paanjoelAvatar border
TS
paanjoel
Hujan Salju di Sudirman, Jakarta? Ternyata Ini Gan yang Sebenarnya!


Hari Sabtu kemarin (06//05/17) terjadi hal yang terlihat unik di Jalan Sudirman, Jakarta. Kebetulan ane ada di sana Gan pas mau jalan ke Senayan. Sekilas tampilannya seperti hujan salju, dan banyak juga netizen yang terkecoh dan hal ini jadi perbincangan di media sosial akhir pekan kemarin.

Gumpalan putih mirip salju ini ternyata bukan es Gan, melainkan tumpahan busa yang jatuh ke jalan. Dilansir dari Detik, BMKG mengonfirmasi "Saya jelaskan terkait fenomena yang beredar. Itu (gumpalan putih dikira salju) hoax, bukan merupakan fenomena salju," ujar Kepala Bagian HUmas BMKG, Hary Tirto Djatmiko, saat dikonfirmasi, Sabtu (6/5/2017).

Hary juga menjelaskan hujan yang mengguyur Jakarta sore tadi bukanlah fenomena hujan es. Menurutnya, yang ada dalam video tersebut adalah tumpahan busa dari truk yang melintas di jalan tersebut.

"Yang kedua, kalau melihat videonya, bukan merupakan hujan es. Jadi yang terjadi tadi sore adalah tumpahan busa dari truk yang melewat di jalan Sudirman, penjelasannya seperti itu," tuturnya.

VIDEO amatir (akun Youtube manroe)




Ahok Mengatakan, Ini Kecerobohan Pihak MRT



Menanggapi fenomena ini, Ahok mengatakan permasalahan yang sebenarnya. Dilansir dari Detik, busa itu sebenarnya berasal dari proyek MRT, dan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) menyatakan hal tersebut adalah kecerobohan dari pihak MRT.

"Itu kasus MRT yang ceroboh," kata Ahok di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Senin (8/5/2017).

Ahok menjelaskan busa yang berceceran itu adalah pelembut tanah yang digunakan untuk pengeboran. Meskipun sempat bikin heboh, Ahok menyatakan busa itu tidak berbahaya.

"Jadi dia ada busa sabun untuk kayak semacam pelembut tanah. Untuk pengeboran. Padahal itu juga sabun yang baik," ujarnya.

Menurut Ahok, kejadian busa yang berceceran tersebut bermula ketika ada oknum yang menggunakan busa tersebut untuk mencuci. Setelah menggunakannya, oknum tersebut lupa menutup keran sumber busa itu.

"Jadi ada oknum yang pakai untuk nyuci sesuatu. Dan dia lupa tutup kerannya. Nggak ada bahayanya sih itu. Orang jadi kaget kan. Ini apa ya? Salju. Tapi bagus juga sih, videonya salju juga," ucapnya.


//Ane sendiri saat berada di sana sempat terkecoh, namun logika ane bilang nggak mungkin ah hujannya gak segitu dinginnya tadi sore sampe bisa bikin hujan salju.

Setelah ane perhatikan lebih seksama ternyata itu aslinya busa halus dan putih gitu, terlihat pas ada petugas yang membersihkan jalan dengan alat penyapu air, kelihatan ada buih busa di sekitarnya.

Makanya pake sabun biasa aja, jangan berlebihan.. Tumpeh-tumpeh kan tuh




SumurSumur
Diubah oleh paanjoel 08-05-2017 06:51
0
55.8K
239
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670.1KThread40.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.