Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

panastak.Avatar border
TS
panastak.
Perusakan Bandara Manado bisa Berujung Pemboikotan pada Indonesia !
Ribuan massa yang terdiri dari LSM dan Ormas Adat mengadang kedatangan Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah di Bandara Sam Ratulangi Manado, Sabtu (13/5) siang. Mereka melakukan perusakan fasilitas umum di bandara tersebut.

Ketua Pengurus Harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI), Tulus Abadi mengatakan, kejadian menggeruduk bandara, bahkan sampai area airside adalah sebuah tindakan pelanggaran berat. Ini sangat membahayakan keselamatan penerbangan.

"Dan jelas-jelas melanggar UU tentang Penerbangan, dan regulasi internasional. Karena itu, kasus Bandara Sam Ratulangi yang digeruduk warga adalah sebuah kecerobohan," kata Tulus dalam keterangannya di Jakarta, Minggu (14/5).


Menurutnya, manajemen AP 1 sebagai pengelola bandara dan aparat keamanan juga telah bertindak ceroboh. Kejadian seperti ini bisa mengakibatkan bandara Indonesia diboikot oleh komunitas internasional.


"Penyebabnya karena otoritas bandara tidak mampu/gagal menjaga keamanan bandara."

Sebelumnya, PT Angkasa Pura I (Persero) menyesalkan perusakan yang dilakukan organisasi massa yang berdalih menolak kedatangan salah seorang wakil ketua DPR.

"Kami menyesali aksi massa oleh ormas di bandara yang merupakan objek vital nasional yang dilarang untuk melakukan unjuk rasa seperti yang dituangkan pada Undang-Undang Nomor 9 tahun 1998 tentang mengemukakan pendapat di tempat umum," kata Sekretaris Perusahaan PT Angkasa Pura I (Persero), Israwadi dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Minggu.

Menurutnya, sekelompok organisasi masyarakat Sabtu (13/5) pukul 09.00 WITA berkumpul di bandara Sam Ratulangi, Manado dan berorasi menolak kedatangan FPI namun beralih kepada penolakan kehadiran Wakil Ketua DPR RI, Fahri Hamzah.

Massa berkumpul di area parkir selanjutnya ke area halaman VIP hingga menyebabkan kepadatan dan kemacetan lalu lintas di area bandara Sam Ratulangi.

Pada pukul 11.00 WITA situasi sempat memanas saat massa menerobos masuk ke terminal melalui terminal kedatangan dan tidak ada kerusakan fasilitas bandara hanya "railing" yang terlepas serta pintu otomatis yang dilepas untuk menghindari bentrokan dengan masa yang akan masuk dengan menggunakan baju adat minahasa lengkap dengan pedangnya untuk mencari wakil ketua DPR itu.

Massa juga sempat memasuki area service road bandara. Berkat koordinasi dan kesigapan dari personil Avsec, Polda, Brimob, dan TNI AU yang juga telah berjaga dari pagi massa berhasil dihalau keluar dan area service road dengan tertib serta steril dari massa.


Pukul 12.00 WITA sebagian massa telah membubarkan diri dan melanjutkan aksi di Kantor Gubernur Provinsi Sulawesi Utara dan sebagian lagi tetap tinggal di area parkir bandara Sam Ratulangi melaksanakan orasi dengan kondusif.

Situasi massa yang ramai di bandara membuat manajemen mengambil langkah untuk memperketat keamanan penumpang pada Screening Check Point (SCP) dengan memberlakukan SCP buka tutup yang didampingi oleh Kepolisian dan anggota Brimob.

"Secara umum operasional di bandara Sam Ratulangi berjalan normal dan tidak terganggu oleh orasi massa," katanya.



cekidot




Gerombolan tanpa sumbu ga mikir panjang kalau berbuat sesuatu. sudah bar-bar, angry mob ini juga merusak fasilitas bandara dan bikin banyak flight jadi delay emoticon-Cape d... (S) emoticon-Busa:


Spoiler for video kejadian:


0
3.2K
25
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.4KThread41.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.