Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

congormautAvatar border
TS
congormaut
Kuis Jokowi Soal 7 Suku di Indonesia, Ketua RT: Suku Solo, Pak...


TEMPO.CO, Tanah Bumbu - Presiden Joko Widodo kembali menggelar kuis berhadiah sepeda saat berkunjung ke daerah. Dalam sebuah acara di Pantai Pagatan, Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, Jokowi memanggil ketua RT (Rukun Tangga) dan seorang pegawai negeri sipil setempat. Kuis Jokowi mengundang tawa para tamu bertajuk perta laut itu.

"Saya enggak bawa sepedanya sekarang, tapi nanti saya kirim dari Jakarta. Dua hari sampai," ujar Presiden Joko Widodo di sela-sela pidato Pesta Laut Mappanretasi di Pantai Pagatan, Tanah Bumbu, Ahad, 7 Mei 2017.

Untuk kuis kali ini, Presiden Jokowi mengajukan dua tantangan berbeda. Pertama Jokowi minta disebutkan 7 dari 714 nama suku yang ada di Indonesia. Kedua Jokowi minta disebutkan 7 pulau dari 17 ribu pulau di Indonesia.

Dua orang lantas maju untuk menjawab kuis Jokowi. Orang pertama adalah Ketua RT 03 Pagatan, Muhamad. Orang kedua Nur Khasanah, pegawai negeri sipil pada Dinas Pemuda dan Olahraga Tanah Bumbu.

Sebelum menjawab, Jokowi terlebih dulu menggoda keduanya. Kepada Muhammad , misalnya, Presiden Jokowi menanyakan soal layanan apa saja yang diberikan seorang ketua RT. Jokowi juga minta dijelaskan kenapa sering ada keluahan dari warga bahwa ketua RT sulit ditemui.

"Masyarakat bilang RT sulit ditemui. Nah, apa jawaban bapak? Waktu tidur, diketok bangun enggak?" tanya Jokowi.

Muhammad tampak terkejut. Pertanyaan Presiden Jokowi tidak langsung dijawab. Muhammad memilih diam, namun tamu undangan malah tertawa. Tak berapa lama dengan suara agak terbata-bata, Muhmmad menjawab siap melayani warga.

Rupanya Presiden Jokowi tidak percaya. "Masa bisa diketok pas tidur, lalu bangun? Bener? Bener enggak?" tanya Jokowi seperti menakut-nakuti Muhammad. Kali ini Muhammad menjawab tegas bahwa ia siap melayani sarga siang, sore, dan malam.

"Bagus. Ketua RT kayak gitu patut dijadikan contoh. Nah, sekarang coba sebut nama tujuh suku di Indonesia."

Muhammad kebingungan setelah menyebut suku Bugis, Jawa, dan Batak. Baru tiga nama suku, Muhammad tercekat suaranya. Masih ada 4 nama suku yang harus Muhammad sebutkan. Saking bingungnya, Muhammad menyebut, "Suku Solo, Pak..."

Solo merupakan sebuah kota di Jawa Tengah, yang dulu Jokowi pernah menjadi wali kota di sana. Tentu saja jawaban Muhammad salah. "Wah, ini mentang-mentang dekat saya lalu kemudian jawabnya suku Solo. Enggak ada itu suku Solo," ujar Presiden Jokowi sambil tertawa.

Muhammad langsung meralat jawabannya. Sayangnya Muhammad kembali membuat jawaban yang salah. "Suku Papua, pak...," jawab Muhammad.

"Suku Papua itu juga enggak ada. Ya sudah, coba sebutkan satu suku dari Kalimantan yang dari tadi belum disebut," ujar Jokowi. Muhammad dengan lincahnya menyebut suku Dayak.

Giliran Nur Khasanah yang harus menjawab kuis Presiden Jokowi. "Ada 17 ribu pulau, saya enggak semuanya hapal," ujar Jokowi sambil tertawa. Nur lantas menyebut Pulau Sebuku, Samosir, Halmahera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Sumatera, Bali, Lombok, Nias, Sewangi, Burung, Papua.

Dari 7 pulau yang diminta Presiden Jokowi, Nur menjawab dengan menyebut 13 pulau dan benar semua. Nur pun berhak atas kuis berhadiah sepeda. "Tenang, nanti sepeda saya kirim. Langsung dari Jakarta," ujar Jokowi yang disambut tepuk tangan undangan.

LOBANG

Inget yg tempo hari... emoticon-Ngakak
ikan apa sodara sodara??..... emoticon-Traveller
0
3.3K
35
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.2KThread41.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.