Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

human.brainAvatar border
TS
human.brain
Ahok Ditahan Cuma Jadi Obrolan di Warung Kopi Belitung Timur
Belitung Timur - Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Utara menjatuhkan vonis dua tahun penjara kepada Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. Gubernur DKI Jakarta non aktif ini langsung masuk Rutan Cipinang, Jakarta Timur pada Selasa, 9 Mei 2017.

Namun Voni untuk kasus penistaan agama itu tidak membuat warga Kabupaten Belitung Timur, tempat kelahiran Ahok, bergejolak atau unjuk rasa.

Baca juga: Ahok Ditahan, Ini Pembicaraan Ahok-Djarot di dalam Rutan

"Di sini aman-aman saja. Tidak ada gejolak apapun,” kata Masri Sadeli, tokoh masyarakat Belitung Timur kepada Tempo, Rabu 10 Mei 2017. Kasus itu hanya jadi obrolan di warung kopi.

Menurut Masri, tidak berpengaruhnya Ahok di Belitung Timur tak lepas dari perannya ketika menjabat sebagai Bupati Belitung Timur pada 3 Agustus 2005 – 22 Desember 2006.

“Yang dilakukan biasa saja. Tidak ada yang spektakuler atau seperti yang ada di pemberitaan. Dia hanya menjabat satu tahun setengah. Apa ikon Belitung Timur ketika dipimpin dia? Tidak ada. Kalau dibilang dia bangun industri besar, mana itu. Dibilang banyak buka lapangan pekerjaan, itu juga tidak ada," ujar Masri.


Masri meminta masyarakat dan pemuda di Kabupaten Belitung Timur dapat belajar dari kasus yang menimpa Ahok. Yakni harus berhati-hati dalam berbicara yang menyangkut keyakinan atau agama orang lain.

"Kita jangan masuk kedalam keyakinan orang agar tidak terjadi pertentangan. Hati-hati saja ketika berbicara," ujar dia.



Tokoh pemuda Belitung Timur, Wahyu Epan Yudhistira mengatakan pro dan kontra yang terkait figur Ahok hanya terjadi di media sosial. Persoalan ekonomi dan roda pembangunan di Belitung Timur yang lamban menuju stagnan, katanya, membuat kasus Ahok tidak sampai jadi polemik.

"Kasus Ahok memang diperbincangkan di warung kopi. Hal itu karena Belitung Timur terkenal dengan budaya ngopi. Warung kopi merupakan salah satu ruang interaksi sosial strategis. Jangankan Ahok, terpilihnya Donald Trump saja dikaji dan jadi perbincangan hangat," ujar dia.

Menurut Epan, terkait toleransi dan keberagaman, masyarakat di Belitung Timur sudah khatam dan tidak mempermasalahkan. Salah satu buktinya adalah dengan terpilihnya Ahok dan adiknya menjadi Bupati

"Kita akan belajar dari kasus Ahok. Belajar dari prinsip unity sesungguhnya yaitu membiarkan yang berbeda untuk tetap berbeda dan tidak diupayakan untuk seragam. Karena dengan tahu kita berbeda, menjadikan kita tahu batas dan penghormatan yang beranjak dari sadar. Kita paham bahwa perbedaan itulah toleransi yang sesungguhnya," ujar dia.

Kepala Kepolisian Daerah (Polda) Bangka Belitung Brigadir Jenderal Anton Wahono mengatakan saat ini situasi di Bangka Belitung, khususnya di Kabupaten Belitung Timur masih kondusif dan tenang.

Belum dilaporkan adanya gejolak ataupun kegiatan yang mengarah pada gangguan kamtibmas.
"Sampai sejauh ini masih aman terkendali. Masyarakat juga banyak yang biasa saja menyikapi kasus tersebut," ujar dia.

Simak juga: Ahok Ditahan, Djarot: Empat Alasan Penangguhan Penahanan

Anton menambahkan pihaknya meminta masyarakat menghargai dan menghormati proses hukum yang sudah berjalan dan yang akan berjalan, yakni banding. Hukum sebagai panglima tertinggi harus dipercaya dalam menyelesaikan persoalan.

"Hormati proses hukum karena negara kita negara demokrasi, dimana hukum adalah panglima tertinggi," ujar dia.

https://m.tempo.co/read/news/2017/05/10/058874077/ahok-ditahan-cuma-jadi-obrolan-di-warung-kopi-belitung-timur

Ga ada prestasinya kok dijunjung TAIKERS bin Bani serbet, jd sunan kalijodo lagiemoticon-Leh Uga
Ada sih prestasinya jd TERPIDANA, bikin gaduh emoticon-Leh Uga
Ga ada TAIKERS yang ga bodoh
Diubah oleh human.brain 10-05-2017 07:29
0
7K
63
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672.1KThread41.8KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.