keberadaannya dirahasiakan. Sutradara berusaha menutup-nutupi jika film buatannya menggunakan stuntman. Kalau penonton tahu yang main bukan aktor aslinya, tentu mereka tak antusias lagi kan?
emoticon-Toast


Profesi stuntman sudah ada sejak era film bisu buatan Charlie Chaplin (1900-an). Kemudian semakin populer seiring tumbuhnya industri film Holywood (tahun 1930-an). Kala itu kebanyakan film bertema koboi. Sutradara membutuhkan banyak stunman yang mahir menunggang banteng dan kuda. Akibatnya, para koboi asli ramai-ramai pindah profesi menjadi stuntman. Salah satu stuntman terbaik kala itu adalah Yakima Canutt. Selama sekitar 20 tahun dia menjadi stunman, memainkan adegan-adegan sulit seperti menunggang kuda sembari berdiri, berkelahi dengan banteng, atau berenang melintasi sungai besar dan dalam.

Setelah tenar Canutt mendirikan perusahaan stunman. Dia merekrut orang-orang baru untuk dilatih. Perusahaannya juga mengembangkan teknik-teknik bermain film secara aman. Canutt bukan hanya menyediakan stunmant, namun juga mengusulkan adegan-adegan berbahaya kepada sutradara. Tak mudah menjadi stuntman. Syarat utama tentu saja berani melakukan adegan sulit dan berbahaya. Fisik juga harus prima. Kebanyakan stuntman adalah olahragawan. Selain kuat, badannya juga lentur. Syarat lain, memiliki ketrampilan khusus seperti mengendarai sepeda motor dengan cepat (untuk adegan kebut-kebutan), naik tebing, berenang, atau berkelahi dengan binatang.

Orang Indonesia juga ada yang berprofesi sebagai Stuntman Gan, Yoshi Sudarso namanya


Syarat terakhir dan paling penting adalah rela tak terkenal. Yap, meski sejatinya bintang film hebat, mereka mesti menyembunyikan identitas. Mereka harus ikhlas penonton mengira bintang filmlah yang melakukan adegan berbahaya itu. Meski tak tenar, namun kabar baiknya stuntman merupakan profesi menggiurkan loh. Honornya lebih besar dari pemain utama. Rata-rata, stuntman dibayar dua kali lipat dibanding bintang film asli. Jadi, nggak masalah kan tidak tenar karena bayarannya besar? Lagipula justru meeka bisa hidup nyaman dan menjaga privasi. Misalnya, jalan-jalan secara bebas tanpa dikerubuti penggemar.

Tapi nyatanya tak semua bintang film bersedia digantikan oleh Stuntman, Agan bisa liat Aktor kungfu Jackie Chan yang selalu melakukan sendiri adegan yang berbahaya.

emoticon-Matabelo

Referensi


0
33K
149
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.8KThread82.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.