Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

kaskusgamedevAvatar border
TS
kaskusgamedev
Kaskus Indonesian Game Developer Discussion Thread
Main Thread Untuk Diskusi Seputar Game Development


Kaskus Indonesian Game Developer Discussion Thread


Perbaiki dulu dikit2 biar up to dateemoticon-Big Grin


Pendahuluan:
Dengan mengetik2 keyboard, saya harap mudah2an Thread ini menjadi rintisan kedepannya sebagai tempat para Game Developer Indonesia berkumpul dan ngobrol ngalor ngidul seputar dunia Game Developer terlepas dari jenis Game Engine, Platform dan Genre game yang sedang dibuat. emoticon-Cendol (S)

Thread ini dimaintenance oleh 5 orang sub admin - non profit tentunya emoticon-Big Grin ( zongko.com , Lifeburner,MommentBoard,wsh4and, dan ReyzSchiffer ) jadi apabila ada hal2 khusus yg mau ditanya seputar gamedev silahkan pm saja masing2 sub adminnya emoticon-Smilie

Peraturan:
Ikuti saja peraturan Umum Thread Kaskus, cukup dewasa, no sara, flaming, junker, dll.. emoticon-Big Grin

Peraturan khusus kaskus gamedev:
  1. Hindari debat kusir tools atau game engine mana yg terbaik karena masing-masing developer punya preferensi sendiri (disesuaikan dengan kemampuan dan sumber daya yang dimiliki)
  2. Silahkan memposting game yg agan atau tim agan buat disini, sertakan link download (kalau game pc bisa pakai drobox, mediafire dan sebangsanya) atau link ke app store atau playstore. Jangan lupa gambar untuk menarik perhatian.
  3. Silahkan mengkritik game yg dibuat oleh kaskus gamedev dengan catatan kritik harus membangun (kalau ada yang kurang tolong dijelaskan kurangnya apa secara lebih terperinci). Misalkan ada game platformer kurang menarik tolong dijelaskan apakah gameplaynya atau grafiknya secara lebih spesifik. Ini akan membantu gamdev untuk memperbaiki di versi berikutnya.
  4. Jika ingin bertanya pada para pemain (playtester) apabila panjang, silahkan membuat google docs yg berisi form pertanyaan.
  5. Gamedev yg karyanya dikritik tidak perlu secara ekplisit mengikuti kritik ini tapi sebagai masukan untuk pegembangan berikutnya ini merupakan hak gamedev sebagai penentu gamenya akan jadi seperti apa.
  6. Jika posting code tolong pakai quote code biar gak terbaca di html dan rapih. kalau panjang bisa pakai pastebin.
  7. Jangan tanya krack, kita GAME DEVELOPER bukan PEMBAJAK, game engine Unity dan Unreal juga udah bisa di dapatkan gratis, jadi ngapain lagi nyari bajakannya, udah di permudah juga kok. tinggal download, pake deh.


Saya mau bikin game, mulai dari mana dulu?

Extra Credit punya video yg menarik, silahkan ditonton dulu:




Ane masih sekolah / udah kerja / udah punya keluarga / udah berumur sekian.. sekian masih bisa gak mau game development? Gak ada batasan usia / pekerjaan yang penting agan punya passion disitu dan mau terus maju mengesampingkan rasa malas pasti ada jalannya.

Kemudian Cari Passion, apakah passion agan itu di game development? Caranya coba bikin game sederhana di Scratch, terus posting dimari.

Untuk coba Scratch, silahkan ke siniterus daftar biasa pakai email.

Kaskus Indonesian Game Developer Discussion Thread


Sekilas mengenai Scratch, ini dibikin dari MIT, tujuannya buat belajar pemrograman buat pemula. Buat agan2 yg gak ngeh sama sekali pemrograman game engine ini cocok banget. Agan tinggal click and drag program berbentuk puzzle dari game ini.

Kalau memang passion agan di game development pasti terus tertarik buat ngembangin game yang lebih bagus. Ini game engine paling gampang, kalau agan masih ngerasa susah mungkin passion agan bukan di game development. (soalnya masih ada yg nyamain game development = main game, padahal bedaemoticon-Cape d... (S)) seenggaknya jadi ada bayangan game development itu seperti apa.

Kalau udah coba bikin pakai Scratch cobalah bikin pakai game sederhana pakai Game Engine yg umum dipakai

Unity 3D

Kaskus Indonesian Game Developer Discussion Thread


Download dimaripilih yang versi Free. yang versi bayar ntar aja kalau agan udah punya pendapatan USD 100.000 (gak ada perbedaan signifikan antara versi Free dengan Versi Pro untuk gamedev, perbedaan hanya di service dan sesuai Agreement yg free hanya untuk studio berpendapatan dibawah USD 100.000).

Game engine ini banyak dipakai sama indie gamedev maupun profesional. Kemampuan multi platform dan costumisasinya membuat game engine ini banyak dipakai, dan jangan lupa buku, dokumentasi, dan komunitas yang memadai membuat kita lebih mudah mempelajari game engine ini.

Bahasa pemrograman yang dipakai; C# dan Javascript jadi kalau agan udah bisa bikin program di Scratch, silahkan coba Game engine ini.

Unreal Engine 4

Kaskus Indonesian Game Developer Discussion Thread


Donwnload dimari(Free tinggal download dan kalau gamenya udah kejual baru potong royalti)

Kalau agan butuh prototyping game dengan cepat, grafik current gen (grafik tipe2 studio gede) dan gak ngerasa rugi buat bayar royalti kalau gamenya udah jadi cobalah game engine ini. Full source code udah included via Git Hub dan ada Blueprint visual scripting yang bikin pemrograman bisa lebih cepat dan mudah (Bayangkan Scratch versi Profesional) dan mendukung C++ ke enginenya sendiri, jadi agan bisa modifikasi engine ini sesuai kebutuhan karena bisa langsung ubah source code nya (via github) bedakan dengan Unity yg menggunakan C++ untuk enginenya dan C# atau Javascript untuk coding game nya dan kita gak punya akses ke game engine nya.

Bahasa pemrograman yang dipakai; C++ dan Bluprint Visual Scripting (berguna banget buat pemrograman cepat)

Game engine lain?

Salain ini masih banyak lagi, tapi kalau masih baru belajar menurut ane mending pakai 2 game engine di atas dulu, tapi kalau mau coba silahkan ada Cryengine, RPG Maker,Construct2, atau lebih advance bisa coba utak atik library-library.

Terus Belajar.

Belajar bisa dari buku, maupun tutorial yang ada (sesuaikan dengan game engine yang digunakan)

Ane biasa ke Amazon atau Open Trolley untuk buku asli. Untuk versi ngirit silahkan coba cari ke lapak-lapak pinggir Universitas besar (if you know what I mean emoticon-Malu (S)) tapi kalau sekiranya punya rejeki (daripada dijajanin gak jelas) atau bisa minta beliin (daripada minta buat jajan gak jelas ke ortu) silahkan ke toko buku di atas karena perbedaan versi software lumayan bikin pusing kalau buku kita gak up to date.

Tutorial bisa diapatkan dari EDx, Coursera, dan situs lainnya yang mendukung pembelajaran jarak jauh.

Buku menurut ane penting banget, beda jaman sekolah / kuliah buku cuman jadiin pajangan, dibaca kalau mau UTS / UAS / Sidang emoticon-Big Grin kalau agan mau terjun di dunia gamdev wajib baca buku, kerjain semua soalnya yang ada. Kalau gak dari buku dari mana lagi dasar ilmu buat nge gamdev emoticon-Big Grin berikut buku-buku recomended versi Kaskus Game Dev:

Baru mulai banget
Indikator : Kagak tau perbedaan int, double, string. Kagak tau perbedaan Logaritma dan Algoritma apalagi yang namanya Vector 3. Game Designer masih disamain ama Graphic Artist, masih pengen bikin game AAA macam GTA 5 single fighter. Berarti belajar programming dulu

Kenapa harus belajar programming dulu? karena dengan programming itu agan bisa ngendaliin game engine buat menghidupkan aset-aset (suara, grafik 2d & 3D, cerita) itu. Tanpa programming aset-aset itu gak akan jalan sebagaimana keinginan kita. Tentunya kalau agan ada programmer di tim agan, berarti tinggal fokus ke yang lain seperti disainer asset atau sound.

Untuk Bahasa Pemrograman C (dasar aja, jarang game engine pakai C):
C Programming Absolute Beginner's Guide (3rd Edition)

Untuk Bahasa Pemrograman C++ > Pengembangan ke Unreal Engine:
Programming: Principles and Practice Using C++ (2nd Edition)
Ini yg nulis bukunya yg bikin bahasa C++ jadi udah suhu abis.. Recommended Banget (by zongko.com), bener-bener ngajarin bagaimana menjadi programmer yang baik dari dasar dibuat oleh C++ master, Bjarne Stroustrup gitu loh emoticon-Cape d... (S)

Java > Pengembangan ke game engine Java sperti LWGJL:
Ivor Horton's Beginning Java
Untuk belajar Java, ane sendiri punya tapi belum sempet baca berhubung masih belajar C++ dr buku di atas, tapi dari komentar pembeli ini buku recomedded banget buat belajar Java.

Bahasa Pemrograman C# > Pengembangan Ke Unity Game Engine:
The C# Player's Guide (2nd Edition)
Ane belum pernah baca, tapi katanya bagus dan ngajarin fundamental C#
C# 6.0 and the .NET 4.6 Framework
Tebel banget dan komprehensif.

Unity Game Engine:
Introduction to Game Design, Prototyping, and Development: From Concept to Playable Game with Unity and C#
Ini untuk yang belajar Unity (Warning kalau belum pernah belajar bahasa pemrograman sama sekali lebih baik baca salah satu buku di atas dulu)

Intermediate
Udah ngerti sebagian besar jargon bahasa pemrogram.

Pemrograman C++
C++ Primer (5th Edition)
Intermedeate, udah gak ba bi bu dasar tapi langsung hajar C++

The C++ Programming Language, 4th Edition
versi Intermediate dari buku di atas.

Buku Khusus untuk Master:

The Art of Computer Programming
Ini intinya bagaimana membuat program yang baik.

Acara emoticon-Big Grin

Bekraf Developer Day Bandung


Salam Gamedev, Hindari Game Bajakan emoticon-Big Grin
Diubah oleh kaskusgamedev 17-11-2017 02:04
nona212
tien212700
nik0lauz0
nik0lauz0 dan 3 lainnya memberi reputasi
4
219.3K
2.8K
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Programmer Forum
Programmer ForumKASKUS Official
20.2KThread4.4KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.