Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

SoneeForeverr97Avatar border
TS
SoneeForeverr97
Bagaimana cara menetapkan tujuan finansial dengan benar
Bagaimana cara menetapkan tujuan finansial dengan benar

Mengapa ane ngebuat thread seperti ini? Karena ane sering banget nemuin orang-orang yang bilang tujuan hidupnya adalah memiliki rumah mewah, mobil mahal, handphone mahal, keliling dunia, dan lain sebagainya. Ane cuma ngerasa ada yang salah aja dalam mindset orang-orang dalam menafsirkan kesuksesan. Ya, sukses adalah kondisi di saat ente mencapai tujuan. Tapi kesalahannya ada pada tujuan itu sendiri.

Dari hal-hal yang orang-orang pengen capai dari yang ane sebutin di atas, kayaknya semuanya berbau ngeluarin duit semua ya. Kenapa ya orang-orang membuat tolak ukur kesuksesan diukur dari seberapa besar pengeluarannya buat gaya hidup dan uang yang dikeluarin dari kantong? Bahkan ane sempet denger kata temen SMA ane pas dulu ane SMA, bilang "Mereka tajir ya, tiap weekend pergi clubbing". Ane langsung kayak "Apa? Jadi itu cara lo menilai kekayaan seseorang?" Gimana kalo mereka pergi clubbing tiap weekend tapi mereka ga punya uang bahkan buat makan doang di hari-hari lainnya? Gimana kalo mereka pergi clubbing tiap weekend tapi sebenernya mereka masih dikejar" utang gara" gabisa bayar? Skenario-skenario begini kan bukan berarti gak mungkin terjadi gan.

Makin banyak orang yang punya mindset kayak begini di pikirannya gan. Banyak juga orang yang menilai orang lain berdasarkan pemenuhan kebutuhan tersiernya, padahal banyak juga dari mereka yang masih merupakan masyarakat kelas bawah atau kelas menegah secara ekonomi. Dan yang lebih buruknya lagi adalah, orang-orang macem ini cenderung beli barang-barang 'mewah'-nya pake cicilan gan, dan banyak dari antara mereka yang gabisa bayar cicilannya sampe mereka harus pinjem uang dari temen, kerabat, dan lain-lain emoticon-Cape deeehh. Gimana ga gila tuh gan? Kalo emang ga sanggup beli barang" mewah itu, ya jangan beli, mending uangnya ditabung.

Kekayaan seseorang kan seharusnya diukur dari seberapa besar uang yang mereka bisa hasilkan, bukan seberapa besar pengeluaran yang mereka bisa keluarkan gan. Orang-orang yang punya pikiran mateng pasti bakalan royal pas mereka udah mencapai kebebasan finansial/financial freedom aja gan. Apa itu financial freedom? Itu adalah kondisi saat seseorang ga perlu kerja lagi, hidup cuma dari passive income aja gan. Selagi kita belom bisa mencapai financial freedom itu, ya teruslah pikirin strateginya untuk mencapai itu. Selagi kita belom mencapai financial freedom itu, ya jangan banyak-banyak pengeluaran buat kebutuhan gaya hidup gan, tapi prioritasin pengeluaran ente buat menghasilkan uang yang lebih banyak lagi, sampe terbentuk mesin uang. Dan dari orang-orang kaya yang ane tau sih, kebanyakan dari mereka cenderung sangat perhitungan kalo urusannya buat ngeluarin uang selagi belom mencapai financial freedom itu gan, kayak Warren Buffet.

Kesimpulan yang bisa ane tarik adalah, buat menentukan tujuan finansial ente dengan benar, fokuslah pada hal menghasilkan uangnya, bukan seberapa besar uang yang ente keluarin. Itu aja dari ane, makasih gan sis! Salam sukses emoticon-Shakehand2

Sumur
Sumurnya adalah blog ane sendiri. Jangan lupa follow blog ane buat ngikutin post-post ane tentang bisnis kayak gini yang lebih update gan.

Lihat juga thread ane lainnya:
Spoiler for :
Diubah oleh SoneeForeverr97 13-05-2017 09:06
0
1.5K
14
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.3KThread84.3KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.