mrifaiAvatar border
TS
mrifai
150 Bus Transjakarta Ramah Disabilitas Beroperasi Agustus
150 Bus Transjakarta Ramah Disabilitas Beroperasi Agustus



VIVA.co.id – Tak hanya menggelar pameran kendaraan komersial saja, Mercedes-Benz Distribution Indonesia (MBDINA) juga turut melakukan penyerahan simbolis bus Transjakarta di International Convention Exhibition (ICE), BSD Serpong, Tangerang Selatan.
Direktur Utama PT Transjakarta, Budi Kaliwono, mengatakan, bus ini low entri dan untuk angkutan non koridor (bukan berada di jalur Busway). Kata dia, jumlahnya untuk Mercedes-Benz 150 unit, dan akan digunakan Agustus 2017 di 12-15 rute di DKI Jakarta.
"Jadi bertahap, kalau untuk hari ini tujuh unit (yang sudah diserahkan). Ini bus kota yang mempetimbangkan kaum disabilitas, karena dengan lantai khusus dan airsuspensi yang bisa membuat bus jadi lebih rendah," ujarnya di ICE, BSD Serpong, Tangerang Selatan, Sabtu 6 Mei 2017.

Kenapa Transjakarta kembali menggandeng Mercedes-Benz?

Budi mengungkapkan, tetap digandengnya Mercedes-Benz karena persyaratan di Transjakarta itu melewati Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang atau Jasa Pemerintah (LKPP) dibentuk berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 106 Tahun 2007.
"Dalam LKPP baru dua merek yang tercantum yaitu Mercedes-Benz dan Scania, jadi mereka tahulah merek yang bagus itu siapa saja. Tapi kedepannya kami akan menggunakan semua merek yang mempunyai kualitas bagus," tuturnya.
Sementara, Ralf Kraemer, Managing Director Commercial Vehicle MBDINA, mengatakan, keseriusan pemerintah dalam menyediakan transportasi umum yang berkualitas menjadi alasan Mercedes-Benz untuk terus melakukan inovasi.
"Seperti menyediakan bus berkualitas, aman dan ramah bagi difabel. Kami pun berterima kasih atas kepercayaan dari Transjakarta, Mayasari Bakti, dan PO Lorena yang kembali memakai bus Mercedes-Benz," sambungnya.

sumber

Dirut Transjakarta: Kita Pilih Mercedes-Benz Karena Merk Eropa dan Bagus



TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Di pameran kendaraan komersial Mercedes-Benz bertajuk Mercedes-Benz Commercial Vehicle Expo 2017 yang digelar PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia di Indonesia Convention and Exhibition Expo (ICE) BSD City, Tangerang, Banten, Sabtu (6/5/2017), Mercedes-Benz melakukan prosesi serah terima secara simbolis unit bus kota Mercedes-Benz yang dirancang ramah kepada kaum difabel.

Bus bermesin OH 1726 Low Entry ini diserahkan manajemen Mercedes-Benz kepada Budi Kaliwono, Direktur Utama PT Transjakarta.
Bus ini ramah difabel karena lantai kabinnya dirancang rendah. Selain itu, dengan suspensi bus yang menggunakan suspensi udara, ketinggian lantai bus terhadap permukaan aspal bisa distel turun dan kembali ke posisi normal dari panel kemudi.

Saat ada penumpang difabel naik, pengemudi bisa menurunkan ketinggian bus terhadap aspal. Setiap unit bus ini dilengkapi dengan peranti lantai penghubung dari material aluminium yang bisa dikontrol secara elektronis untuk penumpang berkursi roda yang akan naik atau turun dari bus.



Mercedes-Benz Indonesia menyerahkan secara simbolis unit bus kota Transjakarta yang dirancang ramah difabel di acara Mercedes-Benz Commercial Vehicle Expo 2017 yang diselenggarakan oleh PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia (MBDINA) d ICE BSD City, Tangerang, Sabtu (6/5/2017). Di salah satu bagian kabin bus juga disiapkan area untuk penumpang difabel ini. Bus ini dirakit oleh Karoseri Laksana.

Budi Kaliwono menuturkan, Mercedes-Benz dipilih untuk mendukung penyediaan bus kota yang ramah difabel ini karena dikenal sebagai merk bus yang bagus dari Eropa. Unit bus kota Transjakarta bermesin Mercedes-Benz ini dirancang ramah difabel.

“Kita sedang menyiapkan lebih banyak armada yang ramah untuk difabel. Bus Mercedes-Benz ini punya desain lantai khusus dan teknologi air suspension yang bisa membuat bus jadi lebih rendah, agar memungkinkan kaum disabilitas bisa naik Transjakarta yang beroperasi di jalur non koridor,” ungkapnya.

sumber

semoga bisa memenuhi kebutuhan semua kalangan, kaum difabel bisa lebih mudah bepergian dengan aman dan nyaman emoticon-Peluk

Diubah oleh mrifai 08-05-2017 10:12
0
17.1K
148
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670KThread40.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.