Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • Gatra.com
  • Raskin Jelek dan Apek, Bupati Purbalingga Surati Presiden Jokowi

gatra.comAvatar border
TS
gatra.com
Raskin Jelek dan Apek, Bupati Purbalingga Surati Presiden Jokowi
Raskin Jelek dan Apek, Bupati Purbalingga Surati Presiden Jokowi

GATRAnews, Purbalingga - Bupati Purbalingga H Tasdi SH MM menyurati Presiden Joko Widodo  menyusul masih ditemukannya Beras untuk Miskin (Raskin) atau kini disebut beras sejahtera (Rastra) yang bermutu jelek dan apek. Surat tersebut juga ditembuskan kepada Ketua DPR RI, Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Menteri Sosial, Direktur Utama Perum Bulog dan Gubernur Jawa Tengah.
 

“Intinya kami mengusulkan agar beras rastra yang selama ini dibagikan kepada rakyat sesuai ketentuan adalah beras medium diganti menjadi beras kualitas tertinggi yakni premium. Beras untuk rakyat miskin mestinya beras yang baik,” katanya, Jumat (5/5).
Tasdi mengatakan, beras medium yang dibagikan kepada masyarakat penerima di Purbalingga periode Mei tidak sesuai regulasi. Sebab rastra yang dibagikan dioplos dengan beras kualitas jelek. Dari laporan Tim Monitoring dan Evaluasi (Monev) hari ini, terdapat rastra yang kualitasnya tidak sesuai ketentuan.
Tasdi mengungkap, berdasarkan laporan yang diterimanya, ada beras yang bau apek dan warnanya kusam. Akibatnya, warga enggan memasaknya. Mereka lalu melapor kepada pihak desa dan kecamatan. Temuan tersebut hampir merata di seluruh kecamatan di Kabupaten Purbalingga.
“Saya berharap Bulog dan mitra Bulog bisa memberikan rastra yang layak konsumsi kepada masyarakat. Memang sesuai aturan, beras yang dibagikan adalah beras medium. Tapi jangan dioplos seperti ini,” ujarnya.
Tasdi menegaskan, sesuai Instruksi Presiden Nomor 5 tahun 2015 tentang Kebijakan Pengadaan Beras atau Gabah dan Penyaluran Beras oleh Pemerintah, kualitas beras program rastra adalah beras kualitas medium. Namun, ternyata kualitasnya tidak bagus. Penyimpanan yang cukup lama di gudang bulog juga semakin menurunkan kualitas beras tersebut ketika dibagikan kepada masyarakat.
“Karena surat terdahulu belum ada tanggapan, maka penggantian rastra kualitas medium menjadi premium kami usulkan kembali. Kalau sekarang jatahnya 15 kilogram tapi jelek, mending jatah 10 kilogram tapi bagus. Rakyat miskin jangan dikasih yang jelek-jelek,” tegasnya.
Kabupaten Purbalingga sudah memulai upaya membagikan beras kualitas bagus kepada masyarakat miskin. Pada setiap kegiatan Bupati seperti Subuh Berjamaah Keliling, Gebrak Gotong Royong, Sepak Bola Kapuk dan Germas, pemkab Purbalingga membagi beras kepada 500 warga miskin masing-masing menerima 5 kg Beras Purbalingga (Rasbangga).
“Setiap bulan bisa empat kali pembagian beras bagus kepada warga miskin. Itu beras asli Purbalingga yang kita namakan Rasbangga atau Beras Purbalingga, atau beras yang bikin gembira, karena yang menerima senang,” jelasnya.
 

Reporter: Ridlo Susanto
Editor: Rosyid

Sumber : http://www.gatra.com/nusantara/jawa/...residen-jokowi

---


- Raskin Jelek dan Apek, Bupati Purbalingga Surati Presiden Jokowi Bupati Purbalingga Curhat Beras Apek
0
521
2
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Gatra.com
Gatra.comKASKUS Official
36.1KThread425Anggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.