Kaskus

News

Pengaturan

Mode Malambeta
Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

konektyAvatar border
TS
konekty
Ini Bukan Sekadar soal Ahok
Ini Bukan Sekadar soal Ahok

Koran Sulindo – Kerumunan orang berbaju kotak-kotak itu tiba-tiba seperti terdiam sejenak, sebelum seorang ibu meledak tangisnya dan seorang anak muda berteriak-teriak ke arah gedung Kementerian Pertanian di Ragunan, pekan lalu. Di gedung itu, baru saja Guberbur DKI Jakarta Basuki Tjahaya Purnama (Ahok) divonis hukuman penjara 2 tahun dan langsung ditahan.

Kesedihan di jalanan depan ruang sidang darurat di Jakarta Selatan itu tak berhenti hanya menjadi gerutuan di media sosial atau unjuk rasa. Beberapa dari mereka kemudian berkumpul malam-malam di Patung Proklamasi Jakarta Pusat menyalakan lilin, seolah dengan diam menyatakan Ahok tak sendiri dan tak dibiarkan sendirian. Seperti cendawan, lilin-lilin juga dinyalakan di malam-malam di Yogyakarta, Pekanbaru, Bitung, Medan, Manado, Sorong, Atambua, Kupang, Rote, Soe, Toraja, Batam, Alor, Surabaya, Minahasa, Balikpapan, Semarang, Bandung. Lilin-lilin juga dinyalakan di Inggris, Jepang, Belanda, Amerika Serikat, Australia, Swedia…

Aksi lilin untuk Ahok yang berlangsung di Sorong, Papua Barat, adalah unjuk rasa pertama kalinya di sana yang mengusung isu bukan Papua.

Gubernur beretnis Cina beragama Kristen yang resmi pada 19 November 2014 menggantikan Joko Widodo yang terpilih menjadi Presiden RI itu telah membangkitkan kesadaran bahwa negara ini di ujung tanduk ke arah pecah berkeping jika dibiarkan.

”Saya kira sekarang kita tak lagi bisa cuma diam dan pasif karena minoritas,” kata Inez Sutanto, seperti dikutip BBC Indonesia.

Mulai Pilkada Jakarta lalu, Indonesia memang menyaksikan perbedaan etnis dan agama sangat dominan dalam kampanye, juga beberapa aksi unjuk besar-besaran kaum muslim yang merasa agamanya dinistakan.

“Ini ekspresi dari silent majority,” kata ahli psikologi politik Hamdi Muluk, seperti dikutip Metrotvnews.com.

Ekspresi itu merupakan simbol keprihatinan terhadap kondisi bangsa saat ini. Mereka capek dengan ... >>Lanjut : http://koransulindo.com/ini-bukan-se...dar-soal-ahok/
0
2.1K
26
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
KASKUS Official
676.4KThread46KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.