garempentriAvatar border
TS
garempentri
Begini Cara 5 Negara Ini Mengolah Telur Jadi Makanan
Di antara banyak jenis bahan makanan yang ada di muka bumi ini kayaknya telur emang pantas disebut sebagai bahan makanan serba guna. Ya gimana gak Gan, banyak banget jenis makanan yang bisa dibuat dari telur ini. Mulai dari telur ceplok, telor rebus, telor dadar, telor orak arik, omelete sampai digunakan sebagai bahan menu makanan lain seperti martabak telor, fuyunghai sampe indom*e telur rebus yang selalu juara kalau dimakan pas lagi ujan emoticon-Ngakak (S)

Kalau kita sering mengolah telur menjadi menu makanan seperti yang ane sebut tadi, maka di beberapa negara lain telur dimasak dan diolah dengan berbagai cara yang berbeda nih Gan. Seperti beberapa menu telur di negara-negara ini.

Sri Lanka: egg hopper



Egg hopper ini adalah salah satu jajanan yang populer di Sri Lanka loh Gan. Telur dimasak dan disajikan dalam mangkuk panekuk yang terbuat dari beras dan santan. Biasanya egg hopper ini dimakan dengan sambal, cabe dan perasan jeruk.

Inggris : Scotch Egg



Menu makanan ini terdiri dari telur rebus yang dibungkus dengan sosis lalu ditutup dengan tepung roti dan kemudian digoreng atau dipanggang. Scotch Egg ini sangat populer di Inggris loh Gan.

China: century egg



Menu makanan ini disebut century egg karena proses pembuatannya yang cukup memakan waktu gan. Jadi untuk membuat menu makanan ini, telur harus direndam ke dalam rendaman air garam yang dicampur abu, kapur dan sekam padi. Setelah melewati waktu perendaman selama 3-5 minggu, tekstur dari century egg akan berubah. Teksturnya akan berbeda dengan telur kebanyakan, kuning telur terasa lebih creamy, dan daging telur yang berwarna putih akan berubah jadi gelap dan kenyal seperti agar-agar.

Tunisia: brik



Kalau di Tunisia, ada nih satu menu dengan telur yang gak kalah lezat. Namanya brik Gan. Brik ini sendiri merupakan pastry yang diisi dengan telur, tuna, bawang, peterseli, dan keju lalu digoreng hingga bewarna coklat keemasan. Biasanya sih menu makanan ini disantap dengan sup chorba yang merupakan sup tradisional asal Tunisia.

Turki: menemen



Menemen ini adalah versi beda dari telur orak arik agan. Jadi menemen ini pada dasarnya adalah telur orak arik yang dimasak dengan paprika hijau, thyme, tomat dan bubuk cabe. Cocok nih buat yang demen makan yang terasa pedas dan berempah.


tien212700
tien212700 memberi reputasi
1
36.6K
193
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Cooking & Resto Guide
Cooking & Resto GuideKASKUS Official
8.8KThread12.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.