Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

kaka88ciaoAvatar border
TS
kaka88ciao
Hotman Paris Kritisi Pernyataan Todung Soal Overkill Kasus Ahok
JAKARTA - Pengacara senior Hotman Paris Hutapea menjelaskan, bahwa hukum acara berbeda dengan substansi kasus. Hal itu dia katakan menanggapi pernyataan Todung Mulya Lubis terkait vonis dua tahun penjara yang dialami Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

"Apabila Dr Mulya Lubis memahami praktik hukum acara pidana yang berbeda dengan substansi pidananya, maka seharusnya dia memikirkan acara agar pengadilan tinggi segera mempercepat menentukan sikap atas penangguhan," ujarnya dalam keterangan pers, Selasa (16/5/2017).

Selanjutnya, Hotman menjelaskan apabila jaksa penuntut umum (JPU) juga ajukan memori banding maka seharusnya semua keinginan tersebut langsung dilimpahkan berkasnya. "Apabila JPU ada kekurangan dokumentasi agar disusulkan kemudian (praktik biasa)," paparnya.

Dia pun mengingatkan, masyarakat untuk tidak terpengaruh dengan komentar yang mengaku membela keadilan, namun tidak sesuai dengan praktik hukum acara pidana. Oleh karena itu, pernyataan Mulya Lubis adalah salah.

"Terlepas dari subtansi perkara vonis lebih besar dari tuntutan JPU adalah sah sesuai praktik hukum acara pidana bukan overkill," pungkasnya.

Sebelumnya, Todung Mulya Lubis menulis argumentasi terkait vonis Basuki Tjahaja Purnama terkait kasus dugaan penistaan Agama. Melalui media sosailnya @TodungLubis menyebut bahwa kasus dugaan penodaan agama terhadap Ahok dinilai overkill.

"Upaya hukum banding segera dilakukan. Tapi mengatakan bahwa putusan kasus Ahok seperti 'an overkill' tak keliru sama sekali," kicau akun @TodungLubis. 



https://nasional.sindonews.com/read/...hok-1494896438

Masuk tuh barang..
Diubah oleh kaka88ciao 16-05-2017 02:42
1
1.4K
17
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672.2KThread41.8KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.