yukepodotcomAvatar border
TS
yukepodotcom
Potret Pedagang Kaki Lima Zaman Penjajahan yang Terlihat Masih Sangat Tradisional
WELCOME TO YUKEPO OFFICIAL THREAD
emoticon-Ultah




Jauh sebelum adanya mall dan minimarket yang merajalela seperti sekarang, pedagang kaki lima lah yang menjadi sumber perekonomian rakyat. Mungkin sekarang pedagang kaki lima dianggap sebagai salah satu sumber kemacetan. Apalagi saat ini banyak pedagang kaki lima yang membuka dagangnya di bahu-bahu jalan. Jadi tak heran jika banyak kebijakan pemerintah yang menertibkan dan menggusur para pedagang kaki lima yang berjualan di tempat yang tak seharusnya. Namun jika mengingat sejarah zaman dulu, pedagang kaki lima bisa dikatakan menjadi salah satu sumber pertumbuhan dan perekonomian rakyat Indonesia zaman dahulu kala.

Mungkin saat ini kita bisa menemukan berbagai macam penjual dagangan di pinggir jalan, dari mulai pakaian, aksesoris, hingga jajanan. Pedagang kaki lima yang menjual jajanan lah yang paling banyak kita temui di pinggir jalanan. Harganya yang tergolong murah meriah, membuat para pedagang kaki lima selalu banyak mendapatkan keuntungan dengan berjualan di pinggir jalan. Namun, dengan semakin merajalelanya para pedagang, membuat banyak tempat-tempat yang seharusnya untuk jalan umum digunakan sebagai tempat berjualan.

Jika kita balik lagi ke zaman penjajahan dulu, para pedagang kaki lima masih tidak merajalela seperti sekarang. Karena dulu belum ada yang namanya kendaraan, jadi tak ada istilah macet. Para pedagang zaman dulu lebih memilih untuk berjalan puluhan kilometer untuk menjajakan jualannya. Dagangannya pun masih berupa buah-buahan serta makanan saja. Tak ada yang namanya jualan ikan cupang atau burung pipit. Makanan yang dijual pun masih berupa makanan khas Indonesia, seperti soto, sate, nasi rames dan lain-lain. Nah, di bawah ini YuKepo akan menujukkan beberapa potret para pedagang kaki lima di zaman penjajahan Belanda yang terlihat masih sangat tradisional.

Spoiler for Tukang sate zaman penjajahan Belanda:


Spoiler for Pedagang nasi rames :


Spoiler for Penjual Es limun:


Spoiler for Anak kecil yang sudah berjualan sayuran:


Spoiler for Pedagang buah-buahan:


Spoiler for Penjual jamu:


Spoiler for Penjual tebu:


Spoiler for Tukang buah-buahan:



Sumber dari Yukepo
Rate, comment, cendol appreciated emoticon-I Love Indonesia
4iinch
4iinch memberi reputasi
1
61.9K
244
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Lounge Pictures
Lounge PicturesKASKUS Official
69KThread10.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.