Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • Health
  • Siapa Bilang Tidur Habis Makan Bahaya? Cek di Mari, Gan!

godok.indonesiaAvatar border
TS
MOD
godok.indonesia
Siapa Bilang Tidur Habis Makan Bahaya? Cek di Mari, Gan!

Mungkin Agan dan Sista akan merasa keheranan setelah membaca judul di atas. Biasanya, tidur setelah menyantap makan siang akan dihindari banyak orang karena mereka percaya beberapa mitos, seperti tidur siang dapat menurunkan kinerja dalam beraktivitas hingga menaikkan berat badan. Namun ternyata, kepercayaan tadi terbukti salah. Tidak percaya? Ini dia manfaat tidur siang yang dapat Agan dan Sista rasakan:

1. Meningkatkan Kinerja



Salah satu alasan mengapa Anda menghindari tidur setelah makan siang mungkin karena takut dianggap pemalas dan tidak produktif oleh atasan. Namun, sebuah penelitian menunjukkan bahwa tidur siang yang cukup ternyata dapat mengurangi rasa kantuk, meningkatkan kinerja, dan meminimalisir rasa sakit kepala. Karena alasan inilah, beberapa tokoh terkenal seperti Winston Churchill, Napoleon Bonaparte, Albert Einstein, Leonardo da Vinci, dan Presiden Amerika John F. Kennedy selalu menyempatkan tidur siang di tengah-tengah kesibukan harian. Jadi, masih enggan tidur siang? Pikir-pikir kembali!

2. Meningkatkan Kecerdasan dan Rasa Awas

Sebuah penelitian dari Harvard University mengungkapkan bahwa tidur siang terbukti dapat meningkatkan kecerdasan. Dengan tidur siang selama 60-90 menit, Anda akan mendapatkan manfaat yang sama seperti saat Anda tidur di malam hari. Senada dengan pernyataan di atas, Professor Matthew Walker dari University of California juga menyatakan bahwa tidur siang dibutuhkan oleh tubuh untuk meningkatkan kapasitas memori otak agar mampu menerima informasi tambahan yang lebih panjang dan rumit. Manfaat lainnya dari tidur siang adalah, jika dibarengi dengan konsumsi kopi dapat meningkatkan kesiapan dan keawasan tubuh untuk melakukan aktivitas di malam hari, misalkan, kerja lembur atau shift malam.

3. Menjaga Berat Badan



Seperti yang dikutip dari situs the healthsite, ahli gizi Deepshikha Agarwal menyatakan bahwa tidur siang setelah makan siang tidak akan menyebabkan kegemukan. Menurutnya, kegemukan akan terjadi jika Anda terlalu banyak mengonsumsi kalori harian melebihi kebutuhan normal tubuh. Jadi, tidur siang sama sekali tidak mempengaruhi berat badan, karena pada dasarnya, tubuh tetap membakar kalori saat Anda tertidur, meskipun tidak sebanyak saat Anda terjaga. Jadi, jika Anda merasa mengantuk di siang hari tapi takut bertambah gemuk, disarankan untuk memberikan jeda waktu 1-2 jam sebelum tidur siang agar tubuh dapat mencerna makanan terlebih dahulu.

Dari penjelasan di atas, terlihat bahwa ternyata tidur siang sangat bermanfaat bagi tubuh. Tapi, tetap perhatikan durasi tidur agar manfaat yang didapat tubuh optimal. Penelitian terbaru menyimpulkan bahwa durasi tidur siang yang paling ideal adalah 10 menit. Waktu tersebut dirasa cukup untuk mengurangi rasa kantuk dan meningkatkan kemampuan kognitif pribadi. Sebaliknya, tidur siang lebih dari 30 menit justru hanya akan membuat Anda merasa grogi dan cemas.

Nah, jikalau Agan dan Sista butuh info kesehatan lainnya, langsung aja cek TKP!emoticon-Ngacir2

Spoiler for BOCORAN TKP!!:


Jangan lupa buat didownload aplikasinya juga, ya, gan! Ente soalnya bisa langsung berkonsultasi tentang kesehatan diri dan keluarga dengan dokter Go Dok, yang nggak cuman ramah, tapi juga informatif dan membantu!

:terimakasih :terimakasih
Diubah oleh godok.indonesia 15-05-2017 07:07
0
3.3K
13
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Health
HealthKASKUS Official
24.7KThread10.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.